Berbicara soal psikologi atau makna warna dalam desain, warna kuning sering digunakan dalam berbagai jenis desain. Warna kuning yang mencolok ini efektif untuk menarik perhatian dan memberikan sorotan pada elemen penting. Untuk penggunaan warna kuning ini sering dikaitkan dengan makna yang ceria dan bahagia.
Warna kuning bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam desain grafis seperti logo, konten media sosial, hingga kemasan yang ingin memberikan kesan ceria. Tidak hanya kesna ceria warna kuning juga sering dikaitkan dengan kebahagiaan. Warna-warna cerah yang mencolok seperti warna kuning, kebanyakan memiliki arti yang positif.
Dalam desain warna kuning sering juga digunakan untuk desain kemasan terutama makanan untuk memberikan kesan hargai dan posisi. Sementara pada logo warna kuning bisa memberikan kesan ramah dan ceria. Dalam menggunakan warna kuning pahami makna psikologi yang diciptakan dari warna sehingga bisa memilih yang paling tepat.
PSIKOLOGI WARNA KUNING DALAM DESAIN
Dalam berbagai konteks penggunaan warna kuning ada beberapa makna atau kesan yang bisa diciptakan dari warna kuning. Berikut beberapa makna psikologi warna kuning dalam desain grafis:
Kesegaran dan Kebahagiaan
Warna kuning pada desain bisa memberikan kesan yang segar dan bahagia. Makna ini paling cocok digunakan dalam desain minuman energi, yang bisa kesegaran bisa membawa kebahagiaan. Banyak desain kemasan minuman menyegarkan berwarna kuning.
Ketika merek atau produk ingin menciptakan kesan segar, ceria dan bahagia. Warna kuning adalah warna yang cocok untuk menciptakan kesan yang bahagia baik lads desain logo, kemasan atau yang lainnya. Penggunaan warna kuning pada berbagai desain biasanya bertujuan untuk memberikan kesan cerah dan meningkatkan mood.
Baca juga: Warna Jingga: Makna Psikologi dan Kesan dalam Konteks Desain
Warna Kuning pada Kemasan
Penggunaan warna kuning untuk desain kemasan makanan atau minuman biasanya dilakukan untuk mencerminkan rasa-rasa. Warna kuning sebagai rasa identik dengan jeruk, keju, jagung atau lemon. Pada desain kemasan penggunaan warna kuning akan membantu konsumen mengenali rasa-rasa dengan mudah.
Pada desain kemasan minuman warna kuning bisa memberikan kesan menyegarkan seperti rasa jeruk dan lemon. Sementara itu warna kuning pada makanan bisa memberikan kesan hangat. Warna kuning banyak dipilih sebagai warna utama untuk kemasan makanan atau snack karena dapat mudah terlihat mencolok dalam rak toko.
Energi dan Optimisme
Warna kuning juga seringkali dikaitkan dengan energi dan optimisme. Penggunaan warna kuning pada berbagai konteks akan mencerminkan energi positif, semangat dan optimisme. Tidak heran desain kemasan minuman energi banyak menggunakan warna kuning.
Tidak hanya pada kemasan, desain logo, poster atau postingan media sosial yang menggunakan warna kuning ingin mencerminkan semangat dan optimisme. Desain logo berwarna kuning biasanya banyak digunakan pada logo perusahaan energi atau terkait listrik. Warna kuning dapat menggambarkan energi dengan baik.
Kreativitas dan Inovasi
Warna kuning juga identik dengan makna kreativitas dan inovasi. Untuk desain logo yang ingin memberikan kesan inovasi dan kreativitas seperti perusahaan teknologi dapat menggunakan warna kuning. Warna kuning yang mencolok sering memberikan kesan ide-ide baru atau imajinasi.
Tidak hanya pada merek, warna yang kuning yang mencerminkan kreativitas juga identik dengan anak-anak. Warna kuning sering juga digunakan pada merek terkait anak-anak yang bisa mencerminkan kreativitas mereka. Sementara penggunaan warna kuning untuk sebuah merek biasanya digunakan untuk menunjukkan aspek-aspek kreatif dan inovatif.
Menarik Perhatian dan Keterlibatan
Warna kuning dalam desain grafis juga bisa memberikan kesan yang menarik perhatian. Seringkali digunakan pada desain kemasan untuk menarik perhatian dengan cepat dan efektif. Warna kuning yang mencolok membuat kemasan bisa menonjol diantara kemasan lain pada rak toko.
Penggunaan warna kuning tersebut memungkinkan untuk meningkatkan jumlah pembelian dan kemudahan konsumen menemukan kemasan yang mereka cari. Tidak hanya kemasan, logo juga dapat dengan mudah menarik perhatian daripada warna netral. Untuk penggunaan pada desain postingan media sosial, warna kuning juga efektif menarik perhatian audiens untuk membaca informasi pada desain.
Baca juga: Karakteristik dan Penggunaan Warna Merah dalam Desain Grafis
Meningkatkan Pembelian
Ada banyak alasan mengapa warna kuning dipilih untuk desain kemasan. Tidak hanya sekedar menarik perhatian, tetapi juga memberikan kesan ramah dan hangat. Desain kemasan dengan warna kuning akan efektif untuk menarik perhatian konsumen sehingga melakukan pembelian.
Kemasan berwarna kuning akan mudah mencolok daripada warna lain, sehingga memungkinkan konsumen bisa dengan mudah menemukan kemasan. Mata audiens cenderung akan tertarik dengan desain kemasan mencolok daripada warna yang lainnya. Warna kuning juga bisa memberikan perasaan nyaman dan termotivasi untuk melakukan pembelian.
Menyoroti Informasi Penting
Dalam berbagai konteks desain grafis, warna kuning juga sering dimanfaatkan untuk menyoroti informasi penting dalam desain yang kompleks. Warna kuning dapat menyoroti informasi penting pada desain poster, postingan media sosial, kemasan dan lain-lain. Warna ini bisa diterapkan pada teks, gambar atau pemberian warna highlight pada teks.
Informasi penting yang biasanya perlu disoroti seperti judul, informasi gizi hingga diskon. Manfaatkan warna kuning untuk membuat elemen-elemen kunci dalam kemasan atau materi pemasaran terlihat mencolok. Informasi kunci harus bisa menjadi perhatian utama dan mudah diidentifikasi agar pesan tersampaikan dengan baik.
Baca juga: Warna-warna untuk Meningkatkan Keterbacaan Desain Grafis
Kewaspadaan
Dalam beberapa konteks lain, warna kuning juga digunakan untuk menggambarkan kehati-hatian dan kewaspadaan. Biasanya pada simbol-simbol di jalan atau dekat tempat berbahaya. Warna kuning pada papan penanda untuk memberikan peringatan pada orang terkait bahaya atau sesuatu lainnya. Penggunaan warna kuning dipilih karena agar mudah terlihat dan mudah menarik perhatian audiens agar mereka bisa berhati-hati.
KESIMPULAN
Dalam desain grafis penggunaan warna kuning bisa untuk berbagai konteks yang disesuaikan dengan makna yang ingin diciptakan. Umumnya makna psikologi warna kuning memberikan kesan ceria bahagia dan energi. Penggunaan warna kuning bisa digunakan untuk berbagai hal mulai dari logo, kemasan dan lain-lain. Pemilihan warna kuning tidak hanya untuk menarik perhatian tetapi juga untuk menciptakan kesan atau aspek tertentu seperti energi dan optimisme pada merek.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.