Membaca Karakter Brand dari Tipografi Logo Fashion

Brand fashion termasuk bidang bisnis dengan persaingan ketat sehingga desain logo harus dibuat beda agar membangun identitas yang kuat. Tipografi sering menjadi elemen utama dalam logo fashion, agar nama brand mudah diingat, untuk gaya tipografi dalam logo fashion bisa memiliki beragam karakter. Gaya tipografi dalam logo fashion dapat dimodifikasi dengan menarik tetapi juga harus tetap mudah dibaca serta berguna membangun karakter yang kuat.

Brand fashion yang bergantung pada kekuatan visual logo membutuhkan elemen visual yang sederhana tetapi berdampak. Tipografi dalam sebagian logo fashion memiliki peran penting dalam menciptakan kesan eksklusif dan premium. Style logo fashion kebanyakan menggunakan desain minimalis dengan tipografi minimalis agar relevan.

Analisis Karakter Tipografi dalam Logo Fashion

Setiap brand fashion dapat memiliki gaya tipografi berbeda untuk menciptakan kesan atau karakter yang unik sesuai identitas brandnya. Tipografi dalam logo fashion cukup bervariasi dari yang bergaya kaku, lembut, tebal, hingga tipis. Pemilihan gaya font akan disesuaikan karakter yang ingin dibangun oleh brand:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Logo AnnieThing

Membaca Karakter Brand dari Tipografi Logo Fashion

Tipografi yang digunakan: 

Style logo fashion ini menggunakan gaya logo inisial dengan gaya font tipis dan halus. Font pada huruf inisial memiliki gaya huruf kapital dan jenis font serif yang elegan dan memiliki garis lembut. Sementara font nama brand menggunakan gaya font script dengan style tulisan tangan yang bersambung dan tipis.

Kesan yang diciptakan:

Elegan dan Personal: Penggunaan gaya font script dalam logo fashion tersebut menciptakan kesan personal, dekat, dan unik.

Fleksibel dan Modern: Kombinasi font serif tipis dan script yang juga tipis menciptakan gaya desain logo modern yang tampak klasik.

Fashionable dan Artistik: Kombinasi kedua font ini cocok untuk membuat brand fashion yang ingin terlihat eksklusif, artistik, dan membangun personal branding.

Karakter yang tercipta: 

Desain logo dengan gaya tipografi serif dan script ini menggambarkan brand yang ingin menampilkan sisi elegan namun tetap dekat dengan pelanggan. Seakan ada sentuhan pribadi dari desainer ke konsumen.

Logo Rasaraya Batik

Membaca Karakter Brand dari Tipografi Logo Fashion

Tipografi yang digunakan: 

Desain logo untuk brand fashion memiliki gaya tipografi script dengan huruf bersambung. Font script memiliki gaya huruf tebal dan melengkung lembut. Gaya huruf yang agak tebal membuat nama brand lebih mudah dibaca dibandingkan font tipis.

Kesan yang diciptakan: 

Tradisional dan Hangat: Gaya huruf yang seperti tulisan tangan klasik tersebut menghubungkan budaya dengan fashion, cocok untuk batik.

Natural dan Ramah: Gaya huruf tidak tampak kaku dengan gaya huruf tulisan tangan sehingga menciptakan kesan ramah dan penuh kehangatan.

Artisan dan Heritage: Style logo fashion batik dengan font script akan menegaskan jika brand berakar pada nilai dan tradisi dan craftmanship.

Karakter brand yang tercipta: 

Tipografi script tebal ini memberikan citra brand yang menggabungkan unsur modern dengan akar tradisional, menonjolkan keaslian produk batik, dan nilai budayanya.

Baca juga: Variasi Tipografi Script dalam Berbagai Logo Brand

Logo NVEIGHT

Tipografi yang digunakan: 

Desain logo fashion modern juga banyak yang menggunakan tipografi bergaya kaku atau geometris, tidak selalu elegan. Logo fashion ini memiliki font sans serif bergaya modern, tegas, dan geometris. Font sans serif dalam logo memiliki gaya huruf geometris, huruf kapital, dan tebal, gaya font ini harmonis dengan simbol inisial geometris yang digunakan.

Kesan yang diciptakan: 

Modern & Minimalis: Gaya font sans serif dalam logo fashion ini menciptakan visual yang bersih, futuristik, dan sederhana. Tipografi modern ini cocok untuk brand fashion modern.

Kuat dan Profesional: Gaya huruf yang lurus dan tegas menciptakan kesan brand yang stabil, profesional, dan berani.

Unisex & Universal: Tipografi ini tidak condong ke gaya font feminim maupun maskulin, lebih universal sehingga brand fashion dapat menjangkau target pasar lebih kuat.

Karakter brand yang diciptakan:

Tipografi yang digunakan dalam logo ini menciptakan karakter brad fashion modern, urban, dan berorientasi pada gaya hidup dinamis. Style tipografi dalam logo fashion cocok untuk mencerminkan fashion streetwear dan casual premium.

Logo Mood Girl Fashion

Analisis Visual dan Karakter dalam Gaya Desain Logo Perempuan

Tipografi yang diciptakan: 

Logo fashion ini juga menggunakan style logo inisial dengan gaya tipografi serif yang elegan. Ikon inisial dan tipografi utama sama-sama menggunakan gaya serif elegan dan bergaya sederhana. Font serif elegan terlihat harmonis dengan warna pink untuk mencerminkan fashion perempuan.

Kesan yang diciptakan: 

Feminim dan Glamor: Penggunaan jenis font serif yang memiliki gaya huruf bersih dan warna pink ini akan memberi kesan anggun, stylish, dan feminim.

Eksklusif dan Mewah: Font serif dalam logo ini memiliki gaya huruf tipis dengan detail serif yang memberi sentuhan luxury seperti brand high-fashion.

Trendy dan Youthful: Style font serif elegan memiliki warna pink cerah sehingga membuat brand memiliki kesan lebih youthful, cocok untuk remaja hingga dewasa muda.

Karakter yang tercipta: 

Tipografi serif elegan akan membuat brand fashion memiliki karakter yang modis, feminim, dan trendy. Brand fashion dengan font ini akan memiliki daya tarik yang mewah tetapi juga menyenangkan.

Baca juga: Style Desain Logo Fashion Muslimah: Elegan dan Premium

Bagaimana Logo Fashion Menciptakan Kesan Eksklusif dan Premium?

Pada kebanyakan desain logo fashion dunia, style logonya memiliki desain yang sederhana agar menciptakan kesan mewah. Untuk menciptakan kesan eksklusif dan premium pada brand fashion, elemen visualnya harus dipilih dengan bijak. Perhatikan beberapa hal ini jika ingin menciptakan logo fashion yang dapat menciptakan kesan mewah:

Kesederhanaan yang Elegan

Brand fashion yang memiliki kualitas premium akan menggunakan gaya desain yang sederhana namun berkesan mewah. Style logo yang sederhana tetapi premium seperti desain logo channel dengan huruf inisial CC yang saling bertautan tetapi tetap jelas. Style ini akan tampil sederhana namun membuat brand mudah dikenali sehingga berkesan eksklusif dan tidak murahan.

Pemilihan Tipografi yang Kuat

Logo yang terlihat eksklusif harus memiliki gaya tipografi yang akan memberi kesan kuat, misalnya font serif klasik akan menonjolkan kesan anggun dan tradisi. Jika menggunakan font sans serif modern pada logo fashion akan memiliki nuansa bersih, modern, dan tegas. Dengan menggunakan tipografi sederhana dengan gaya huruf rapi dan berkarakter kuat akan menciptakan kualitas tinggi.

Baca juga: Alasan Sering Memilih Font Serif Elegan dalam Logo Inisial

Simbol Ikonik dan Abadi

Logo fashion juga memiliki simbol atau ikon yang ikonik untuk mencerminkan identitas bisnis. Banyak logo fashion dunia tidak hanya mengandalkan nama tetapi juga ukon yang sederhana dan mudah dikenali.

Contohnya ikon kuda pada brand hermes dan hewan puma untuk brand Puma. Desain yang simbol yang memiliki style desain siluet akan menciptakan kesan eksklusif, terutama karena tombol tidak akan mudah ditiru dan melekat pada identitas brand.

Penggunaan Warna Monokrom dan Netral

Tidak hanya desain logo fashion yang minimalis dan bersih yang membuat brand fashion memiliki kesan eksklusif dan mewah. Tetapi juga karena memiliki pemilihan warna monokrom dan netral. Banyak brand fashion yang menggunakan warna hitam, emas, dan kombinasi monokrom agar brand fashion berkesan modern, mewah, dan eksklusif.

Memiliki Asosiasi dengan Heritage dan Storytelling

Banyak brand fashion dunia mengaitkan logo mereka dengan cerita sejarah, warisan, dan filosofi brand fashion mereka. Contohnya desain logo Louis Vuitton yang dikenal dengan logo inisial yang mencerminkan keahlian kulit prancis. Style logo yang berkaitan dengan budaya tidak hanya simbol melainkan warisan budaya dan kualitas tinggi yang tidak dimiliki semua orang.

Kesimpulan

Dari beberapa desain logo fashion tersebut, dapat disimpulkan jika brand fashion bisa menggunakan berbagai gaya tipografi untuk mencerminkan karakter yang berbeda. Tipografi pada brand fashion dapat menggunakan gaya font geometris, font script, hingga font handwriting. Setiap tipografi dapat menciptakan karakter yang berbeda untuk jenis fashion berbeda pula, sehingga perlu dipilih dengan bijak.

Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.

Related posts