Desain grafis memiliki banyak manfaat ketika digunakan dalam berbagai bidang termasuk untuk pemasaran. Pada desain untuk pemasaran, desain grafis memiliki peran penting untuk menarik perhatian konsumen pada produk atau layanan tertentu. Desain pemasaran memiliki sejumlah komponen dan elemen yang menyusun desain agar efektif untuk menarik perhatian.
Ketika ingin membangun mengenalkan produk atau layanan pada publik, penggunaan desain grafis akan membantu dalam menciptakan tampilan yang menarik. Desain pemasaran sendiri merupakan cara menerapkan berbagai informasi tentang identitas merek, produk, email, situs website dan lainnya untuk dipromosikan. Penciptaan desain pemasaran harus dibuat sesuai tujuan yang ingin dicapai.
TUJUAN DESAIN PEMASARAN
Penggunaan desain pemasaran dalam berbagai bentuk pada berbagai media dan platform akan membutuhkan jenis desain yang berbeda1. Beberapa tujuan desain pemasaran disesuaikan dengan kebutuhan merek berikut ini:
Menarik Perhatian Audiens
Desain pemasaran harus dibuat memiliki visual yang menarik agar bisa menarik perhatian audiens. Tujuan utama dari pemasaran adalah memikat konsumen pada sesuatu yang dipromosikan, dengan menggunakan elemen-elemen desain yang menarik secara visual. Jika desain terlihat menarik, audiens akan tertarik untuk membaca informasi lain dalam desain pemasaran.
Desain yang menarik akan efektif untuk memasarkan produk pada audiens, memungkinkan untuk membuat audiens tertarik membeli. Biasanya audiens akan tertarik pada desain pemasaran yang memiliki layout menarik atau elemen yang unik. Pemilihan elemen untuk tujuan desain pemasaran yang menarik perhatian harus dipilih dengan bijak.
Membangun Identitas Merek yang Kuat
Desain pemasaran umumnya akan memuat elemen identitas merek untuk membangun kesadaran merek yang kuat. Penggunaan elemen identitas merek seperti logo, warna, dan tipografi akan membuat desain terlihat relevan. Semua desain pemasaran biasanya akan memuat elemen identitas merek untuk membangun branding.
Itulah mengapa penting menggunakan elemen identitas merek pada semua jenis desain untuk pemasaran. Sehingga efektif untuk membangun kesadaran merek yang kuat karena penggunaan yang konsisten. Desain pemasaran yang terkait dengan merek tertentu ini bisa membantu untuk membangun kesadaran merek yang kuat.
Meningkatkan Penjualan
Desain pemasaran memang ditujukan untuk memasarkan produk dengan tampilan visual menarik. Jika desain pemasaran memasarkan produk atau layanan, maka desainnya bisa difokuskan untuk menonjolkan kelebihan produk atau layanan. Audiens bisa tertarik membaca promo atau informasi terkait produk jika desainnya tampil menarik.
Baca juga: Desain Pemasaran: Perbedaan Brosur, pamflet dan Leaflet
Desain grafis bisa membantu konten pemasaran efektif meningkatkan penjualan jika dirancang dengan bijak. Misalnya dengan memfokuskan kelebihan produk dari merek lainnya, atau penggunaan konten manfaat produk yang unik. Desain yang menarik dan jelas informasinya akan efektif untuk meningkatkan ketertarikan konsumen pada produk.
KOMPONEN PENTING DALAM DESAIN PEMASARAN
Ketika ingin menggunakan desain pemasaran yang efektif penting untuk tahu komponen-komponen apa saja yang penting dalam desain pemasaran. Sementara itu desain pemasaran sendiri memiliki jenis yang beragam. Komponen desain pemasaran secara umum, terdiri dari produk, harga, Informasi, pesan produk, dan identitas merek2.
Foto Produk
Ketika memasarkan sesuatu berarti harus ada produk, produk bisa berupa barang atau layanan. Bisa juga sesuatu yang dihasilkan oleh merek atau suatu bisnis. Jika tujuan utama adalah pemasaran maka produk harus tampil jelas dalam desain grafis pemasaran. Penggunaan gambar atau foto produk harus terlihat jelas dalam desain.
Biasanya foto produk harus berkualitas tinggi agar terkesan profesional. Umumnya pengambilan foto produk memiliki teknik atau display tersendiri agar tampil menarik. Foto tidak hanya bertujuan membuat produk terlihat jelas tetapi juga tampil menarik perhatian konsumen.
Harga
Dalam desain pemasaran yang bertujuan memasarkan produk atau layanan, informasi harga harus tercantum dengan jelas. Beberapa desain pemasaran sering tidak mencantumkan harga karena ingin membuat konsumen penasaran. Tetapi hal seperti justru bisa membuat konsumen menjadi malas dan mengurangi daya tarik desain kemasan.
Cantukan informasi harga dengan jelas, jika desain pemasaran bertujuan mempromosikan produk. Pastikan informasi terbaca dengan jelas dan mudah ditemukan oleh audiens, sehingga menyampaikan informasi dengan efektif. Terkadang informasi harga akan dicantumkan dengan mencolok sehingga menciptakan mudah terlihat dan menjadi titik fokus audiens.
Baca juga: Cara Memilih Warna untuk Desain Pemasaran yang Efektif
Informasi Produk
Dalam desain pemasaran yang bertujuan memikat konsumen, penting untuk menunjukkan kelebihan atau manfaat dari produk. Ini akan membantu meyakinkan konsumen pada produk atau layanan yang dipromosikan. Cantumkan informasi singkat yang bisa menunjukkan kelebihan dari produk jika dibandingkan merek yang lain.
Informasi singkat dengan bahasa yang menarik dapat memikat audiens untuk membeli produk atau layanan. Informasi dalam desain kemasan bisa membuat manfaat produk, kelebihan produk, hingga kualitas bahan yang digunakan. Selain itu gunakan kalimat atau kata yang menarik untuk memikat audiens.
Ketika menempatkan informasi terkait manfaat atau kelebihan produk jangan menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Buat kalimat yang singkat namun menarik, tambahkan elemen seperti ikon jika diperlukan.
Pesan Produk
Untuk membuat desain kemasan semakin menarik biasanya juga terdapat pesan produk yang menarik. Biasanya ini berupa slogan, tagline dan CTA, kalimat slogan tagline bisa menarik perhatian audiens. Gunakan slogan yang unik untuk menarik minat konsumen pada desain pemasaran.
Selain slogan dengan bahasa yang menari, biasanya desain pemasaran akan memiliki tagline khusus untuk produk tersebut. Jika slogan merujuk pada merek secara keseluruhan, maka tagline biasanya dibuat merujuk pada produk tersebut. Sementara CTA atau call to action ini bertujuan untuk mengajak audiens melakukan tindakan langsung.
Baca juga: 7 Elemen Utama dalam Identitas Merek, Wajib Brand Miliki
Identitas Merek dan Logo
Dalam desain pemasaran penting juga untuk menggunakan identitas merek sehingga audiens mudah mengidentifikasi produk merek. Penggunaan identitas merek yang konsisten juga efektif untuk membangun kesadaran merek. Desain identitas merek ini terdiri dari logo, warna merek, tipografi, beserta gambar dan ikon.
Elemen seperti logo sangatlah wajib ada pada desain pemasaran sehingga audiens bisa tahu siapa yang sedang berpromosi. Sementara itu elemen identitas merek seperti warna dan gaya tipografis juga harus digunakan dengan konsisten. Ini penting untuk membangun identitas merek yang kuat dan memudahkan audiens mengidentifikasi merek.
Elemen warna dan gaya tipografi harus sesuai identitas merek yang digunakan pada logo sehingga terlihat relevan. Selain itu dalam desa pemasaran seringkali logo akan digunakan dalam skala warna hitam putih agar terlihat jelas.
KESIMPULAN
Dalam membangun desain pemasaran yang menarik perhatian penting untuk mengatur komponen-komponen penting desain pemasaran. Desain yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan, haruslah memiliki tampilan menarik dan memikat. Penggunaan komponen desain pemasaran yang bijak dan sesuai kebutuhan akan efektif untuk mempromosikan produk atau layanan serta membangun identitas yang kuat.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- Nandy. (2021). Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Contohnya. Diambil dari https://www.gramedia.com/literasi/strategi-pemasaran/ ↩︎
- Stephan, Biara. (2023). Desain Pemasaran: Panduan Lengkap Untuk Menyegarkan Situs Anda. Diambil dari https://www.gramedia.com/literasi/strategi-pemasaran/ ↩︎