Hal Penting dalam Menciptakan Desain Logotype

Desain logo yang digunakan untuk mencerminkan identitas merek dalam bentuk visual yang menarik harus dibuat dengan unik. Logo yang efektif dalam membangun merek perlu untuk menggunakan jenis logo yang paling cocok, apakah logotype, logomark atau logo maskot. Desain logotype biasanya paling sering dipilih karena bisa mencerminkan identitas nama merek dengan baik, penting untuk menciptakan logotype dengan memerhatikan beberapa hal penting.

Hal Penting dalam Menciptakan Desain Logotype

 

Logotype ini ikon logonya menggunakan nama merek yang terkadang teks nama merek dimodifikasi agar lebih unik dan tidak sama dengan jenis font asli yang digunakan. Untuk menciptakan logo yang bisa efektif dalam membangun identitas merek dapat memilih logo yang menggunakan nama merek sebagai ikon seperti logo google. Logo jenis ini lebih efektif daripada menggunakan monogram yang hanya berupa inisial.

Read More

Audiens bisa langsung mengenali nama merek dan mengingatnya dengan mudah. Jenis logotype ini akan lebih mudah diingat dan dikenal di tengah keramaian karena mudah untuk dibaca. Untuk menciptakan logotype yang efektif penting untuk memerhatikan beberapa hal yang akan dibahas dalam pembahasan ini. 

HAL PENTING DALAM MENCIPTAKAN DESAIN LOGOTYPE

Desain logotype ini biasanya menggunakan nama merek yang terdiri dari satu dua kata, jika lebih dari itu bisa tidak efektif untuk diingat dna membangun brand awareness. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menciptakan logotype yang efektif:

Kesesuaian dengan Identitas Merek

Hal Penting dalam Menciptakan Desain Logotype

Dalam menciptakan logotype yang menarik dan efektif penting memastikan ikon logo bisa mencerminkan merek dengan baik. Hal ini termasuk desain logotype harus merepresentasikan nilai, pesan dan karakter. Menggunakan nama merek sebagai ikon logo memang dapat mencerminkan merek dengan baik, namun selain nama nilai dan pesan merek juga harus tercermin pada logo.

Nama merek sebagai identitas merek yang gaya huruf dan warna yang bisa mencerminkan nilai, pesan dan karakter merek. Font yang dipilih harus bisa mencerminkan kepribadian merek pada audiens, apakah jenis font yang playful, klasik atau tegas. Selain font warna dari logotype juga bisa mencerminkan pesan dan kesan yang ingin disampaikan pada audiens. Penting memahami psikologi warna dan kesan yang diciptakan font sebelum memilih untuk kebutuhan desain logo ini.

Keterbacaan

Desain logo yang menggunakan jenis logo ini harus mengutamakan keterbacaan karena menggunakan ikon berupa nama merek. Jika jenis logo lain seperti logomark mengutamakan kejelasan bentuk logo, maka logotype ini fokus memastikan keterbacaan nama merek. Logo yang menggunakan nama merek ini harus menggunakan jenis font yang mudah untuk dibaca dan sederhana agar bisa efektif membangun kesadaran merek.

Pemilihan jenis font untuk logotype ini harus menggunakan huruf yang jelas, bersih dan mudah dibaca. Biasanya logo jenis ini akan menggunakan jenis font serif, sans, serif dan script bergantung kesan seperti apa yang ingin disampaikan. 

Meskipun menggunakan jenis font tertentu biasanya bentuk huruf akan tetap dimodifikasi kedalam bentuk yang unik agar terhindari dari masalah hak cipta dan tampil beda dari yang sudah ada. Pastikan jenis font yang digunakan akan mudah dibaca dalam berbagai ukuran dan media, sehingga efektif dalam membangun identitas merek yang kuat. 

Baca juga: Tips untuk Meningkatkan Keterbacaan Teks dalam Desain Grafis

Originalitas

Hal Penting dalam Menciptakan Desain Logotype

Desain logotype akan efektif dalam menciptakan logo yang berkesan original dan tidak mirip dengan yang sudah ada. Logo yang berkesan original ini akan tercipta dengan memodifikasi jenis font yang digunakan kedalam bentuk baru yang unik. Untuk memastikan logotype bisa membangun branding yang kuat ciptakan bentuk logo dari tulisan nama merek dengan bentuk yang unik.

Logo yang berkesan original akan lebih efektif untuk terlihat menonjol di pasaran dan keramaian daripada bentuk logo yang mirip dengan yang lain. Hindari penggunaan font yang sudah sering digunakan dalam desain logotype seperti serif. Gunakan font yang jarang digunakan dan modifikasi bentuk hurufnya agar memberikan kesan berbeda dan unik. 

Skalabilitas

Desain logotype ini cenderung memiliki gaya huruf yang sederhana agar mudah untuk dibaca sehingga logo ini juga akan mudah untuk digunakan dalam berbagai skala. Logo jenis ini akan mudah digunakan dalam berbagai ukuran desain dan memastikan nama merek terbaca dengan jelas. Desain logo dengan nama merek ini akan tetap bisa terbaca dengan jelas pada berbagai ukuran desain, layar dan media cetaknya.

Dengan menggunakan font yang mudah dibaca akan membantu desain logo efektif dalam berbagai konteks kebutuhan. Terkadang jika desain logo menggunakan jenis font yang terlalu rumit dengan dekorasi berlebihan bisa membuat nama merek akan sulit terbaca. Logotype dengan jenis font sederhana dan tanpa dekorasi biasanya akan terlihat jelas pada ukuran besar maupun kecil.

Baca juga: Aspek Penting dalam Mengatur Skala pada Desain Grafis

Konsistensi

Hal penting lain yang tidak boleh diabaikan ketika menciptakan desain logotype ini adalah konsistensi visualnya. Logotype harus bisa menciptakan konsistensi ketika digunakan dalam berbagai materi desain lain untuk membangun identitas yang kuat. Dalam menciptakan konsistensi visual penting untuk menggunakan gaya huruf dalam logo pada semua kebutuhan desain lain. Jenis font yang digunakan secara konsisten agar berguna untuk membangun identitas merek yang kuat. 

Konsistensi juga bisa diciptakan dengan mengatur jarak antar huruf dan tata letaknya yang sejajar. Pastikan tata leak antar huruf menggunakan proporsi yang sembang sehingga mudah untuk dibaca oleh audiens dan terlihat profesional. Huruf yang diatur dengan sejajar dan rapi akan menciptakan tampilan visual yang menarik

Fleksibilitas Warna

Dalam menciptakan logotype yang efektif penting juga untuk memerhatikan pemilihan warna yang bisa fleksibel dalam berbagai media dan platform. Warna logotype umumnya hanya menggunakan satu warna saja agar desain tetap tampil sederhana. Namun jika ingin menggunakan warna yang bervariasi seperti logo google juga tidak masalah selama warnanya bisa fleksibel. Pastikan desain logotype bisa fleksibel pada berbagai skema warna termasuk hitam-putih. 

Baca juga: Inspirasi Palet Warna dari Alam untuk Desain Grafis

Relevansi

Desain logotype biasanya juga sering dipilih karena mudah untuk tetap relevan selama beberapa waktu. Penggunaan nama merek sebagai logo akan tetap relevan meski tren dan zaman berubah selama jenis font yang dipilih sederhana dan mudah untuk dibaca. Lakukan riset untuk mengetahui tren atau model font yang populer pada era ini agar logotype bisa relevan. 

Memperhatikan Detail

Dalam menciptakan desain logo yang berupa tulisan nama merek ini perhatikan pula detail dalam mengatur huruf. Ini termasuk jarak antar dua huruf (kerning), jarak antar huruf secara keseluruhan (tracking), dan jarak antar baris (leading. Perhatikan juga ketika memodifikasi huruf kejelasan bentuk huruf dan ketebalannya, pastikan tata letak huruf menciptakan keseimbangan dan terlihat profesional. 

KESIMPULAN

Dalam menciptakan desain logo penting untuk memerhatikan beberapa hal penting agar logo bisa efektif untuk membangun identitas merek yang kuat termasuk pada logotype. Untuk menciptakan desain logotype penting untuk memerhatikan keterbacaan, pemilihan font dan kesesuaian gaya huruf dengan karakter merek. Penting untuk memilih elemen visual yang bisa mencerminkan nilai, karakter dan pesan merek dalam sebuah desain logotype. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts