Membedah Desain Grafis Bertema Film untuk Beragam Kebutuhan 

Untuk menciptakan desain konten grafis berupa poster atau sekedar postingan media sosial gunakan tema yang menarik seperti film. Biasanya desain bertema film digunakan untuk poster nonton bareng, diskusi film, atau konten review film untuk media sosial. Desain grafis yang bertema film akan memerlukan beberapa elemen yang bisa menggambarkan isi konten dengan baik. 

Membedah Desain Grafis Bertema Film untuk Beragam Kebutuhan 

Agar audiens tertarik untuk membaca konten atau informasi dalam desain, gunakan tema yang sesuai dengan isi konten. Hal ini akan memudahkan audiens mengenali sisi konten bahkan sebelum membaca judul atau deskripsi. Desain bertema film biasanya akan memiliki elemen khas seperti strip film, old kamera dan popcorn.

Elemen tersebut cukup familiar dengan film, sehingga sebelum membaca informasi secara menyeluruh audiens bisa tahu jika desain ini membahas film. Tema film ini banyak digunakan untuk membuat konten review film, rekomendasi film, atau poster untuk nonton bareng. Desain dengan tema ini juga digunakan sebagai tema untuk aplikasi atau desain website untuk merek terkait film. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

ELEMEN DESAIN GRAFIS BERTEMA FILM

Dalam menciptakan desain grafis bertema film, gunakan beberapa elemen yang khas untuk memudahkan desain dikenali oleh audiens. Berikut beberapa elemen desain bertema film yang khas:

Strip atau Bingkai Film

Membedah Desain Grafis Bertema Film untuk Beragam Kebutuhan 

Salah satu yang menjadi ciri khas dan paling mudah dikenali adalah strip film dari gulungan film. Ini bisa digunakan untuk dekorasi atau bingkai foto yang bisa memberikan kesan estetik dan menarik. Sebagai bingkai konten ini akan memberikan tampilan yang menarik dan menggambarkan film dengan baik.

Terkadang dalam desain poster bertema film akan menggunakan beberapa kotak strip film yang akan diisi dengan beberapa foto agar terlihat lebih menarik. Sebagai dekorasi bingkai film yang berwarna hitam ini akan terlihat vintage dan unik. Audiens bisa otomatis mengenali strip film ketika digunakan dalam desain grafis. 

Baca juga: Meninjau Elemen-elemen Kunci dalam Desain Poster Efektif

Bingkai Sinematik Hitam

Selain strip film dekorasi dan bingkai foto, ada juga elemen bingkai sinematik yang sering digunakan untuk memberikan efek dramatis pada desain. Elemen ini sebenarnya identik dengan desain yang bertema retro atau vintage. Tampilan bingkai ini berupa pinggiran hitam yang sedikit pudar untuk memberikan sorotan pada bagian tengah.

BIngkai sinematik berwarna hitam ini dapat memberikan efek dramatis pada desain poster, terkadang sering digunakan untuk memberikan suasana duka atau kenangan. Selain untuk desain bertema film elemen bingkai sinematik warna hitam ini dapat digunakan pada desain bertema retro. Penggunaannya pada desain poster akan membantu memberikan sorotan pada ruang tengah yang berisi judul atau informasi penting. 

Gambar Old Camera Film

Membedah Desain Grafis Bertema Film untuk Beragam Kebutuhan 

Untuk mendukung desain yang bertema film gunakan gambar old camera film, kamera film sekaran dan jaman dulu berbeda. Kamera jadul untuk film cenderung lebih unik dan memberikan suasana vintage. Untuk kebutuhan desain era ini penggunaan kamera film jadul ini cocok juga untuk desain bertema retro.

Bentuk kamera jadul lebih efektif untuk dikenali oleh audiens untuk mencerminkan film daripada kamera saat ini. Gambar kamera jadul ini sering digunakan untuk dekorasi pada desain grafis yang membahas film. Bentuk gulungan film yang berada di atas kamera menjadikan bentuknya unik dan mudah dikenali. 

Baca juga: 8 Cara Menciptakan Efek Nyata pada Elemen Desain Grafis

Pop Corn

Ketika membicarakan soal film, salah satu yang juga menjadi ciri khas dan terlihat dalam pikiran pasti makanan khasnya yaitu popcorn. Desain grafis bertema film seringkali menambahkan makanan khas saat menonton film untuk dekorasi. Gambar atau ikon popcorn akan semakin mendukung pesan terkait film yang ingin disampaikan. 

Gambar popcorn biasanya berupa ilustrasi sederhana dengan kemasan garis-garis merah kuning khasnya. Gunakan sebagai dekorasi kecil atau gambar besar yang ditempatkan pada bagian tengah. Biasanya jika desain grafis untuk konten yang menggunakan elemen popcorn memberikan nuansa menyenangkan daripada yang tidak. 

Kacamata 3D

Elemen kacamata 3D ini juga menjadi ciri khas yang unik untuk desain bertema film. Biasanya ini akan cocok digunakan jika desain grafis membahas film yang untuk teater 3D. Kacamata ini memiliki warna merah dan biru, biasanya digunakan untuk menonton film tiga dimensi yang bisa memberikan efek nyata. Gunakan elemen untuk dekorasi pada desain grafis yang membahas film agar semakin menarik. 

Gambar Tiket

Tentu saja ketika menciptakan desain grafis dengan tema film, harus menambahkan elemen utama yang paling penting saat menonton film di bioskop yaitu tiket. Gunakan gambar tiket bioskop yang unik ini untuk dekorasi agar semakin menarik. Terkadang ikon tiket untuk menggambarkan harga untuk acara nobar atau pemutaran film. 

Elemen tiket juga seringkali digunakan sebagai tempat untuk menempatkan informasi lokasi dan acara. Gambar tiket bisa digunakan untuk mencerminkan tema film untuk poster festival film, nonton bareng hingga diskusi film. Elemen tiket juga bisa digunakan sebagai latar atau bingkai pada desain konten bertema film. 

Baca juga: Tips Menggunakan Elemen Visual Desain Grafis Musim Semi 

Clapper Board

Pasti kamu juga sudah tidak asing dengan clapper board yang digunakan oleh sutradara ketika membuat film. Clapper board ini digunakan untuk menunjukkan judul film, tanggal syuting, jumlah scene dan jumlah take yang sudah dilakukan. Gunakan gambar clapboard untuk dekorasi dalam desain grafis seperti poster yang bertema film.

Gambar clapper board yang berwarna hitam putih ini akan dapat digunakan untuk dekorasi yang menarik. Selain dekorasi gambar ini bisa digunakan sebagai layout untuk menampilkan informasi penting. Misalnya untuk poster untuk nonton bareng, informasi seperti date untuk tanggal acara diadakan, scene untuk informasi tempat dan take untuk waktunya. 

Efek Cahaya dan Bayangan

Desain yang bertema film tentunya juga identik dengan tampilan yang dramatis dengan efek cahaya dan bayangan. Biasanya ini digunakan untuk memberikan tampilan yang unik dan dramatis, efek bayangan dapat diterapkan pada teks judul berupa drop shadow agar unik. Sementara efek cahaya ini biasanya digunakan pada kamera jadul untuk memberikan kesan cahaya yang menyorot. 

KESIMPULAN

Ketika menciptakan desain grafis untuk promosi film, acara nonton bareng diskusi film, atau festival, gunakan elemen-elemen yang khas film. Elemen atau gambar yang digunakan akan membantu mendukung pesan yang ingin disampaikan. Gunakan beberapa elemen yang khas seperti strip film, kamera jadul, hingga efek bayangan yang menarik. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts