Tips Desain untuk Membuat Konten Instagram yang Menarik

Media sosial instagram telah menjadi platform yang digemari untuk berbagi konten visual yang bisa membangun branding merek. Konten-konten dalam instagram berperan penting menarik perhatian audiens termasuk mempromosikan merek dan produk. Penting untuk memerhatikan beberapa tips penting untuk menciptakan desain konten instagram yang menarik. 

Tips Desain untuk Membuat Konten Instagram yang Menarik

Untuk merancang konten instagram yang bisa menarik perhatian dalam sekali lihat. Pastikan  desain kontennya efektif untuk menyampaikan pesan. Simak artikel untuk mengetahui beberapa tips penting dalam membuat desain konten instagram yang efektif. 

TIPS MEMBUAT DESAIN KONTEN INSTAGRAM

Dalam menciptakan desain konten instagram yang menarik perhatikan beberapa prinsip-prinsip desain yang digunakan untuk menciptakan visual yang menarik. Berikut beberapa tips membuat desain konten instagram yang menarik:

Read More

Tentukan Tujuan Konten

Sebelum merancang desain untuk konten instagram tentukan terlebih dahulu apa tujuan dari konten. Apakah untuk mempromosikan produk, layanan, atau membangun branding merek. Biasanya dalam satu akun merek akan memiliki jenis konten yang beragam, guna membangun branding merek. 

Konten instagram yang menarik bisa meningkatkan engagement akun. Ini akan berguna membangun identitas merek yang kuat ketika akun bisa menjangkau banyak audiens. Tujuan dari konten akan membantu menentukan elemen-elemen yang dibutuhkan dalam merancang desain yang efektif. 

Pilih Layout untuk Feeds Instagram

Tips Desain untuk Membuat Konten Instagram yang Menarik

Dalam instagram terdapat beberapa layout yang bisa digunakan merancang feeds instagram yang menarik. Layout bisa dimanfaatkan untuk membuat tampilan akun lebih menarik dan konsisten. Ada banyak jenis layout yang bisa digunakan sesuai dengan preferensi merek. 

Gunakan layout secara konsisten agar memberikan tampilan konten instagram yang menarik perhatian audiens. Layout akan memudahkan untuk menyusun elemen desain dan jenis konten. 

Baca juga: Jenis-Jenis Desain Layout pada Instagram

Gunakan Warna yang Konsisten 

Tips Desain untuk Membuat Konten Instagram yang Menarik

Untuk desain instagram yang bisa membangun merek, gunakan warna yang relevan dengan Identitas Merek. Hal ini untuk memastikan desainnya memiliki konsistensi visual. Gunakan warna Identitas merek sebagai warna utama konten instagram, sehingga tampilan feeds terlihat lebih rapi. 

Konten instagram yang menggunakan warna identitas merek akan mudah dikenali oleh audiens. Warna yang konsisten juga bisa menciptakan branding yang kuat dan kesan profesional. Jika menambahkan warna  lain, pastikan warna identitas merek tetap menjadi warna yang utama. 

Tambahkan Gambar yang Relevan dengan Pesan

Tips Desain untuk Membuat Konten Instagram yang Menarik

Gunakan gambar yang menarik dan berkualitas tinggi untuk konten instagram sesuai dengan pesan atau tujuan konten. Untuk konten yang menjelaskan suatu informasi gunakan ilustrasi yang bisa memvisualisasikan informasi dengan menarik. Pastikan gambar berkualitas tinggi agar desain terlihat jelas dan mudah dipahami. 

Pastikan gambar yang digunakan sesuai dengan pesan sehingga bisa mendukung informasi dalam desain. Selain itu untuk penggunaan foto, seperti foto produk, pastikan juga memiliki kualitas tinggi. Kualitas gambar atau foto yang digunakan dalam konten dapat memengaruhi hasil akhir desain, sehingga perlu memastikan kualitasnya tinggi. 

Baca juga: Tips Memadukan Teks dan Gambar dalam Desain yang Efektif

Beranilah Bereksperimen dengan Format Konten yang Beragam

Untuk membuat desain terlihat lebih menarik cobalah untuk melakukan eksperimen dengan format konten yang beragam. Supaya menarik perhatian audiens jangan hanya berfokus menciptakan desain statis saja. Gunakan juga gambar tinggal, carousel, video pendek dan story. 

