Menciptakan Desain grafis yang Mudah Dipahami Oleh Audiens

Desain grafis menghasilkan banyak karya desain yang menarik dan banyak digunakan dalam berbagai hal dalam keseharian. Umumnya desain grafis memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan pada audiens secara visual. Untuk itu penting untuk menciptakan desain grafis yang mudah dipahami oleh audiens.

Desain grafis yang mudah untuk dipahami audiens biasanya memerhatikan target audiens, konteks penggunaan hingga pemilihan elemen visual yang tepat. Untuk menciptakan desain yang mudah dipahami klien penting untuk melakukan pemahaman dengan baik tentang desain. Mulai dari tujuan, nilai, dan pesan yang ingin disampaikan pada audiens.

Untuk menciptakan desain grafis yang mudah dipahami klien penting untuk mengikuti beberapa prinsip yang akan dibahas dalam artikel ini. Desain yang mudah dipahami oleh audiens akan efektif untuk menyampaikan pesan.

Read More

BEBERAPA PRINSIP MENCIPTAKAN DESAIN MUDAH DIPAHAMI AUDIENS

Merancang desain yang mudah untuk dipahami audiens harus mengikuti beberapa prinsip dalam desain. Desain grafis yang efektif dan mudah dipahami akan berguna dalam membangun merek. Berikut beberapa prinsip penting agar desain bisa mudah dipahami oleh audiens:

Sederhana dan Tidak Berlebihan

Menciptakan Desain grafis yang Mudah Dipahami Oleh Audiens

Desain grafis yang mudah dipahami umumnya jika memiliki tampilan yang sederhana. Kesederhanaan dalam desain bisa tercipta ketikan menggunakan elemen desain yang sederhana pula. ini melibatkan tipografi sederhana, warna minimalis, gambar sederhana, penggunaan elemen yang tidak berlebihan. Tampilan yang sederhana akan memudahkan audiens dalam membaca dan memahami desain grafis. 

Ruang negatif yang cukup pada ruang desain akan menciptakan kesederhanaan, desain grafis yang sederhana cenderung lebih mudah untuk dipahami. Tampilan visual desain yang terlalu rumit akan menyulitkan audiens untuk memahami pesan atau informasinya. Hindari penggunaan terlalu banyak elemen dan detail pada elemen desain, hal ini bisa membuat pesan sulit dipahami audiens atau tidak jelas. 

Jelas dan Langsung

Desain yang mudah dipahami oleh audiens biasanya harus jelas dan langsung. Langsung yang dimaksud disini, menunjukkan tujuan atau pesan secara gamblang. Pesan desain harus jelas disampaikan dalam teks yang singkat, sehingga mudah dipahami. 

Pesan yang disampaikan harus jelas dan langsung agar audiens tidak kebingungan memahami pesan atau informasi dalam desain. Hindari menggunakan bahasa yang ambigu dan tidak jelas, jangan menggunakan terlalu banyak simbolisme yang bisa membingungkan audiens. Gunakan elemen visual yang bisa langsung mengkomunikasikan pesan desain dengan jelas. 

Baca juga: Ciri-ciri Desain Poster Minimalis: Meningkatkan Efektivitas Pesan

Mengutamakan Fungsi dan Pengguna

Menciptakan Desain grafis yang Mudah Dipahami Oleh Audiens

Dalam merancang desain, penting juga untuk mengutamakan fungsi utama dan pengguna akhir terutama untuk desain antarmuka pengguna. Desain yang mengutamakan pengguna atau audiens, biasanya desainnya akan mudah untuk dipahami oleh audiens. Desain tidak hanya harus memiliki tampilan visual yang estetika, tetapi penting memastikan desain bisa berfungsi dengan baik. Terutama desain antarmuka pengguna harus bisa memenuhi kebutuhan pengguna. 

Konsisten dengan Identitas Merek

Dalam menciptakan desain yang mudah dipahami enting memastikan desain memiliki konsistensi dengan identitas merek. Terutama untuk desain yang terkait dengan merek tertentu. Penggunaan elemen identitas merek seperti logo, warna dan tipografi, akan membantu menciptakan konsistensi visual.

Audiens akan mudah memahami desain yang konsisten, selain itu desain yang konsisten juga akan mudah dikenali. Desain yang konsisten dengan identitas merek akan lebih mudah dipahami dan diidentifikasi oleh audiens. Konsistensi desain juga akan membantu untuk memperkuat citra merek.

Mudah Dibaca dan Dipahami

Menciptakan Desain grafis yang Mudah Dipahami Oleh Audiens

Penting untuk memilih tipografi dan mengaturnya dengan bijak agar pesan desain mudah untuk dipahami. Atur ukuran huruf, jenis huruf dan tata letaknya agar memudahkan untuk dibaca dan dipahami oleh audiens. Tidak hanya jenis huruf teks yang digunakan juga perlu menggunakan bahasa yang sederhana dan tidak terlalu panjang.

Agar desain mudah untuk dibaca audiens, penting untuk memilih jenis huruf yang sederhana dan ukuran yang cukup besar. Gunakan judul yang berukuran besar dengan kontras yang cukup agar mudah dibaca. HIndari untuk menggunakan font yang rumit atau sulit dibaca, atur pula tata letak yang logis dan tidak membingungkan.  

Hierarki Visual yang Jelas

Menciptakan Desain grafis yang Mudah Dipahami Oleh Audiens

Penting untuk menciptakan desain yang memiliki hirarki informasi yang jelas untuk desain yang menggunakan banyak teks. Atur tata letak teks dan ukuran huruf dengan bijak sesuai tingkat kepentingan informasi. Audiens akan lebih mudah memahami informasi jika desain memiliki hirarki informasi jelas.

Hirarki dalam desain tidak hanya membantu untuk memahami informasi tetapi juga sebagai navigasi pembacaan informasi. Ukuran-ukuran teks yang berbeda ini akan memengaruhi urutan pembacaan informasi. Desain akan mudah dipahami oleh audiens, terutama dalam mengidentifikasi elemen-elemen penting. 

Baca juga: Elemen-elemen untuk Merancang Visualisasi dengan Menarik

Penggunaan Gambar yang Relevan

Menciptakan Desain grafis yang Mudah Dipahami Oleh Audiens

Desain yang menggunakan gambar atau ilustrasi sederhana yang mendukung pesan akan membantu audiens untuk memahami desain. Penting untuk memilih jenis gambar atau ilustrasi yang bisa relevan dengan pesan dan tujuan desain. Gambar dan ilustrasi bisa membantu menarik perhatian dan bisa memperjelas pesan yang disampaikan. 

Pemilihan Warna yang Tepat

Pilih warna desain yang bisa membuat desain lebih mudah dipahami oleh audiens. Warna tidak boleh berlebihan atau menggunakan terlalu banyak variasi warna agar desain tetap sederhana. Kegunaan palet warna yang sesuai dan memiliki kontras yang cukup, sehingga elemen akan mudah dibedakan dan bisa menyoroti informasi penting.

Fokus pada Tujuan Utama

Desain yang mudah dipahami audiens harus memiliki fokus utama. Hal ini agar desain bisa lebih mudah dipahami dan tidak menggunakan elemen berlebihan. Desain yang fokus pada tujuan utama hanya menggunakan elemen yang relevan dan penting saja. Audiens pun bisa fokus pada pesan yang ingin disampaikan. 

Penggunaan Ikon dan Simbol yang Dikenali

Audiens akan lebih mudah memahami desain yang menggunakan simbol atau ikon yang sudah umum digunakan. Sehingga audiens bisa langsung mengenali dan mengidentifikasi ikon tersebut.

Hal ini memungkinakn audiens untuk lebih mudah memahami pesan desain. Ikon atau simbol yang sudah sering digunakan akan membantu untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan efektif.

Baca juga: Tips Memilih Ikon atau Simbol Logo yang Mencerminkan Merek

KESIMPULAN

Desain grafis yang efektif menyampaikan pesan, biasanya memiliki tampilan desain yang mudah dipahami. Dengan mengikuti prinsip-prinsip tersebut akan membantu menciptakan desain yang mudah dipahami oleh audiens. Desain yang mudah dipahami biasanya sederhana, jelas dan tidak menggunakan elemen rumit dan berlebihan. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts