10 Ciri Desain yang Bagus dan Efektif Sesuai Kebutuhan

Merancang desain perlu memerhatikan beberapa ciri penting agar menghasilkan desain yang bagus dan efektif. Desain tidak hanya harus bagus namun juga disesuaikan dengan konteks penggunaanya sehingga efektif menyampaikan pesan. Penting untuk memerhatikan pemilihan elemen yang disesuaikan dengan tema atau konsep.

Penting untuk memastikan desain terlihat bagus dengan memerhatikan beberapa aspek penting termasuk prinsip dasar dalam desain. Artikel ini akan membahas beberapa ciri desain yang bagus. Hal ini bisa dijadikan sebagai landasan ketika merancang desain.

Dalam menciptakan desain untuk kebutuhan tertentu terkadang ada beberapa standar yang perlu dipahami oleh desainer. Meski bagus atau tidaknya desain bergantung dengan preferensi masing-masing audiens. Berikut 10 ciri desain yang bagus:

Read More

Desain yang Inovatif

Salah satu ciri desain yang bagus adalh jika bisa melakukan inovasi yang baru dan unik dari yang sudah ada. Untuk menciptakan inovasi baru dalam desain ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti tren, kebutuhan dan preferensi audiens. Memantau tren desain akan membantu melihat elemen atau gaya desain yang sedang populer.

10 Ciri Desain yang Bagus dan Efektif Sesuai Kebutuhan

Manfaatkan hal ini untuk menginovasikan tren yang ada kedalam gaya desain yang berbeda dan lebih unik. Sesuaikan pula desain dengan konteks penggunaannya ciptakan bentuk baru yang mengambil inspirasi dari tren. Desain yang inovatif tidaklah boleh terlalu mirip dengan yang sudah ada.

Desain Produk yang Fungsional

Untuk desain produk penting untuk memastikan desainnya mudah untuk digunakan juga, selain tampilan visualnya harus menarik. Perhatikan bagaimana audiens menggunakan produk sebelum mendesain produknya. Selain itu penting juga memastikan semua elemen penting dalam desain produk bisa terlihat dengan baik.

10 Ciri Desain yang Bagus dan Efektif Sesuai Kebutuhan

Desain produk yang fungsional jika memiliki tampilan visual yang memikat, label yang berisi informasi penting dan memerhatikan cara produk disimpan dan digunakan. Merancang desain yang bagus untuk produk akan berbeda dengan desain lainnya, karena perlu memertimbangkan cara penggunaanya.

Baca juga: Ornamen dalam Desain: Memperindah Visual dan Makna

Memiliki Nilai Estetika

Ciri desain yang bagus juga berarti bahwa desain memiliki nilai estetika pada tampilan visualnya. Memiliki nilai estetika berarti desainnya memiliki komposisi berbagai elemen dengan menarik. Desain yang memerhatikan keindahan visual akan bisa menarik perhatian audiens. Estetika pada sebuah desain seperti desain grafis akan menjadi nilai lebih untuk menyampaikan pesan desain dengan efektif.

10 Ciri Desain yang Bagus dan Efektif Sesuai Kebutuhan

Keindahan dari suatu desain bisa dicapai dengan memerhatikan pemilihan warna, bentuk elemen, jenis tipografi, layout, hingga efek-efek menarik lainnya. Pengaturan tata letak elemen dapat memengaruhi nilai estetika dari desain. Penting untuk memahami prinsip-prinsip dasar dalam desain ketika mengatur tata letak elemen.

Mudah Dipahami

Desain yang bagus jika mudah dipahami oleh audiens, penting memastikan penggunaan elemen-elemen desain bisa memudahkan pemahaman pesan desain. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar desain lebih mudah dipahami seperti, tujuan, pesan dan pemilihan elemen.

Konteks penggunaan desain juga perlu dipertimbangkan dalam menyusun desain yang mudah dipahami pesannya. Desain harus dirancang dengan bahasa yang sederhana namun memikat. Selain itu tambahkan pula elemen-elemen yang bisa mendukung pesan desain yang menarik perhatian.

Ketika tujuan terpampang jelas dalam desain maka audiens akan mudah untuk memahami pesannya. Misalnya desain promosi harus berisi produk dan kelebihannya, desain poster acara harus menerangkan dengan jelas tempat, waktu dan lain-lain.

Desain yang Jujur

Dalam desain penting pula memerhatikan kejujuran desain, agar pesannya tidak terkesan berbohong. Pesan desain yang jujur akan meningkatkan kepercayaan audiens pada merek atau perusahaan. Jika desain berupa informasi penting untuk konten media sosial, sertakan sumber yang valid dan terpercaya.

Ketika informasi dalam desain tidak jujur dan berkesan mengada-ngada, Hal ini bisa menciptakan citra buruk kepada audiens. Pastikan informasi dalam desain jujur dan apa adanya, jangan terlalu dilebih-lebihkan.

Tidak Mengganggu Mata

Dalam merancang desain yang bagus dan efektif, perhatikan pula susunan warna dan elemen lainnya sehingga menciptakan harmoni. Pastikan warna yang dipilih tidak mengganggu penglihatan audiens ketika melihat audiens. Pemilihan warna yang salah dapat menciptakan desain yang membuat mata cepat lelah ketika melihatnya. Ini terutama untuk desain UI dan UX.

10 Ciri Desain yang Bagus dan Efektif Sesuai Kebutuhan

Biasanya desain yang nyaman dilihat menggunakan warna yang lembut, seperti pastel atau minimalis, jenis huruf yang mudah dibaca dan tata letak elemen rapi. Penting juga memastikan adanya ruang negatif untuk memberikan kemudahan mata menemukan informasi.

Tahan lama atau Timeless

Ketika menciptakan desain penting juga memerhatikan penggunaan desain dalam waktu yang lama. Umumnya desain yang bagus memiliki ciri timeless, desain yang tahan akan perubahan zaman dan tren. Desain seperti ini akan tetap relevan meski tren berubah dan tidak terlihat ketinggalan zaman.

Desain yang bisa tahan lama memiliki beberapa ciri seperti minimalis, tidak menggunakan elemen tren, dan tidak rumit. Misalnya desain logo harus tahan lama sehingga tidak perlu melakukan rebranding ketika zaman telah berubah. Rata-rata logo merek yang sederhana tidak akan sering melakukan perubahan karena logo merek timeless.

Baca juga: Tips Membangun Branding Melalui Tagline

Memerhatikan Detail hingga Menyeluruh

Desain yang bagus juga penting untuk memerhatikan detail yang menyeluruh. Meskipun desain sederhana, penting untuk mengecek detail agar desain terlihat rapi. Untuk desain yang kompleks seperti ilustrasi detail yang menyeluruh sangat penting agar ilustrasi semakin menarik.

Menaruh perhatian pada detail akan menunjukkan profesionalisme dan meningkatkan kepercayaan. Desain yang dirancang dengan mendetail akan menghasilkan tampilan yang lebih menarik dan rapi.

Desain Ramah Lingkungan

Untuk kebutuhan desain cetak penting juga memerhatikan penggunaan bahan mulai dari media, tinta hingga alat cetaknya. Untuk produksi kemasan atau produk tertentu pastikan selama proses desain hingga produksinya ramah lingkungan. Desain yang bagus juga harus memerhatikan keberlanjutan lingkungan.

Sederhana

Salah satu ciri penting dan utama dalam desain adalah memerhatikan kesederhanaan tampilan desain. Gunakan elemen yang sederhana, seperti jenis huruf minimalis, warna lembut hingga elemen dengan bentuk sederhana lainnya. Desain yang sederhana cenderung lebih mudah untuk dipahami pesan dan informasinya. Selain itu desain yang sederhana juga mudah untuk diterapkan pada berbagai media dan platform. Kesederhanaan desain membantu efektif untuk berbagai kebutuhan.

KESIMPULAN

Dalam merancang desain penting untuk memerhatikan tujuan dan pesan, selain itu juga termasuk dalam ciri desain yang bagus. Ciri desain ini bisa menjadi acuan untuk memastikan desain terlihat bagus dan efektif untuk menyampaikan pesan. Penting untuk membuat desain yang inovatif, fungsional, estetika hingga bentuk yang sederhana. Dengan memerhatikan beberapa hal ini memungkinkan desain untuk lebih efektif dan menarik. Meskipun begitu bagus atau tidaknya suatu desain bergantung pula pada selera masing-masing.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts