Strategi Menciptakan Desain Logo yang Bertahan Lama

Desain logo umumnya akan digunakan dalam jangka waktu yang lama sebagai identitas merek. Oleh karena itu penting untuk memilih dan menciptakan desain logo yang bisa bertahan lama dan terus relevan dengan zaman. Untuk menciptakan desain logo yang bisa bertahan lama penting untuk menyiapkan beberapa strategi dalam merancang desain identitas merek ini.

Strategi Menciptakan Desain Logo yang Bertahan Lama

Desain logo harus dirancang agar bisa terus digunakan meskipun tren dan zaman terus berubah. Penting untuk memilih logo yang akan terus relevan dan tidak ketinggalan zaman meski waktu terus berubah. Ketika logo bisa bertahan lama ini akan membantu membangun identitas merek yang kuat.

Untuk membangun identitas merek yang kuat dalam waktu yang lama tidak hanya harus menarik tetapi juga harus responsif dan efektif. Desain logo harus bisa menghadapi tantangan dan perubahan tren agar bisa bertahan lama. SImak pembahasan ini untuk bisa menciptakan desain logo yang bertahan lama dan bisa terus relevan dengan perubahan zaman.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

STRATEGI MENCIPTAKAN DESAIN LOGO YANG BERTAHAN LAMA

Dengan menciptakan desain logo yang bisa bertahan lama ini akan membantu identitas merek bisa terus diingat dan dikenali oleh audiens. Umumnya desain logo yang bertahan lama memiliki ciri sederhana, unik dan tidak rumit. Berikut beberapa strategi dalam menciptakan desain yang bertahan lama:

Memahami Identitas Merek

Untuk bisa desain logo yang bertahan lama dan bisa terus relevan, perlu untuk memahami hal apa saja yang menjadi identitas merek. Hal ini agar desain logo yang bertahan lama sekaligus mencerminkan merek dengan baik. Nilai dan karakter dalam identitas merek harus bisa terus efektif meski waktu berlalu. Penting untuk menentukan nilai dan kepribadian yang bisa diterima universal dan bisa terus relevan.

Pahami terlebih dahulu tentang nilai–nilai, visi, misi dan kepribadian merek secara mendalam dan terapkan hal ini dalam merancang logo yang bisa terus relevan. Identitas merek yang bisa diterima secara universal jika menggunakan nilai-nilai yang relevan dengan keadaan secara universal. Logo yang bisa bertahan lama tidak hanya harus bisa merepresentasikan merek dengan baik, tetapi memastikan nilai dan kepribadian merek bisa dipahami oleh semua audiens.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Logo Emboss untuk Identitas Visual

Kesederhanaan adalah Kunci Utama

Logo Perusahaan Multi Industri

Desain logo yang bisa bertahan lama dalam gempuran tren dan keadaan yang terus berubah dalam dunia bisnis maupun desain ini penting untuk menciptakan logo yang sederhana. Kesederhanaan merupakan salah satu strategi kunci dalam menciptakan desain yang bisa bertahan lama. Logo yang sederhana akan mudah berbaur dalam perubahan tren, sehingga ketika waktu terus berlalu logo tidak akan terlihat ketinggalan zaman atau tidak relevan.

Desain logo yang sederhana juga mudah diingat sehingga memungkinkan untuk digunakan dalam waktu yang lama. Audiens akan lebih mudah mengingat dan mengenali desain logo yang sederhana daripada yang rumit dan mendetail. Tren desain logo yang mendetail mungkin bisa tidak relevan ketika waktu berjalan seperti desain karakter.

Hindari juga menggunakan terlalu banyak detail pada desain logo, untuk mempertahankan kesederhanaan. Gunakan elemen-elemen desain dasar yang sederhana untuk mencerminkan identitas merek dengan jelas dan efektif untuk mengkomunikasikan pesan.

Penggunaan Elemen Desain yang Timeles

Strategi Menciptakan Desain Logo yang Bertahan Lama

Dalam merancang desain logo yang bisa bertahan lama penting untuk memilih elemen desain yang bisa bertahan lama. Untuk itu penting untuk memilih elemen desain yang bersifat abadi atau akan selalu digunakan. Elemen klise yang sering digunakan dalam merancang desain logo bisa menjadi pilihan.

Elemen klasik yang biasanya digunakan dalam merancang logo yang timeless seperti bentuk geometri yang sederhana yaitu lingkaran atau persegi. Ini akan membantu desain bisa bertahan lama karena menggunakan elemen yang akan terus dikali oleh audiens.

Hindari penggunaan elemen yang sedang tren seperti efek holografik. Penggunaan gaya desain atau elemen yang terlalu spesifik dengan era atau tren tertentu akan membuat desain tidak relevan setelah beberapa waktu.

Baca juga: Elemen-elemen untuk Merancang Visualisasi dengan Menarik

Desain yang Fleksibel dan Mudah Beradaptasi

Strategi Menciptakan Desain Logo yang Bertahan Lama

Dalam merancang desain yang bisa bertahan lama dan terus relevan penting untuk membuat desain bisa fleksibel. Desain logo yang fleksibel akan dengan mudah untuk digunakan dalam berbagai konteks. Ini akan membantu logo tetap terlihat jelas sehingga mudah untuk dikenali oleh audiens.

Desain logo yang fleksibel cenderung sederhana dan memiliki bentuk jelas tanpa efek visual yang berlebihan. Logo yang fleksibel akan mudah untuk beradaptasi pula dengan berbagai media dan platform digital. Desain logo yang bisa berfungsi dengan baik pada berbagai ukuran dan warna termasuk dalam media cetak dan digital akan bertahan lama dan bisa terus relevan.

Hindari Penggunaan Warna Berlebihan

Desain logo yang bisa bertahan dalam waktu yang lama tidak hanya harus sederhana dalam bentuk tetapi juga perlu memiliki warna yang sederhana. Terlalu banyak variasi warna dalam sebuah desain logo bisa membuat logo sulit teringat oleh audiens. Selain itu terlalu banyak warna mungkin akan membuat desain logo tidak relevan jika tren terus berubah.

Terlalu banyak warna dalam desain logo juga bisa membuat desain terlihat membingungkan dan rumit. Gunakan warna secara terbatas dan pilih warna yang bisa mempertahankan kesederhanaan logo. Pastikan warna yang dipilih bisa menciptakan harmoni dan membuat desain mampu mencerminkan identitas merek dengan baik.

Baca juga: Cara Memilih Warna yang Tepat untuk Teks dalam Desain Grafis

Lakukan Riset Pasar

Dalam menciptakan desain logo yang bisa terus relevan, penting juga melakukan riset dengan mendalam tentang tren desain logo. Ini akan membantu untuk menghindari menggunakan elemen yang sedang tren. Riset pasar juga membantu untuk memahami preferensi target pasar.

Dengan melakukan riset yang mendalam tentang kondisi pasar ini akan membantu mengetahui desain seperti apa yang disukai oleh audiens saat ini hingga masa mendatang. Ini akan membantu menciptakan desain logo yang bisa tetap relevan dengan perubahan tren.

KESIMPULAN

Desain logo yang mewakili identitas visual merek ini harus dirancang sehingga bisa bertahan lama dan terus relevan dengan perubahan zaman. Hal ini agar logo tidak perlu terlalu sering melakukan rebranding ketika perubahan tren terus terjadi. Dalam merancang desain logo yang bisa bertahan lama penting untuk memerhatikan nilai, kepribadian dan visi merek. Selain itu penting juga memperhatikan kesederhanaan desain, fleksibilitas, dan penggunaan elemen yang mudah dikenali oleh audiens.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts