Desain logo berperan penting dalam membangun identitas merek yang kuat, sehingga penting untuk memilih jenis logo yang tepat. Dalam desain logo terdapat beberapa jenis logo seperti logomark, logotype, emblem hingga abstrak dan kombinasi. Jenis desain logo memiliki ciri dan tingkat efektivitas yang berbeda disesuaikan dengan jenis usaha, penting untuk memahami tips memilih jenis logo.
Beberapa jenis logo cocok untuk jenis usaha tertentu, karena dapat mencerminkan merek dengan baik. Penting bagi para pemilik usaha untuk memilih jenis logo yang tepat untuk usaha mereka. Hal ini karena desain logo memiliki peran penting dalam membangun identitas merek.
Dalam memilih jenis logo yang tepat penting memerhatikan beberapa hal penting seperti jenis usaha, konteks penggunaan, karakter merek dan nilai yang ingin disampaikan. Jenis logo yang tepat akan membantu merek untuk mudah dikenali dan diingat oleh audiens. Simak beberapa tips dalam memilih jenis logo yang tepat untuk membangun identitas merek.
TIPS MEMILIH JENIS LOGO YANG TEPAT
Jenis logo dalam desain bukan hanya soal tampilan desainnya tetapi juga dapat memengaruhi bagaimana audiens melihat merek. Penting untuk memilih jenis logo yang bisa merepresentasikan merek dengan baik. Berikut beberapa tips memilih jenis logo yang tepat untuk merek:
Kepribadian Merek
Setiap merek biasanya memiliki kepribadian yang mana kepribadian tersebut dapat dimanfaatkan untuk membangun citra pada audiens. Desain logo harus bisa merepresentasikan kepribadian merek, bukan hanya bentuk ikon namun jni logo dapat memengaruhi bagaimana persepsi audiens terhadap kepribadian merek. Penting untuk memilih jenis logo yang efektif merepresentasikan merek dengan baik.
Tentukan kepribadian merek seperti apa yang ingin ditampilkan di hadapan audiens melalui desain logo. Apakah merek ingin menampilkan kesan ramah, ceria, inovatif atau elegan. Sesuaikan kepribadian merek dengan jenis logo yang bisa merepresentasikan hal ini dengan baik.
Misalnya merek ingin menampilkan kesan yang kaku atau profesional dapat menggunakan jenis logomark atau logotype yang inisial. Desain logonya harus dibuat tegas dan menggunakan tipografi yang bersih dan sederhana. Gunakan juga jenis logo seperti emblem untuk memberikan kesan klasik dan profesional. Sementara merek dengan kepribadian ramah bisa menggunakan logomark dengan ikon yang menarik dan tipografi yang tebal dan ramah.
Baca juga: Tips Memilih Ikon atau Simbol Logo yang Mencerminkan Merek
Kesesuaian dengan Industri
Desain logo juga perlu untuk memiliki kesesuaian dengan industri, agar memudahkan audiens mengenali jenis usaha dari merek. Beberapa jenis logo bisa mencerminkan jenis industri tertentu. Hal ini karena biasanya industri tersebut sering menggunakan jenis logo tertentu sebagai identitas merek.
Pilih jenis logo yang bisa mencerminkan industri merek dengan baik, sehingga audiens mudah mengidentifikasi merek. Misalnya desain logo untuk industri kecantikan yang kebanyakan menggunakkan jenis logotype, baik yang inisial atau nama mereknya langsung. Ini sering dilakukan untuk memberikan kemudahan audiens mengetahui nama merek dari produk kecantikan.
Contoh lain misalnya logo untuk industri teknologi seringkali menggunakan jenis logomark yang sederhana. Ada juga logo bentuk karakter atau ilustrasi sering digunakan untuk logo restoran atau merek makanan. Sementara jenis logo emblem sering digunakan untuk desain logo pemerintahan, lembaga, organisasi dan sekolah.
Target Pasar
Dalam memilih jenis desain logo yang tepat untuk membangun identitas merek, penting untuk mengetahui siapa target pasar dari merek. Hal ini karena setiap kelompok pasar akan memiliki ketertarikan pada jenis logo yang berbeda. Pastikan apakah merek memiliki target pasar anak muda, remaja, profesional atau orang dewasa.
Pilih jenis logo yang sekiranya bisa menyasar target pasar dengan baik, agar bisa menciptakan logo yang efektif. Kelompok pasar tertentu mungkin akan lebih tertarik pada jenis logo klasik seperti emblem. Sementara kelompok lainnya lebih menyukai merek dengan logo yang sederhana. Hal ini penting karena agar merek bisa mudah untuk dikenali dan dipahami oleh audiens target.
Baca juga: Target Pasar: Tujuan, Manfaat dan Cara Menentukan Target Pasar
Keterbacaan dan Pengenalan Logo
Memilih jenis logo untuk merek juga perlu mempertimbangkan tingkat keterbacaan logo, jika logo sulit dibaca ini akan membuat logo tidak efektif untuk diingat. Pilih jenis logo yang memungkinkan untuk mudah dikenali oleh pengguna. Hal ini termasuk juga agar desain logo mudah diingat oleh audiens, sehingga efektif dalam membangun identitas yang kuat.
Pilih jenis logo yang bisa memberikan kejelasan bentuk logo dan tulisan nama merek agar desain logo mudah dikenali dan diingat. Pastikan jenis logo yang dipilih akan efektif bila digunakan untuk kebutuhan berbagai ukuran, termasuk ukuran kecil yang dilihat dari jarak jauh. Jenis logo seperti logotype, logomark dan kombinasi bisa menjadi pilihan untuk menciptakan logo yang jelas dan tidak membingungkan audiens. Hindari penggunaan logo emblem dan logo karakter yang kompleks dan rumit, jika ingin memberikan kejelasan logo.
Fleksibilitas dan Skalabilitas
Untuk memilih jenis logo yang tepat, penting untuk memilih jenis logo yang bisa memberikan kemudahan penggunaan logo. Jenis logo yang dipilih harus bisa fleksibel untuk berbagai penggunaan, termasuk pula pada berbagai ukuran. Desain logo harus tetap terlihat jelas da media cetak dan digital, termasuk juga pada foto akun media sosial yang kecil.
Jenis logo yang dipilih harus memudahkan penggunaan logo pada berbagai media tetap menunjukkan bentuk yang jelas. Gunakan jenis logo yang sekiranya bisa mempertahankan kualitas dan identitas pada berbagai penggunaannya. Jenis desain logomark dan logotype bisa cukup fleksibel dan bisa mempertahankan desain logo pada berbagai ukuran.
Unik dan Memorable
Pilih jenis logo yang bisa membuat desain terlihat unik dan mudah diingat oleh audiens. Desain logo yang unik akan membantu logo terlihat berbeda dan mencolok diantara para pesaing. Ketik logo dibuat unik dan mencolok ini akan meningkatkan kesadaran merek dan membantu membangun identitas yang kuat.
Gunakan jenis logo karakter, kombinasi dan abstrak untuk menciptakan desain logo yang unik dan mudah ingat. Logo kombinasi yang mengkombinasikan gambar atau ikon dengan teks ini akan menghasilkan desain logo yang unik.
Baca juga: Inspirasi Gaya Desain Logo yang Unik
Konsistensi dengan Branding Lainnya
Meskipun ingin menggunakan jenis logo tertentu pastikan desainnya tetap memanfaatkan elemen branding atau identitas merek. Gunakan elemen identitas merek untuk menciptakan tampilan desain logo yang konsisten. Elemen identitas visual biasanya berupa warna, tipografi dan gaya visual. Pastikan jenis logo yang dipilih bisa digunakan untuk merepresentasikan elemen visual merek, sehingga logo terlihat profesional dan konsisten.
KESIMPULAN
Desain logo harruslah dirancang degan meempertimbangkan dengan baik mulai dari pesan, kepribadian, target pasar hingga jenis logonya. Dengan mempertimbangkan beberapa tips memilih jenis logo tersebut dapat berguna untuk membangun identitas merek yang kuat. Penting untuk memilih jenis logo yang paling sesuai dengan merek dan bisa merepresentasikan merek dengan baik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.