Tips Memadukan Teks dan Gambar dalam Desain yang Efektif

Dalam beberapa karya desain grafis seperti poster, konten media sosial, banner hingga website terkadang menggabungkan teks dan gambar untuk menciptakan desain menarik. Untuk bisa memadukan gambar dan teks yang efektif penting memerhatikan beberapa tips penting agar bisa mengkomunikasikan pesan desain dengan efektif. Desain yang memiliki elemen teks dan gambar dapat menciptakan visual yang kuat serta mengkomunikasikan pesan dengan baik.

Tips Memadukan Teks dan Gambar dalam Desain yang Efektif

Desain poster atau konten media sosial umumnya menggabungkan gambar dan teks sesuai kebutuhan desain. Menggabungkan gambar dengan teks tidak hanya meningkatkan daya tarik visual tetapi juga untuk membuat pesan semakin jelas. Desain grafis untuk kebutuhan menyampaikan pesan kebanyakan memiliki elemen gambar dan teks yang kompleks.

Dalam merancang desain yang memadukan gambar dan teks yang kompleks untuk menyampaikan informasi perlu memerhatikan beberapa hal penting. Ini seperti relevansi gambar, panjang pendek teks, hingga tata letak yang mudah dipahami. Simak pembahasan ini untuk mengetahui beberapa tips dalam memadukan gambar dan teks dalam satu ruang desain grafis yang efektif.

Read More

TIPS MEMADUKAN GAMBAR DAN TEKS DALAM DESAIN

Untuk memadukan teks dan gambar dalam desain yang menarik dan efektif menyampaikan pesan, perlu mempertimbangkan beberapa hal. Berikut tips memadukan warna dan gambar dalam desain yang efektif:

Pilih Gambar yang Mendukung Pesan

Tips Memadukan Teks dan Gambar dalam Desain yang Efektif

Untuk menggunakan gambar dalam desain sebagai elemen tambahan, pilih gambar yang sesuai pesan atau informasi yang ingin disampaikan. Pastikan gambar yang dipilih bisa mendukung pesan agar audiens lebih mudah memahami pesan. Gambar atau foto yang dipilih biasanya untuk mendukung teks.

Penting untuk memastikan gambar yang dipilih relevan dengan topik atau tujuan komunikasi desain. Biasanya jumlah gambar yang digunakan akan disesuaikan kebutuhan dalam desain. Untuk desain promosi produk misalnya menggunakan gambar produk, sementara untuk promosi tempat wisata bisa menggunakan foto tempat wisata tersebut.

Pertimbangkan Ruang untuk Teks

Tips Memadukan Teks dan Gambar dalam Desain yang Efektif

Hal penting lain yang perlu diperhatikan dalam menempatkan gambar dan teks dalam desain adalah penataan ruang desain. Gambar dan teks akan ditempatkan pada ruang yang tersedia dengan mempertimbangkan keseimbangan visual. Ketika akan menempatkan gambar pada ruang desain perhatikan pula ruang untuk teks.

Pembagian ruang desain harus seimbang dan fokus pada elemen gambar yang penting dan judul desain. Atur keseimbangan agar teks dan gambar tidak saling mengganggu tampilan satu sama lain atau secara keseluruhan. Penting untuk memastikan adanya ruang kosong yang cukup disekitar gambar untuk tempat menempatkan teks.

Baca juga: Pentingnya Ruang dalam Desain Grafis: Ruang Positif dan Negatif

Keselarasan Visual

Penting untuk memastikan penataan teks dan gambar bisa menciptakan keselarasan visual. Untuk itu penting mengatur tata letak teks dan gambar dengan mempertimbangkan keseimbangan visual yang diciptakan. Tata letak harus terlihat menarik, menciptakan fokus tetapi juga memudahkan audiens untuk memahami pesan.

Untuk memastikan keseimbangan visual, penting untuk mengatur ukuran teks dan gambar. Beberapa teks berukuran lebih besar dari yang lainnya.

Jika menggunakan beberapa gambar, ukurannya lun diatur untuk memastikan proporsi elemen seimbang. Terapkan prinsip desain dalam mengatur elemen desain seperti proporsi, kontras dan keseimbangan untuk menciptakan harmoni yang tepat antara teks dan gambar.

Kontras yang Jelas

Tips Memadukan Teks dan Gambar dalam Desain yang Efektif

Dalam desain yang memadukan gambar dan teks, kontras yang jelas penting untuk memastikan teks dan gambar terlihat jelas. Kontras harus diterapkan pada gambar dan teks agar bisa terlihat jelas dari latar belakang. Untuk membuat kontras gambar bisa diberi efek bayangan atau warna yang berbeda dengan latar belakang.

Sementara untuk teks bisa juga memberikan warna yang kontras dari latar belakang. Hal ini agar teks mudah dibaca dan menyampaikan informasi dengan jelas. Jika teks akan ditumpuk dengan gambar, penting memastikan teks memiliki warna kontras yang cukup.

Gunakan Teks sebagai Fokus Utama

Tips Memadukan Teks dan Gambar dalam Desain yang Efektif

Dalam sebuah desain yang menggunakan gambar dan teks, jadikan teks sebagai fokus utama. Biasanya teks merupakan elemen kunci dalam desain yang menyampaikan pesan. Teks yang berupa judul harus menjadi fokus utama desain sebelum gambar.

Untuk memastikan teks menjadi fokus utama, gunakan jenis font menarik, gunakan ukuran besar, dan warna yang menonjol. Selain itu tempatkan teks diatas gambar. Hal ini bisa menarik perhatian pembaca pada teks judul sebelum elemen lainnya.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Keterbacaan Tipografi dalam Desain

Gunakan Teks sebagai Pelengkap

Untuk teks sebagai elemen pendukung, pastikan gambar lebih besar dan mencolok. Gunakan gambar dengan warna mencolok dari layar belakang atau yang memiliki beberapa variasi warna. Pastikan teks berukuran lebih kecil untuk memastikan gambar menjadi fokus utama.

Gunakan teks yang sederhana dan warna minimal, sementara itu fokuskan gambar menggunakan variasi warna yang menarik. Teks dalam desain yang berfokus pada gambar sebagai elemen utama hanya sebagai pendukung. Sehingga berikan fokus pada gambar yang unik dan mengalihkan perhatian.

Perhatikan Hierarki Informasi & Visual

Dalam desain yang kompleks dengan gambar dan teks, perlu untuk menciptakan hirarki informasi. Pastikan teks yang membawa pesan utama menonjol dan mudah untuk dibaca. Gunakan warna yang mencolok atau berbeda dengan teks lainnya, pastikan ukurannya lebih besar.

Tempatkan teks pada area fokus utama audiens seperti atas atau tengah sebelah kiri. Pastikan teks utama seperti judul lebih menonjol dari sub judul, serta sub judul lebih menonjol dari deskripsi. Perhatikan tata letak dan ukuran teks dengan seimbang.

Sementara untuk hirarki visual pastikan gambar utama berada di tengah dan berukuran besar. Pastikan gambar utama yang mendukung pesan lebih mencolok daripada gambar pendukung lainnya.

Hindari Overload dengan Informasi

Meski desain yang memadukan gambar dan teks seperti untuk poster menggunakan banyak elemen, namun hindari penggunaan informasi berlebihan. Pastikan gunakan gambar dan teks secukupnya saja, agar dalam satu desain tidak mengandung terlalu banyak informasi.

Hal tersebut karena dapat membuat desain terlihat berantakan dan tidak memiliki cukup fokus. Hal ini bisa mengurangi efektivitas pesan utama untuk tersampaikan pada desain.

Baca juga: Tips Menyusun Teks dengan Efektif dalam Desain Grafis

KESIMPULAN

Desain grafis banyak dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi atau pesan pada audiens dengan elemen gambar dan teks. Untuk bisa memadukan gambar dan teks dengan efektif dalam satu desain pastikan mengatur tata letaknya dengan seimbang. Perhatikan beberapa tips dalam memadukan gambar dan teks dalam desain grafis perhatikan teks, warna, gambar yang konsisten. Dengan mengatur tata letak elemen sesuai tingkat kepentingan informasi akan menciptakan desain yang efektif menyampaikan pesan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts