Elemen Umum dalam Desain, Desainer Pemula Harus Tahu

Ketika berbicara soal desain itu sendiri mencakup banyak hal seperti desain digital, desain produk, kemasan iklan hingga UI/UX. Desain dimanfaatkan untuk menciptakan tampilan visual yang bisa mendukung entah produk atau pesan merek. Dalam desain terdapat beberapa elemen umum yang digunakan untuk merancang desain yang efektif.

Elemen-elemen yang digunakan dalam desain bekerja sama menciptakan tampilan visual memikat audiens dalam media cetak maupun digital. Dalam merancang desain elemen berperan penting untuk menyampaikan pesan desain. Pemilihan elemen yang tepat akan berguna dengan optimal.

Penting bagi seorang desainer memahami beberapa elemen desain yang digunakan untuk menciptakan desain yang menarik. Termasuk juga desainer pemula harus memahami hal ini sebelum belajar menerapkannya dalam ruang desain. Simak beberapa elemen umum yang akan dibahas dalam artikel ini. Elemen umum dalam desain adalah warna, ruang, tekstur, garis, bentuk, skala dan value.

Read More

7 Elemen Umum dalam Desain

Beberapa elemen umum dalam desain ini adalah yang paling utama dan menjadi dasar penting dalam menciptakan desain yang menarik. Berikut elemen umum dalam desain yang diketahui oleh desainer:

Warna

Skala Warna Definisi dan Jenis Skala Warna

Warna merupakan elemen desain yang penting untuk membuat tampilan visual semakin menarik. Dalam menerapkan warna penting untuk memilih dan mengkombinasikan warna dengan tepat. Terdapat beberapa cara mengkombinasikan warna dengan melihat roda warna, seperti triadic, komplementer hingga analog.

Memadukan dua warna atau lebih dalam desain perlu memerhatikan beberapa cara kombinasi dengan skema warna. Hal ini karena warna berperan penting dalam menciptakan suasana, mood dan persepsi audiens pada desain. Memilih warna untuk desain harus disesuaikan dengan tema dan pesan desain yang ingin disampaikan.

Baca juga: Prinsip Dasar dalam Memilih Warna yang Memikat

Ruang

Elemen Umum dalam Desain: Ruang

Dalam desain ada yang namanya ruang, ini merupakan tempat dimana elemen desain ditempatkan. Elemen desain disusun pada ruang desain, dimana ukurannya disesuaikan dengan kebutuhannya. Ruang dalam desain ini dapat memengaruhi keterbacaan teks, keseimbangan elemen hingga fokus elemen penting dalam desain.

Dalam ruang ini terdapat ruang negatif dan positif. Ruang positif adalh ruang dimana elemen ditempatkan. Sementara ruang negatif adalah ruang kosong yang tidak ditempati oleh elemen. Penting dalam desain untuk memiliki ruang negatif agar desain memiliki fokus dan ruang bernafas.

Bentuk

Elemen Umum dalam Desain: Shape

Bentuk dalam desain juga bagian dari elemen yang penting untuk menciptakan tampilan visual. Terdapat berbagai macam bentuk elemen yang bisa digunakan untuk menciptakan desain yang menarik. Bentuk dalam desain memiliki berbagai macam bentuk elemen mulai dari geometri, abstrak, alam dan sebagainya.

Elemen bentuk ini dalam desain dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan untuk mendekorasi desain. Bentuk-bentuk dalam elemen dapat memperindah tampilan desain dengan pemilihan bentuk yang tepat sesuai tema desain. Elemen ini juga membantu dalam menciptakan komposisi desain yang semakin menarik dan memiliki struktur visual unik.

Tekstur

Elemen Umum dalam Desain: Shape

Dalam desain tekstur dapat dimanfaatkan untuk memberikan sentuhan yang unik dan nyata pada objek atau elemen. Tekstur dapat memberikan tampilan permukaan objek yang menarik. Ada banyak tekstur yang bisa digunakan untuk membuat tampilan desain semakin menarik perhatian.

Tekstur kerap kali digunakan juga untuk memberikan permukaan 3D desain dengan lebih nyata. Penggunaan tekstur ini dapat menciptakan dimensi visual yang menarik pada permukaan objek. Beberapa tekstur seperti, plastik, kertas, hologram hingga tekstur alam seperti batu. Penerapan tekstur dalam desain perlu disesuaikan kebutuhan dan tidak berlebihan.

Baca juga: Mengenal Tekstur dan Motif dalam Desain

Garis

Elemen Umum dalam Desain: garis

Dalam desain garis juga merupakan elemen dasar yang penting untuk menciptakan berbagai karya desain. Garis digunakan untuk menciptakan berbagai hal seperti sketsa, tekstur, elemen dan sebagainya. Adanya garis dalam desain ini akan memandu mata untuk melihat desain dengan lebih baik.

Garis dalam desain memiliki banyak ketebalan hingga jenisnya, selain itu panjang dan arah garis digunakan sesuai kebutuhan. Berbagai objek dan elemen dalam desain membentuk garis untuk membuat bentuk dasar. Garis juga bisa dijadikan hiasan dengan dibuat dan disusun dengan menarik. Dalam desain garis juga membentuk struktur objek yang jelas serta memandu arah visual desain.

Skala (Ukuran)

Elemen Umum dalam Desain: skala

Skala dalam desain merujuk pada ukuran elemen-elemen dalam desain. Ukuran objek dan elemen dapat berbeda-beda untuk menciptakan dimensi yang menarik. Penentuan ukuran desain ini harus berdasarkan kepentingan elemen.

Elemen yang lebih penting harus memiliki ukuran yang lebih besar agar bisa menyoroti informasi penting. Skala dalam desain dapat menciptakan hirarki visual, sehingga audiens bisa fokus pada elemen yang membawa informasi penting. Penting untuk menyusun ukuran objek agar bisa menciptakan hirarki informasi. Ukuran yang bervariasi akan menciptakan fokus pada elemen tertentu, selain itu juga memberikan tampilan desain lebih berdimensi.

Value

Elemen Umum dalam Desain: value

Dalam desain value merupakan tingkat kecerahan atau kegelapan dalam suatu warna. Penggunaan value ini dapat membantu menciptakan kontras pada elemen tertentu ketika elemen lain memiliki tingkat kecerahan yang berbeda. Elemen dengan tingkat kecerahan tertinggi akan lebih menonjol.

Value ini juga bisa menciptakan dimensi kedalam pada desain, penerapan yang tepat dapat membuat objek terlihat nyata. Elemen ini memiliki peran penting dalam desain untuk membimbing fokus pada mata audiens pada elemen tertentu. Selain itu elemen ini dapat pula menciptakan ilusi yang menarik dengan menentukan elemen yang terang dan gelap dalam objek atau permukaan elemen tertentu.

Baca juga: Warna yang Efektif untuk Menarik Perhatian pada Media Sosial

KESIMPULAN

Dalam merancang desain penting untuk memerhatikan elemen dasar atau umum untuk menciptakan tampilan desain yang efektif. Memahami elemen yang umum digunakan dalam merancang desain akan membantu menciptakan desain yang menarik. Elemen desain berperan penting dalam menciptakan tampilan visual memikat, dan menyampaikan pesan sesuai kebutuhan. Dengan mengkombinasikan elemen umum dalam desain dengan tepat akan menghasilkan karya desain yang memikat dan efektif menyampaikan pesan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts