Desain logo memiliki banyak jenis dan variasi yang pemilihan jenisnya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kesesuaian dengan merek. Pictorial logo atau juga dikenal dengan logomark ini merupakan jenis logo yang ikonnya berupa gambar atau icon tertentu saja tidak menggunakan nama merek atau inisial. Dalam membuat pictorial logo ini penting untuk memperhatikan beberapa tips agar bisa menciptakan logo yang unik sehingga mudah diingat.
Desain logo pictorial ini bisa dibilang cukup sederhana karena hanya berupa ikon dengan bentuk yang unik, namun bisa membangun merek yang kuat. Terdapat banyak contoh logo terkenal yang menggunakan desain logo pictorial seperti instagram, spotify, dan gojek. Pemilihan jenis logo yang hanya berupa ikon dengan bentuk unik ini biasanya agar logo mudah diingat dan mudah digunakan dalam berbagai konteks.
Logo sebagai identitas merek harus bisa mencerminkan merek dengan baik dan mudah dikenali. Jenis desain logo pictorial yang berupa logo gambar atau ikon ini merupakan representasi merek yang unik. Untuk membuat desain logo pictorial ini penting untuk memperhatikan beberapa tips penting sehingga logo efektif mencerminkan merek.
TIPS PENTING DALAM MEMBUAT DESAIN LOGO PICTORIAL
Pemilihan desain logo pictorial daripada nama merek atau inisial biasanya agr menciptakan logo yang unik dan beda dari pesaing. Bentuk logo yang unik akan mudah diingat dan dikenali oleh audiens. Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pedoman dalam membuat logo pictorial yang menarik:
Pilih Ikon atau Gambar yang Mencerminkan Merek
Dalam menciptakan bentuk ikon logo yang unik dan berbeda dengan pesaing, penting untuk memilih bentuk ikon yang bisa mencerminkan nilai dan tujuan merek. Seringkali ikon untuk desain logo pictorial ini dapat menggunakan gambar atau ikon yang bisa mencerminkan jenis layanan atau produk merek. Namun terkadang desain logo jenis ini tidak bisa sekaligus mencerminkan jenis produk tetapi hanya pesan dan karakter merek.
Untuk memilih bentuk ikon dan gambar pada jenis logo ini pertimbangkan nilai-nilai, pesan dan tujuan dari merek. Ikon logo terkadang dibuat abstrak yang mana tidak langsung dimaknai hanya dengan melihat bentuknya tetapi juga harus dilihat dari pemilihan warnanya. Biasanya desain logo ini mengambil inspirasi dari bentuk ikon tertentu dan bentuknya kemudian dimodifikasi menjadi lebih unik.
Terkadang bentuk logo yang abstrak bisa memberikan kesan kesatuan, movement dan kesan profesional seperti logo Nike. Bentuk ikon yang tajam mungkin untuk mencerminkan kesan modern sementara bentuk ujung ikon yang melengkung untuk memberikan kesan ramah seperti pada logo instagram.
Baca juga: Tips Memilih Ikon atau Simbol Logo yang Mencerminkan Merek
Bentuk yang Sederhana
Desain logo pictorial yang menggunakan gambar sebagai ikon logo ini mengutamakan kesederhanaan. Ikon harus dibuat sederhana agar memiliki bentuk yang jelas dan mudah digunakan untuk berbagai konteks. Desain logo pictorial ini tidak berfokus untuk menciptakan detail tetapi menciptakan bentuk yang sederhana sehingga mudah diingat.
Bentuk ikon logo yang sederhana akan mudah untuk diingat dan dikenali oleh audiens. Selain itu logo pictorial yang sederhana akan tetap terlihat jelas pada berbagai konteks dan platform. Tidak hanya bentuk yang sederhana, logo pictorial juga harus menggunakan warna terbatas satu atau dua saja.
Desain yang Timeless

Untuk membuat logo pictorial juga perlu mempertimbangkan apakah bentuk ikon logo bisa timeless atau bertahan dalam waktu lama. Dalam menciptakan desain logo pictorial ini penting membuat bentuk ikon yang bisa bertahan dari perubahan zaman dan tren. Hindari membuat desain logo yang terlalu rumit dan bisa tidak relevan setelah beberapa lama.
Logo pictorial yang dibuat dalam bentuk ikon atau gambar yang sederhana ini harus memastikan bentuknya bisa timeless. Bentuk logo yang sederhana akan cenderung timeless. Selain bentuk logo yang sederhana, penting juga untuk memastikan desain logo menggunakan pilihan warna yang bisa terus relevan.
Jelaskan Core Message dari Logo
Salah satu hal penting yang tak boleh dilewatkan saat memilih desain logo pictorial ini pastikan ikon bisa mencerminkan esensi merek. Untuk menggambarkan esensi merek gunakan ikon yang bisa mencerminkan jenis merek atau produk. Ini seperti logo instagram yang berbentuk kamera yang menunjukkan esensi instagram sebagai media sosial untuk mengunggah gambar atau foto.
Penting untuk memilih ikon yang tepat yang bisa merepresentasikan merek dengan baik. Terkadang bentuk ikon yang abstrak memang akan menciptakan keunikan tetapi bisa membuat kebingungan audiens dalam memahami merek.
Selain bentuk ikon juga harus bisa fleksibel sehingga dalam skala tertentu tidak kehilangan keelassan bentuk. Gunakan ikon logo yang bisa mencerminkan jenis industri dan bisnis misalnya bentuk ikon air untuk merek minuman atau industri terkait air.
Baca juga: Hal Penting dalam Menciptakan Desain Logotype
Pertimbangkan Skalabilitas
Dalam menciptakan logo pictorial yang efektif untuk membangun merek yang kuat pastikan bentuk logo akan tetap terlihat jelas pada berbagai ukuran. Adanya ruang negatif pada logo akan membantu untuk memperjelas bentuk logo. Logo dengan bentuk sederhana dan jelas akan mudah tetap terlihat jelas pada ukuran skala yang kecil dan besar.
Hindari menggunakan bentuk yang rumit karena dapat membuat sulit terlihat pada skala yang kecil. Bentuk yang rumit bisa membuat desain logo juga terlihat kurang jelas pada media cetak. Pastikan elemen logo pictorial bisa terlihat jelas dalam berbagai skala dan ukuran layar digital.
Unik dan Memorable

Jenis logo pictorial ini sangat mengutamakan bentuk logo yang unik dan sederhana agar mudah diingat. Lihat bagaimana bentuk logo merek Nike, Pepsi hingga Apple memiliki bentuk logo yang sederhana namun unik dan memorable.
Logo yang unik cenderung akan lebih mudah untuk diingat dan dikenali oleh audiens. Hal ini juga memungkinkan logo yang unik terlihat menonjol dan tetap diingat meski banyak merek baru yang bermunculan. Keunikan bentuk logo bisa menciptakan desain yang ikonik.
Baca juga: Ciri-ciri Desain Logo Modern yang Mencerminkan Tren dan Estetika
Gunakan Warna yang Sesuai
Dalam menciptakan logo pictorial yang menarik penting untuk memilih warna yang tepat. Karena bentuk logo biasanya sederhana, maka warna merek juga harus sederhana menggunakan satu atau dua warna saja. Warna yang dipilih harus mencerminkan kepribadian atau karakter merek sehingga dapat merepresentasikan merek dengan baik.
KESIMPULAN
Dalam menciptakan desain logo untuk memerhatikan beberapa tips untuk membuat logo yang efektif. Ciri dari logo ini adalah penggunaan ikon logo yang berupa gambar atau ikon tertentu yang dimodifikasi dengan unik. Bentuk ikon yang sederhana dan unik akan menciptakan merek yang mudah dikenali dan diingat. Keuntungan dari memilih logo pictorial sebagai desain identitas merek adalah logoo ini bisa menyampaikan pesan dan nilai merek hanya dari gambar saja tidak perlu tulisan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.