Gunakan beragam format tersebut untuk menarik perhatian audiens. Ini juga bisa membantu audiens tidak merasa bosan dengan konten merek, jika memiliki beragam jenis konten. Misalnya seperti konten yang interaktif seperti animasi dan video pendek bisa meningkatkan daya tarik dan keterlibatan audiens. 

Gunakan Efek Visual dan Filter dengan Bijak

Dalam merancang desain konten instagram yang menarik tambahkan pula efek-efek visual pada elemen desain. Penambahan efek visual seperti efek bayangan dapat membuat elemen menonjol dan konten mencolok dari yang lain. Gunakan efek visual dengan bijak, jangan berlebihan agar tampilan visual desain tidak terlalu ramai.

Tambahkan efek visual yang bisa mendukung pesan semakin menarik seperti efek bayangan, efek 3D, gradien, filter gambar dan lain-lain. Gunakan secukupnya pada elemen penting untuk menyoroti elemen utama sehingga menarik perhatian mata audiens. Pastikan pula efek visual yang digunakan sesuai dengan tema desain atau estetika desain. Sehingga efek visual desain tidak mengaburkan pesan konten. 

Baca juga: 10 Ciri Desain yang Bagus dan Efektif Sesuai Kebutuhan

Gunakan Tipografi yang Menonjol

Tips Desain untuk Membuat Konten Instagram yang Menarik

Desain untuk konten instagram haruslah bisa menarik perhatian. Salah satunya penting untuk menggunakan jenis tipografi yang menonjol. Gunakan tipografi yang menonjol pada judul dan berukuran besar. 

Tempatkan judul pada bagian atas, agar bisa menjadi fokus audiens pertama. Gunakan ukuran huruf yang besar agar mudah dibaca. Selain itu pastikan tipografi yang menonjol tetap mudah untuk dibaca. Hal ini untuk membantu teks tetap terbaca dengan jelas pada berbagai ukuran layar. Variasikan warna, ukuran, dan gaya teks untuk menarik perhatian audiens dari pertama kali melihat. 

Sertakan Call-to-Action yang Jelas

Dalam konten instagram yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk, layanan atau acara, penting untuk menggunakan call to action. CTA atau tombol tindakan akan berguna untuk mendorong interaksi pengguna. CTA yang menarik dan jelas biasanya menggunakan kata-kata persuasif dan mudah dipahami. 

Dalam konten instagram CTA berisi kata-kata seperti ‘beli disini’ atau ‘daftar disini’. Penting untuk menggunakan kata-kata yang menarik agar audiens tergerak melakukan pembelian. CTA dalam instagram biasanya dapat menggunakan link tautan yang bisa diklik langsung. 

Pertimbangkan Komposisi yang Menarik

Konten instagram yang bisa menarik perhatian audiens biasanya jika memiliki tata letak atau komposisi visual yang seimbang. Atur tata letak elemen dengan menarik dan pastikan menciptakan keseimbangan visual. Dalam menciptakan tampilan desain yang seimbang pastikan untuk menggunakan warna, ukuran dan tipografi yang konsisten. 

Komposisi visual elemen yang menarik, akan membuat konten instagram efektif menyampaikan pesan. Keseimbangan visual dan komposisi desain akan memastikan konten instagram lebih menarik. Ada beberapa aturan dalam desain untuk mengatur komposisi yang seimbang dan estetis seperti rules of thirds, golden ratio, dan lainnya. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi audiens. 

Baca juga: Eksplorasi Jenis-jenis Komposisi dalam Desain Grafis

KESIMPULAN

Dalam menciptakan desain konten instagram yang menarik perhatian audiens sejak pertama dilihat. Untuk membuat desain konten instagram dengan menarik perhatikan beberapa tips tersebut, agar audiens bisa tertarik dari pertama melihat desain. Penting untuk memastikan penggunaan warna, tipografi, tata letak gambar hingga layout yang menarik. Desain konten instagram hanya memiliki waktu hitungan detik untuk menarik perhatian sehingga pastikan desainnya memiliki visual yang kuat. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts