Karakteristik Logo Perusahaan Digital yang Canggih dan Modern

Memulai bisnis milikmu sendiri terutama dalam perusahaan digital yang terus semakin digemari dan semakin populer tentunya akan menarik. Namun untuk menciptakan logo yang menarik penting untuk paham karakteristik dari gaya desain logo perusahaan digital agar berkesan canggih dan terpercaya. Logo perusahaan digital umumnya akan memiliki karakteristik logo yang kreatif, merepresentasikan visi-misi hingga tampil relevan dan canggih. 

Karakteristik Logo Perusahaan Digital yang Canggih dan Modern

Karakteristik logo design dalam industri digital biasanya dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan media digital. Kali ini kita akan membahas beberapa tips dan karakteristik dalam menciptakan logo perusahaan digital yang canggih dan menarik. Termasuk dalam pemilihan elemen visual yang relevan dengan media digital dan perusahaan digital. Berikutt beberapa tips membuat logo perusahaan teknologi digital yang berkesan canggih:

Gunakan Format Logo yang Sesuai

Logo perusahaan digital kebanyakan dibuat untuk berfokus pada penggunaan media digital agar mudah membangun identitas yang kuat. Desain logo harus merepresentasikan identitas, esensi dan pesan dari perusahaan digital tersebut, apakah profesional, terpercaya atau canggih. Media digital yang digunakan juga akan memengaruhi tampilan logo sehingga perlu disimpan dalam format logo yang tepat. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Umumnya pilihan format desain logo akan berupa SVG, PNG, JPG hingga PDF, berbagai format akan digunakan untuk berbagai kebutuhan jenis desain berbeda. Perusahaan digital biasanya akan memaksimalkan website, aplikasi dan media sosial untuk merepresentasikan identitas brand. Elemen visual dan bentuk logo harus tampil konsisten dan menarik pada berbagai kebutuhan tersebut. 

Baca juga: Kelebihan Menggunakan PDF untuk Format Desain Grafis

Desain Logo harus Responsif

Tak hanya perlu memiliki format logo yang tepat agar mudah digunakan pada berbagai desain media digital, logo perusahaan digital juga harus responsif pada semua media digital. Jika perusahaan digital memiliki aplikasi dan laman website, maka setidaknya bentuk logo harus konsisten untuk aplikasi maupun website. Terkadang tema gelap dan terang bisa membuat logo tampil beda, pastikan logo responsif pula pada hal ini. 

Beberapa variasi logo bisa dibuat memiliki animasi pendek misalnya untuk proses loading aplikasi dan website sehingga tampil menarik. Pastikan untuk menciptakan logo yang bisa responsif dan kompatibel untuk berbagai platform. Ukuran dan kualitas desain logo juga bisa memperlambat proses loading aplikasi dan website, pertimbangkan hal ini juga. 

Menggunakan Ikon Logo yang Merepresentasikan Digital

Karakteristik Logo Perusahaan Digital yang Canggih dan Modern

Dalam meningkatkan daya tarik desain logo untuk perusahaan digital, gunakan ikon logo yang bisa merepresentasikan identitas merek digital. Perusahaan digital biasanya akan memiliki logo dengan kesan canggih dan modern karena efektif merepresentasikan bidang digital. Ketika memilih ikon logo pertimbangkan untuk menyesuaikan juga dengan audiens perusahaan digital tersebut. 

Misalnya perusahaan digital dalam bidang keuangan atau finansial bisa memanfaatkan ikon logo gambar yang digital yang unik. Kebanyakan logo dalam bidang digital menggunakan bentuk sederhana sehingga mudah tampil menarik. Karakteristik lain dari logo perusahaan digital terletak pada penggunaan ikon logo inisial nama merek. 

Gunakan Font atau Tipografi yang Relevan

Teknologi biasanya menjadi salah satu elemen penting yang perlu ditonjolkan dalam desain logo perusahaan digital. Penggunaan elemen visual seperti font dan tipografi bergaya modern dan teknologi canggih akan berguna menciptakan desain yang relevan. Melalui desain logo pemilihan gaya tipografi yang tepat akan merepresentasikan identitas brand dengan baik. Perhatikan beberapa hal ini dalam memilih tipografi untuk perusahaan digital:

Pilih tipografi yang mencerminkan kesan modern dan canggih. Biasanya font yang bersih dan sederhana cukup populer untuk kebutuhan logo modern. Gaya font sans serif yang tebal, tajam dan tegas banyak dipilih mencerminkan logo perusahaan digital. 

  • Gunakan font ramping dan tajam, pilih gaya kontemporer yang populer saat ini. Font Montserrat dan DM sans salah satu yang populer dalam gaya modern. 
  • Perusahaan digital sering menggunakan font helvetica dan montserrat karena mudah beradaptasi dengan media digital. 
  • Gunakan gaya font futuristik yang berkesan canggih. Font patah-patah atau memiliki dekorasi garis putus-putus akan relevan. 

Baca juga: Font Condensed untuk Tema Desain Futuristik dan Brand Modern

Palet Warna Berkesan Canggih dan Profesional

Jenis Warna Gradien: Keberagaman Gradien untuk Desain Menarik

Untuk desain logo perusahaan digital karakteristik warna yang digunakan sering kali menggunakan warna netral atau warna yang berkesan profesional. Beberapa warna yang identik dengan perusahaan digital biasanya warna biru, gradien dan warna hitam. Selain itu pilihan warna lain bisa digunakan menyesuaikan identitas merek yang ingin disampaikan. Beberapa contoh lainnya seperti:

Mencampurkan Warna Cerah dan Berani

Beberapa warna perusahaan digital banyak yang berani mengkombinasikan warna cerah dan berani seperti merah dan biru. Hal ini bertujuan agar logo mudah menarik perhatian dan menonjol di antara banyaknya perusahaan digital. 

Warna yang Membangkitkan Energi dan Minimalis

Logo perusahaan sebaiknya berfokus menarik perhatian terutama ditengah keramaian agensi digital, untuk itu butuh warna yang membangkitkan energi seperti warna kuning atau orange. Warna juga harus berfokus agar tetap sederhana dengan menggunakan warna solid, sehingga logo minimalis dan mudah digunakan. 

Warna tampil Canggih

Beberapa warna populer untuk menciptakan kesan canggih pada logo perusahaan digital seperti warna neon dan biru. Warna neon seperti hijau neon, biru neon hingga pink neon sering digunakan sebagai warna tema perusahaan digital pada desain website dan aplikasi. Penggunaan warna gradien juga populer untuk menciptakan logo bergaya canggih dan modern. 

Simbol dan Ikon Unik

Brand digital juga akan menarik jika memiliki ikon logo yang unik berupa simbol abstrak atau simbol gambar tertentu. Bentuk simbol yang bisa merepresentasikan teknologi canggih akan efektif menciptakan desain yang menarik. Beberapa perusahaan digital banyak yang menggunakan logo abstrak sederhana dari simbol geometris yang diciptakan sendiri. 

Makna dan pesan dari simbol yang dibuat canggih dan tajam bisa dibuat perusahaan untuk menyesuaikan identitas brand. Beberapa simbol populer adalah ikon bola dunia, jaringan atau sirkuit yang saling terhubung, hingga simbol gerigi yang populer. Beberapa simbol tersebut dapat merepresentasikan brand perusahaan digital yang canggih. 

Bentuk simbol yang sederhana akan efektif merepresentasikan kepercayaan dan kesan profesional. Selain itu bentuk sirkuit yang terhubung menunjukkan perusahaan yang memiliki konektivitas dengan teknologi. 

Baca juga: 7 Simbolis Ikon dalam Desain Logo

Elemen Grafis yang Canggih

Karakteristik Logo Perusahaan Digital yang Canggih dan Modern

Tak hanya simbol dan warna, karakteristik logo perusahaan digital dapat terlihat dari pemilihan elemen-elemen visual lainnya. Dalam desain branding dan logo, ada beberapa elemen visual seperti gambar grafis untuk mendukung desain branding. Pilih gambar grafis yang selaras dengan citra perusahaan digital agar merepresentasikan identitas merek dengan baik. 

Beberapa grafis khas desain perusahaan digital seperti penggunaan gambar garis-garis bersih, bentuk geometris, dan desain gambar yang minimalis. Jika menggunakan gambar kartun atau karakter, brand digital akan cocok dengan gaya minimalis. Selain ruang negatif yang luas akan menciptakan tampilan minimalis dan bersih sehingga cocok untuk logo digital. Terkadang ada tambahan efek visual yang halus akan efektif menciptakan efek kedalaman visual. 

Desain Logo yang Memunculkan Inovasi dan Transformasi

Salah satu tips penting dalam menciptakan logo perusahaan digital yang relevan dan canggih adalah kemampuan desain logo tampil inovatif dan transformatif. Perusahaan digital umumnya tampil sederhana dan canggih karena agar terus relevan dari waktu ke waktu. Dengan memerhatikan beberapa hal ini logo perusahaan digital akan tampil inovatif dan transformatif, seperti:

  • Menggunakan Simbol Pertumbuhan
  • Kembangkan Estetika Modern, seperti font futuristik, simbol modern dan gaya minimalis. 
  • Menciptakan Logo Sederhana dan Timeless
  • Eksperimen dengan Tata Letak Elemen Logo
  • Gunakan Transisi Visual Seperti Animasi
  • Fokus pada Bentuk Sederhana dan Kejelasan

Beberapa hal tersebut akan membantu menciptakan karakteristik logo perusahaan digital yang inovatif, transformatif dan canggih. Gaya desain yang menarik dan relevan akan mempertahankan relevansi logo dalam waktu yang lama. 

KESIMPULAN

Untuk menciptakan logo perusahaan digital yang menarik pastikan menggunakan elemen visual yang relevan dengan karakteristik brand digital. Karakteristik umum logo agensi digital adalah tampilan visual yang bersih, sederhana, modern dan berkesan canggih. Tak hanya itu elemen visual yang dipilih juga perlu sesuai kebutuhan desain dan media digital perusahaan agar relevan dan fleksibel. Pastikan menciptakan logo yang tak hanya canggih tetapi bisa beradaptasi pada media digital. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.