Target Pasar: Tujuan, Manfaat dan Cara Menentukan Target Pasar

Target pasar adalah kelompok konsumen yang menjadi produk atau layanan bisnis. Mereka merupakan sasaran untuk pembelian produk dari bisnis. Untuk menentukan target pasar ada beberapa cara atau aspek yang perlu diperhatikan agar produk atau layanan tepat sasaran.

Kelompok konsumen biasanya memiliki kriteria tertentu dari segi usia, sifat, karakter hingga minat. Konsumen ditentukan dengan menyesuaikan produk atau layanan. Misalkan jika produk hijab akan menargetkan muslimah dan perempuan.

Biasanya untuk menentukan target pasar juga akan memperhatikan segmentasi pasar. Dengan melihat segmentasi pasar akan lebih mudah nantinya untuk menentukan target pasar.

Read More

PERBEDAAN TARGET PASAR DAN SEGMENTASI PASAR

Segmentasi pasar merupakan kelompok-kelompok konsumen dalam pasar yang terbagi menjadi beberapa kelompok yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda. Sehingga membutuhkan produk atau pemasaran yang berbeda. Kelompok-kelompok konsumen ini yang akan dipilih menjadi target pasar.

Sementara target pasar adalah kelompok konsumen yang memiliki karakteristik yang sama di dalam segmentasi pasar. Kelompok ini kemungkinan memiliki akan kebutuhan dan preferensi produk atau layanan yang sama.

TUJUAN IDENTIFIKASI PASAR

Mengidentifikasi target pasar akan memudahkan bisnis dalam pengambilan keputusan. Termasuk saat bisnis harus merancang rencana bisnis, pengemasan produk, hingga memasarkan produk.

Pengambilan Keputusan

Jika bisnis tahu siapa target pasarnya ini akan mudah dalam menentukan rencana bisnis yang tepat. Ini karena beda karakteristik konsumen akan butuh cara berbeda untuk mencapai mereka.

Adanya target pasar yang jelas, semua keputusan dan rencana bisnis dapat dirancang sesuai kebutuhan konsumen agar efektif menjangkau mereka.

Menciptakan Produk Sesuai Kebutuhan

Bisnis dapat membuat produk atau layanan yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan konsumen. Jika produk sesuai dengan kebutuhan mereka, tentunya ini akan menarik konsumen membeli produk atau menggunakan layanannya.

Membuat Pemasaran Sesuai Target Pasar

Identifikasi target pasar juga akan membantu bisnis merencanakan rencana pemasaran yang tepat. Rentan usia, hobi dan minat biasanya butuh cara berbeda untuk menjangkau mereka. Dengan menentukan target pasar yang jelas tentunya akan memudahkan bisnis memikirkan strategi marketing yang sesuai target pasar.

MANFAAT MENENTUKAN TARGET PASAR

Menentukan Kelompok Konsumen

Dengan mengetahui kelompok konsumen yang tertarik pada produk dan bisnis juga bermanfaat dalam merencanakan strategi terbaik untuk menarik perhatian konsumen tersebut. Misalkan cara mencapai anak muda era modern melalui sosial media yang kerap mereka gunakan.

Melihat Seberapa Besar Pasar Yang Ada

Mengidentifikasi target pasar akan memberikan gambaran tentang seberapa besar pasar yang ditargetkan. Ini termasuk gambaran pasar mana saja yang bisa dijadikan sasaran bisnis.

CARA MENENTUKAN TARGET PASAR

Mengidentifikasi Produk Atau Layanan

Langkah pertama untuk menentukan target pasar adalah mengidentifikasi produk atau layanan. Pahami produk atau layanan dengan baik seperti apa saja kelebihan produk atau apa manfaat yang ditawarkan produk kepada publik.

Dari sini kamu bisa melihat segmen pasar yang mana yang kemungkinan membutuhkan produk atau layanan tersebut. Memahami produk terkadang bukan hal yang mudah bahkan bagi pemilik bisnis sekalipun.

Memahami dengan baik kelebihan dan kekurangan produk akan membantu dalam proses pemasaran agar dapat mencapai target pasar. Produk atau layanan tertentu biasanya akan cocok untuk kelompok tertentu.

Tentukan Karakteristik Konsumen

Target pasar dapat ditentukan dengan mengelompokkan karakteristik konsumen dan menentukan karakteristik konsumen yang menjadi target pasar. Ini akan memudahkan memilih target pasar yang sesuai dengan nilai produk. Terkadang produk menargetkan konsumen dengan karakteristik tertentu.

Karakteristik setiap kelompok konsumen akan berbeda-beda, ini penting untuk menentukan kelompok mana yang akan dituju bisnis. Beda karakteristik konsumen akan beda kebutuhan dan beda cara pemasarannya.

Analisis Pesaing

Cara lain untuk menentukan kelompok pasar adalah dengan melakukan analisis pesaing. Analisis ini dapat berupa analisis produk atau pelayanan, analisis pasar pesaing hingga strategi pemasaran pesaing. Ini berguna untuk melihat seberapa berhasil mereka mencapai sasaran konsumen.

Pelaku bisnis bisa membuat langkah berbeda dan lebih baik dari pesaing dalam mencapai konsumen. Analisis tersebut juga bermanfaat melihat celah segmen pasar yang belum pesaing manfaatkan.

Gunakan Data Dan Informasi

Menentukan target pasar juga dapat melalui data dan informasi. Lakukan survei pasar dengan menganalisis data masyarakat terkait preferensi dan kebutuhan pada produk atau layanan tertentu.

Kamu bisa melakukan survei data masyarakat atau bisa membuka kuesioner yang bisa diisi pelanggan. Ada banyak cara untuk mengumpulkan data dan informasi yang bisa dijadikan landasan menentukan konsumen.

Sosial media juga dapat dijadikan tempat untuk memantau konsumen dan memperoleh data terkait minat mereka. Dari data yang dikumpulkan kamu bisa menganalisis minat dan kebutuhan konsumen. Dari sini kamu bisa menentukan produk atau layanan akan cocok dengan tipe konsumen yang mana.

Riset Dan Survei Lapangan

Tentu saja sebelum menentukan target konsumen bisnis, melakukan riset bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif. Lakukan riset tentang produk atau layanan dari bisnis milikmu. Cari tahu minat masyarakat atau kebutuhan mereka terhadap produk tersebut seperti apa.

Jika perlu lakukan survei lapangan dan datang langsung pada masyarakat, ini untuk mengetahui keluhan mereka atau kebutuhan mereka akan suatu produk dan layanan. Mengumpulkan data dari lapangan langsung, data dapat lebih dipercaya karena terkadang banyak orang tidak jujur dalam berpendapat di sosial media.

KESIMPULAN

Target pasar atau kelompok konsumen akan mudah ditentukan dengan memahami apa yang dibutuhkan dan diminati oleh khalayak umum. Dengan mengidentifikasi produk serta layanan dengan baik, akan membantu juga menentukan target pasar yang sesuai dengan produk tersebut. Menentukan target pasar juga membantu dalam pengambilan keputusan untuk rencana bisnis.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts