Elemen Pendukung untuk Membuat Desain Lebih Menarik

Elemen desain berguna untuk menyusun tampilan visual yang menarik dan efektif menyampaikan pesan. Umumnya desain memiliki tujuh elemen umum, namun selain itu ada banyak elemen pendukung yang tidak boleh dilewatkan. Semua elemen dalam desain berperan penting untuk menciptakan desain yang efektif.

Pemilihan elemen desain harus disesuaikan dengan kebutuhan desain dan konteks penggunaannya. Misalnya untuk desain yang digunakan pada platform digital bisa memanfaatkan gerakan atau animasi. Maka desain akan lebih menarik perhatian audiens.

Berikut beberapa elemen pendukung untuk menciptakan desain yang lebih menarik:

Read More

Titik

Elemen Pendukung untuk Menciptakan Desain Lebih Menarik

Salah satu elemen umum dalam desain adalah titik. Titik sebagai elemen dasar dalam desain yang membentuk setiap elemen visual. Penggunaan titik dapat dimanfaatkan untuk menciptakan elemen yang menarik hanya dengan titik. Susunan dari berbagai ukuran titik akan menciptakan pola tertentu yang menarik.

Kumpulan titik yang disusun dalam pola tertentu dengan berbagai ukuran dapat menciptakan ilusi yang menarik. Selain itu juga dapat digunakan untuk memberikan tekstur yang menarik dalam desain. Titik dalam elemen desain berperan penting dalam menciptakan berbagai efek dan struktur visual yang menarik.

Tipografi

Dalam beberapa desain beberapa jenis desain grafis, tipografi berperan penting dalam menyampaikan pesan atau informasi. Penting untuk memilih penggunaan jenis huruf yang sesuai dengan tema atau konsep desain. Tipografi ini tidak hanya jenis huruf saja tetapi juga ukuran huruf, tata letak, hingga gaya hurufnya.

Pemilihan dan pengaturan huruf untuk berbagai kebutuhan desain penting untuk memerhatikan keterbacaan, tema desain hingga konteks penggunaan. Untuk desain logo, jenis tipografi harus mencerminkan pesan dan kesan merek dengan baik. Jenis tipografi harus menjadi identitas visual dan membantu menyampaikan pesan yang jelas dalam desain.

Gerakan (Animasi)

Motion Grafik

Untuk membuat desain lebih menarik bisa dengan menambahkan elemen gerakan atau animasi. Desain akan tampak lebih interaktif dan meningkatkan daya tarik audiens. Penggunaan efek gerakan untuk objek akan cocok digunakan untuk konten media sosial.

Biasanya dapat berupa motion grafik dan animasi sederhana. Penggunaan efek gerakan atau transisi cenderung lebih menarik daripada desain yang statis. Desain akan tampak lebih hidup dan dapat menyampaikan pesan pada audiens dengan efektif.

Baca juga: Motion Grafik: Ciri dan Contoh Desain yang Menginspirasi

Kontras

Elemen Pendukung untuk Menciptakan Desain Lebih Menarik

Salah satu elemen penting lain dalam desain, yang merupakan bagian prinsip dasar desain adalah kontras. Dalam desain penting untuk menciptakan kontras agar elemen penting bisa tersorot. Kontras dapat menunjukkan elemen desain terlihat lebih mencolok daripada yang lainnya.

Kontras berguna untuk menyoroti informasi penting atau elemen utama. Ini akan memudahkan audiens fokus pada informasi penting. Selain itu, kontras juga dapat meningkatkan daya tarik visual.

Baca juga: 7 Hal Penting Untuk Mencapai Hirarki Visual dalam Desain

Pola-Pola (Pattern)

Elemen Pendukung untuk Menciptakan Desain Lebih Menarik

Menambahkan elemen pola atau pattern yang unik dan menarik akan memberikan kesan tertentu pada desain. Pola biasanya berupa pengulangan motif tertentu, mulai dari geometri, alam hingga tradisional. Pola bisa digunakan sebagai tekstur objek atau tulisan, dapat pula dijadikan layar belakang.

Karena bentuk pola cukup ramai dengan elemen, penting untuk menggunakannya secara bijak. Penggunaan pola-pola ini memberikan tampilan desain terlihat konsisten. Penggunaan pola tertentu dapat membantu mengarahkan pembaca ketika melihat desain.

Ikon

Dalam desain terdapat pula elemen yang berupa ikon dan simbol tertentu. Terkadang simbol atau ikon mengambil bentuk sesuatu yang nyata seperti bulan, bintang hingga tumbuhan dan hewan. Pemanfaatan simbol dengan tepat akan membantu menciptakan tampilan yang menarik.

Simbol dari benda nyata juga kerap digunakan untuk merancang desain logo, misal bentuk air, bunga hingga gunting. Penggunaan simbol atau ikon yang familiar dalam kehidupan sehari-hari akan membantu audiens memahami desain. Ikon atau simbol dapat mengkomunikasikan pesan visual dengan efektif.

Tata Letak

Tata letak berbagai elemen juga bagian penting dalam merancang desain yang efektif. Penting untuk mengatur struktur keseluruhan desain dengan mengatur tata letak elemen dengan bijak. Susunan elemen perlu memerhatikan hirarki visual dan informasi, agar pesan efektif tersampaikan pada audiens.

Elemen harus disusun dengan logis, pastikan elemen penting memiliki ukuran besar dan berada dalam pusat desain. Tata letak elemen yang utama harus ditempatkan pada area yang akan dilihat oleh audiens seperti bagian atas atau tengah.

Baca juga: Kelebihan Utama Adobe Illustrator Dibandingkan yang Lain

Keterbacaan dan Kontras Teks

Penting juga memerhatikan penggunaan elemen yang bisa mempermudah keterbacaan informasi dalam teks. Pemilihan warna dan jenis huruf dapat memengaruhi kejelasan tulisan dan pesan. Pastikan warna teks kontras dengan warna layar belakang agar lebih mudah dibaca.

Tulisan yang jelas dan kontras akan terbaca dengan mudah dan bisa menyampaikan pesan dengan efektif. Keterbacaan adalah salah satu elemen kunci yang mendukung elemen utama untuk desain yang menyampaikan informasi.

Gambar atau Grafis

Elemen pendukung lain yang bisa mendukung elemen umum adalah penggunaan gambar atau grafis. Untuk memperindah tampilan desain, gunakan gambar atau grafis yang mendukung pesan desain. Pastikan gambar memiliki kesesuaian dengan tema desain dan elemen lain dalam desain.

Pemilihan gambar ilustrasi hingga grafis yang tepat, akan membuat desain semakin menarik perhatian. Desain akan lebih interaktif dengan menambahkan gambar yang sesuai.

Baca juga: Ciptakan Tampilan Memukau dengan Efek dalam Desain Grafis

Kemudahan Aksesibilitas

Elemen pendukung lain yang perlu diperhatikan dalam merancang desain seperti penyesuaian dengan kebutuhan pengguna. Pertimbangkan untuk membuat desain mudah diakses oleh berbagai kelompok pengguna. Kenyamanan desain yang bisa diakses oleh siapapun akan membangun citra positif.

KESIMPULAN

Desain dirancang dengan menggunakan berbagai elemen utama dan pendukungnya agar efektif dan menarik. Ada beberapa elemen pendukung yang bisa membuat desain semakin menarik perhatian audiens. Penggunaan elemen-elemen dengan bijak dan memerhatikan kebutuhan serta tema desain akan menciptakan desain yang efektif.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts