Pentingnya Penggunaan Slogan Untuk Branding Bisnis

0
(0)

Pernahkah kamu saat melihat dan membaca suatu merek kemudian teringat dengan slogannya. Penting sekali untuk bisnis memiliki slogan demi meningkatkan branding yang kuat pada pelanggan.

Contohnya saat kamu ditanya tentang slogan indomie kamu pasti akan langsung teringat kata ‘indomie seleraku‘. Salah satu yang diingat oleh orang Indonesia karena singkat, padat dan cukup memikat.

Slogan sendiri adalah kalimat atau beberapa kata yang digunakan sebagai motto dari sesuatu baik, merek, acara maupun organisasi tertentu. Untuk bisnis sendiri slogan berperan dalam menciptakan branding yang kuat.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Jika suatu bisnis memiliki slogan dapat membantu menarik perhatian konsumen serta meninggalkan identitas yang kuat di benak pelanggan. Dalam artikel ini kita akan membahas pentingnya slogan dalam membangun branding dan identitas merek bisnis.

BEBERAPA ALASAN MENGAPA PENTING MEMILIKI SLOGAN DALAM BISNIS

  • Mengkomunikasikan pesan merek
  • Membangun Identitas
  • Mudah mengingat merek
  • Membedakan dengan pesaing
  • Meningkatkan pengenalan merek
  • Meninggalkan citra positif
  • Menciptakan pasar yang konsisten
  • Fokus pada nilai dari pelanggan

Mengkomunikasikan Pesan:

Slogan dapat membantu merek untuk mengkomunikasikan pesan kepada banyak pelanggan. Pesan dan nilai pada slogan harus sesuai dengan citra perusahaan.

Contohnya slogan Le Mineral yaitu ‘kayak ada manis-manisnya gitu‘, pada slogan ini kata manis ini merepresentasikan produk yang mengklaim memiliki rasa manis.

Kalimat yang sederhana tersebut, mudah diingat dan telah berhasil mengkomunikasikan pesan sesuai dengan nilai merek.

Membangun Identitas Merek:

Penggunaan slogan pada suatu merek dapat membantu menciptakan identitas yang kuat. Selain itu slogan bertujuan untuk memberikan kesan melekat di benak para konsumen.

Dengan membangun identitas akan membuat orang ingat ciri khas bisnismu. Contohnya pada slogan teh botol sosro ‘apapun makannya, minumnya teh botol sosro‘ kalimat meninggalkan kesan identitas yang kuat.

Ini menunjukkan identitas yang kuat teh botol sosro sebagai minuman yang cocok disandingkan dengan makanan apapun.

Mudah mengingat merek:

Kamu perlu memilih atau membuat slogan yang mudah diingat sehingga pelanggan akan mudah mengingat merek bisnismu. Bisa juga dilakukan dengan cara meletakkan merek pada slogan.

Contohnya pada slogan Tolak angin ‘orang pintar minumnya tolak angin‘ slogan ini memberikan orang pintar pasti akan memilih produk tersebut. Penyebutan merek pada slogan akan membuat orang mudah mengingat merek tersebut.

Membedakan dengan pesaing:

Bisnis memiliki banyak pesaing di mana-mana terkadang banyak pula produk yang mirip. Untuk itu penting memiliki slogan yang unik agar bisnis diingat oleh konsumen diantara banyaknya pesaing.

Contohnya merek minuman terdapat banyak sekali produknya di pasaran sehingga perlu slogan seperti milik Nutrisari untuk membedakan yaitu ‘jeruk kok makan jeruk‘.

Slogan tersebut cukup ikonik dalam melekat di masyarakat, sering juga dijadikan meme di sosial media. Hal ini membantu dalam memasarkan produk dan membuat produk menonjol di tengah banyak merek.

Meningkatkan pengenalan merek:

Untuk produk yang memiliki slogan terkenal, biasanya ini akan efektif dijadikan sebagai alat untuk mengenalkan produk lebih luas dan menjangkau banyak orang.

Meninggalkan citra positif:

Terkadang slogan juga membantu untuk memotivasi dan meningkatkan citra merek yang positif kepada konsumen. Ketika slogan bisa memotivasi konsumen ini juga meningkatkan ikatan emosional pada pelanggan.

Contohnya pada slogan ‘just do it’ milik merek brand Nike, slogan memberikan pesan positif kepada pelanggan untuk melakukan sesuatu tanpa banyak berpikir. Sekian itu slogan ini sangat sesuai dengan citra dan nilai brand Nike yang menjual fashion sporty.

Menciptakan pasar yang konsisten:

Slogan juga membantu menjaga kestabilan pasar melalui berbagai pemasaran. Ketika slogan mudah diingat dan melekat di benak konsumen. Ini memudahkan mereka untuk memilih yang sudah mereka kenali daripada yang lain.

Fokus pada nilai dari pelanggan:

Slogan juga membuat nilai-nilai yang ingin disampaikan merek pada konsumen. Hal ini dapat menciptakan hubungan yang erat antara merek dan pelanggan.

Perlu digaris bawahi jangan fokus menciptakan slogan yang sederhana atau unik. Penting pula memastikan slogan yang dipilih bisa mencerminkan nilai-nilai merek yang ingin dikomunikasikan kepada para konsumen.

Untuk memilih slogan penting kamu memperhatikan target pasar dan melakukan riset tren. Agar slogan tetap relevan dari masa ke masa. Buatlah slogan yang bijak namun mudah diingat.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo segera hubungi kami jasalogo.id dan tawaran promo menarik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts