Kelebihan dan Kekurangan Logo Emboss untuk Identitas Visual

Desain logo memiliki banyak jenisnya yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Penting untuk memilih desain logo dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari logo tersebut salah satunya logo emboss. Hal ini karena logo berperan penting dalam membangun identitas merek yang efektif.

Kelebihan dan Kekurangan Logo Emboss untuk Identitas Visual

Logo emboss biasanya dipilih karena memiliki tampilan menonjol dan kedalaman visual yang menarik perhatian. Efek emboss yang diterapkan pada logo dapat membuat logo terlihat menonjol dari latar belakang dan terlihat nyata. Desain logo seperti bisa lebih menarik perhatian audiens dan bisa dibilang cukup populer.

Dengan menggunakan efek emboss logo akan terlihat lebih jelas bentuk dan dimensinya. Ini juga bisa membuat logo terlihat lebih unik dan berbeda dari yang lain. Penting untuk memahami apa saja kelebihan dan kekurangan dari logo emboss untuk merek. Untuk lebih jelas simak dalam pembahasan artikel ini.

Read More

KELEBIHAN LOGO EMBOSS

Logo emboss dengan efek yang menonjol dari latar belakang ini memiliki beberapa kelebihan untuk dijadikan logo identitas merek. Berikut beberapa kelebihan untuk dijadikan pertimbangan ketika akan memilih jenis logo ini:

Elegan dan Berkelas

Kelebihan dan Kekurangan Logo Emboss untuk Identitas Visual

Logo emboss yang menonjol dari latar belakang terlihat lebih elegan dan berkelas daripada logo flat. Emboss membuat logo terlihat memiliki efek tiga dimensi dengan menonjol dari latar belakang. Ketika bentuk logo menonjol dari latar belakang ini juga memberikan adanya efek bayangan yang terlihat.

Logo yang menonjol bisa terlihat elegan karena menunjukkan bentuk yang jelas. Selain itu efek tiga dimensi memberikan logo kesan yang lebih eksklusif. Logo emboss ini juga bisa memberikan gambaran nyata ketika logo akan dicetak untuk kebutuhan 3D sebagai papan nama. Desain logo yang mencolok juga cenderung lebih mudah dikenali dan diingat selama bentuk logonya masih jelas.

Baca juga: Manfaat Penggunaan Efek Emboss dan Bayangan dalam Desain

Menonjolkan Detail Logo

Logo embos juga memberikan audiens untuk melihat bentuk logo dengan jelas. Efek menonjol dari latar belakang membuat bentuk logo terlihat lebih jelas garis-garisnya berbeda. Terutama dengan penambahan efek bayangan logo jadi semakin terlihat jelas detail kecilnya.

Biasanya desain logo memiliki detail-detail kecil seperti bentuk dan garis lengkungan yang bisa terlihat jelas jika menggunakan efek 3D. Logo emboss ini akan efektif untuk merek bisa menonjolkan detail elemen-elemen yang menjadi kunci identitas merek. Efek menonjol dan bayangan membuat logo memiliki penekanan detail yang kuat.

Tanggap terhadap Cahaya

Desain logo emboss ini juga memanfaatkan pencahayaan untuk menekankan efek nyata dengan cara yang menarik. Seperti logo 3D logo emboss juga menggunakan cahaya untuk membuat logo terlihat lebih nyata. Penempatan arah cahaya yang tepat dapat membuat desain jadi terlihat lebih berdimensi. Logo emboss jadi terlihat lebih menarik dan tampil dinamis.

Memperkuat Identitas Merek

Menggunakan logo emboss akan memberikan dimensi yang unik sehingga akan menarik perhatian audiens. Efek emboss pada logo berguna untuk memperkuat identitas merek. Hal ini karena logo emboss yang unik akan mudah diingat karena tampak berbeda.

Biasanya logo yang menonjol dari latar belakang akan tampak berbeda sehingga bisa dengan mudah melekat di ingatan audiens. Bentuknya unik dan menonjol menjadi alasan logo emboss banyak dipilih untuk menciptakan perbedaan dengan pesaing.

Unik dan Berbeda

Kebanyakan logo pada era ini menggunakan gaya desain flat karena ingin logo terus relevan dan mudah digunakan. Sudah jarang yang menggunakan logo emboss, kecuali untuk logo kelebihan tertentu. Untuk itu penggunaan logo emboss pada era modern akan membuat logo terlihat berbeda dan unik.

Logo emboss yang mencolok dan memiliki efek nyata akan terlihat lebih menarik perhatian dari desain yang lain. Ini akan efektif untuk logo mudah dikenali oleh publik meskipun ada banyak logo lain. Bentuk logo yang menonjol akan membuatnya unik dan terlihat berbeda dengan logo pada umumnya.

Baca juga: 10 Ciri Desain yang Bagus dan Efektif Sesuai Kebutuhan

KEKURANGAN LOGO EMBOSS

Logo emboss juga memiliki banyak kekurangan yang perlu diperhatikan pula agar bisa menentukan apakah logo akan cocok dengan kebutuhan merek. Berikut beberapa kekurangan logo ini untuk dijadikan mengapa logo ini sebaiknya tidak dipilih:

Tidak Cocok untuk Semua Merek

Kelebihan dan Kekurangan Logo Emboss untuk Identitas Visual

Salah satu kekurangan dari jenis logo ini adalah logo emboss memiliki kemungkinan tidak cocok dengan semua merek. Beberapa industri mungkin akan kurang cocok atau sesuai dengan konsep logo emboss yang menonjol. Logo dengan desain lebih minimalis mungkin akan lebih cocok dengan beberapa kebutuhan untuk merek tertentu.

Perlu diketahui bahwa beberapa merek mungkin akan membutuhkan jenis logo sederhana agar efektif daripada yang rumit dan kompleks. Logo emboss mungkin akan kurang cocok untuk desain logo skincare atau desain logo digital.

Kesulitan Penggunaan pada Media Tertentu

Desain logo emboss mungkin akan sulit jika diterapkan pada media tertentu. Ini bisa membuat bentuk logonya tidak terlihat jelas karena pengaruh media cetak. Untuk penggunaan digital mungkin lebih responsif, namun pada ukuran kecil mungkin akan sulit dilihat. Untuk dicetak pada beberapa media yang berbeda logo bisa terlihat tidak begitu jelas, ini akan memengaruhi efektivitas dalam membangun merek.

Mungkin Kurang Efektif dalam Skala Kecil

Logo emboss dengan skala kecil mungkin akan kurang efektif karena bentuk logonya bisa tidak jelas. Untuk itu logo ini tidak akan efektif digunakan untuk ukuran yang kecil terutama untuk foto profil atau pada poster. Logo emboss yang tidak terlihat jelas pada ukuran kecil akan tidak efektif membangun kesadaran merek. Desain logo emboss dengan efek 3D tidak akan efektif membangun merek dengan cepat.

Biaya Produksi yang Lebih Tinggi

Untuk kebutuhan pencetakan logo emboss juga membutuhkan biaya lebih tinggi untuk membuat logo menonjol. Hal ini karena membutuhkan bahan tertentu dan proses produksi yang rumit maka biaya akan naik. Penggunaan logo emboss untuk kebutuhan cetak fisik dapat meningkatkan biaya produksi.

Baca juga: Perbedaan Marketing dan Branding untuk Membangun Merek

KESIMPULAN

Desain logo emboss dapat memberikan efek dimensi dan kedalaman visual yang unik. Hal ini memungkinkan audiens akan mudah menemukan logo yang terlihat mencolok. Penggunaan logo emboss seringkali dipilih untuk membangun identitas merek yang kuat karena bentuknya yang unik akan cenderung lebih mudah diingat. Namun terkadang efektivitas logo ini untuk membangun merek bergantung pada konteks penggunaan dan karakteristik mereknya. Untuk itu sebelum memilih logo emboss sebagai visual identitas merek pahami kelebihan dan kekurangan dari logo ini.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts