Faktor yang Memengaruhi Penentuan Ide dalam Desain

Ide dalam desain merupakan landasan utama dalam proses perancangan desain yang disesuaikan dengan tujuannya. Ide dan konsep dalam desain dapat dirancang dan dibuat berdasarkan hal apapun untuk menciptakan kreativitas baru. Namun biasanya terdapat beberapa faktor yang bisa memengaruhi penentuan ide dalam desain.

Faktor yang Memengaruhi Penentuan Ide dalam Desain

Untuk menentukan ide desain, ada banyak yang perlu dipertimbangkan, seperti efektivitas ide, kontek penggunaan hingga pesannya. Lebih dari itu ide harus menarik dan unik, jika tidak hal itu dapat memengaruhi efektivitas desain. Ide atau konsep yang menarik akan meningkatkan daya tarik visual dari desain dimata audiens.

Pemilihan ide desain juga bisa dipengaruhi dengan tren, kebutuhan audiens hingga fleksibilitas penggunaan. Memilih ide yang menarik yang baru dan unik bukanlah hal mudah, seorang desainer harus pandai melakukan eksplorasi ide. Hal ini karena ide dalam desain tidak muncul secara ajaib namun butuh proses karena memiliki beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

Read More

Memerhatikan faktor yang memengaruhi ide desain dapat dijadikan panduan dalam memilih ide yang kreatif. Beberapa faktor dalam desain haruslah membantu memudahkan desainer memilih ide yang kreatif bukanlah menjadi penghalang. Simak artikel ini yang mana membahas beberapa faktor yang memengaruhi proses pemilihan ide dan konsep dalam desain, sehingga menghasilkan ide kreatif dan inovatif.

Baca juga: Ide Konten Media Sosial untuk Membangun Branding Merek

Beberapa Faktor yang Memengaruhi Penentuan Ide dalam Desain

Penentuan ide untuk desain dalam konteks apapun termasuk materi pemasaran dan logo bukanlah hal mudah. Identitas merek, tujuan desain hingga pesan yang ingin disampaikan dapat memengaruhi ide desain. Berikut beberapa faktor yang memengaruhi penentuan ide untuk desain:

Tujuan dan Pesan Desain

Desain pastinya memiliki tujuan dan pesan yang akan disampaikan dalam desainnya. Menentukan ide untuk desain biasanya sangat dipengaruhi oleh faktor tujuan dan pesan. Ide desain yang merupakan landasan harus bisa menyampaikan tujuan dan pesan dari desain.

Faktor yang Memengaruhi Penentuan Ide dalam Desain

Untuk itu dalam menentukan ide atau konsep dari desainnya perlu memertimbangkan dengan bijak tujuan desainnya. Apakah untuk menyampaikan informasi, promosi produk atau membangun identitas merek. Pertimbangkan tujuannya agar ide yang dipilih bisa efektif menyampaikan tujuan utama dari desain.

Ide dan konsep yang dipilih untuk desain harus bisa menyampaikan dengan jelas dan mudah pesan dari desain. Terutama untuk desain pemasaran atau untuk mempromosikan sesuatu pesan harus jelas dengan ide yang menarik agar menjangkau audiens secara luas.

Konteks Penggunaan Desain

Ketika memilih ide dan konsep untuk desain, penting juga mempertimbangkan faktor penggunaan desain. Ide yang digunakan bisa saja tidak sesuai dengan konteks penggunaan dari desainnya. Desain yang akan digunakan untuk media cetak dan digital terkadang membutuhkan konsep yang berbeda agar desainnya bisa menarik perhatian.

Faktor yang Memengaruhi Penentuan Ide dalam Desain

Konsep ide desain yang seperti tiga dimensi mungkin akan kurang efektif jika diterapkan pada media cetak. Hal ini karena ada beberapa media cetak yang kurang efektif menampilkan desain 3D. Tampilan desain bisa kurang jelas dan tidak efektif untuk menyampaikan pesan.

Pilih konsep dan ide untuk desain yang disesuaikan dengan penggunaan seperti media cetak dan digital. Selain itu juga penggunaan dalam berbagai platform yang berbeda membutuhkan desain dengan ide yang berbeda pula.

Target Audiens dari Desain

Merancang ide dan konsep desain juga berarti harus memerhatikan siapa target audiensnya. Penting mengetahui apakah ide yang dipilih bisa sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens, sehingga bisa dipahami oleh mereka. Ide desain ini juga bisa memengaruhi apakah desain akan efektif menjangkau target audiens yang ditargetkan.

Ketika sudah menentukan audiens dari desain, mulai lakukan analisis untuk menemukan ide desain yang cocok dengan kriteria audiens. Hal ini seperti apakah yang disukai mereka, platform favorit, dan kebutuhan mereka. Termasuk juga mengetahui ketertarikan merek terkait tren desain.

Identitas Merek

Jika desain yang akan dibuat berkaitan dengan merek tertentu, misalnya desain logo, kemasan atau materi pemasaran, maka perlu mempertimbangkan faktor identitas merek. Ide desain yang akan digunakan harus bisa menyampaikan identitas merek dengan baik termasuk mempertimbangan nilai, tujuan hingga pesan merek. Hal ini bertujuan agar ide atau konsep yang digunakan merepresentasikan merek dengan baik.

Ide yang dipilih bisa memengaruhi pemilihan elemen desain yang terkait dengan desain identitas merek. Hal ini penting agar desainnya bisa berguna untuk membangun identitas merek dengan efektif. Untuk desain yang terkait merek, penting memilih konsep yang sesuai dengan identitas merek.

Baca juga: Inspirasi Gaya Desain Logo yang Unik

Kesederhanaan

Dalam desain pada umumnya kesederhanaan merupakan faktor penting untuk membuat desain efektif dalam branding. Kesederhanaan desain akan memudahkan audiens mengingat dan memahami pesannya. Ide dan konsep desain yang sederhana bisa terkait dengan penggunaan elemennya.

Ketika ingin memilih ide dan konsep desain, pertimbangkan kesederhanaan, kecuali untuk desain yang kompleks seperti ilustrasi. Meskipun begitu ilustrasi yang sederhana pun juga memiliki tampilan yang menarik. Ide desain yang rumit akan sulit untuk diterapkan dan mungkin butuh waktu yang lama.

Tren Desain dan Inovasi

Salah satu faktor yang paling memengaruhi ide desain adalah tren dalam dunia desain. Ide yang terinspirasi dari tren seringkali dipilih karena ingin terlihat relevan. Namun hal ini mungkin akan membuat desain tidak relevan ketika tren sudah berganti, desain akan ketinggalan zaman terutama untuk desain logo.

Ketika memilih ide yang berdasarkan tren penting memastikan untuk memodifikasi dengan lebih unik dan berbeda, agar desainnya menarik. Manfaatkan ide desain dari tren yang populer untuk mempromosikan produk, acara atau diskon. Desain yang menggunakan ide dari sebuah tren pastikan digunakan dalam jangka pendek bukan panjang.

Fungsional dan Kenyamanan Audiens

Ide desain yang digunakan untuk desain yang bisa diakses secara langsung oleh audiens bisa mempertimbangkan fungsionalitas dan kenyamanan audiens. Biasanya ide desain yang harus memberikan kenyamanan dalam penglihatan dan penggunaan.

Penggunaan warna yang nyaman untuk mata pada desain aplikasi atau web adalah salah satu contohnya. Sementara untuk fungsionalitas ini bergantung ini desain untuk kemasan, penting memilih ide atau konsep desain kemasan yang memudahkan penggunaan.

KESIMPULAN

Dalam merancang desain penting untuk memilih ide dan konsep desain yang menarik dan efektif untuk menyampaikan desain. Ada beberapa faktor yang memengaruhi dalam penentuan ide dan konsep desain. Faktor tersebut berguna agar desain bisa sesuai tujuannya, seperti identitas merek, tujuan desain, tren desain hingga konteks penggunaan. Pertimbangkan berbagai faktor tersebut agar ide desain bisa efektif untuk menarik perhatian.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts