Ciptakan Tampilan Memukau dengan Efek dalam Desain Grafis

Desain grafis dalam era digital ini semakin banyak populer karena dibutuhkan untuk menarik perhatian dari visualnya. Dalam desain ada banyak sekali teknik dan efek yang bisa dimanfaatkan memperindah tampilan desain. Berbagai efek yang ada dalam desain grafis bisa memberikan kesan tertentu dan membuat desain lebih bervariasi.

Pemberian efek tertentu pada suatu objek dalam desain akan menciptakan berbagai kesan dan tampilan yang lebih menarik. Penting untuk mengetahui berbagai jenis efek yang ada dalam dunia desain grafis. Sehingga bisa memilih efek mana yang paling sesuai dengan kebutuhan desain dan bisa membuat desain semakin menarik.

Ketika menciptakan desain grafis yang unik, manfaatkan efek tertentu yang bisa memberikan nilai tambah estetika pada objek dan desain. Terdapat berbagai macam efek yang mana setiap efek memiliki kelebihan dan kekurangannya. Setiap efek dalam desain grafis juga membutuhkan teknik tertentu untuk bisa menggunakannya.

Read More

Untuk menguasai berbagai efek dalam desain grafis penting untuk menguasai penggunaan dan semua fitur dalam sebuah perangkat lunak desain. Simak artikel ini dengan baik untuk mengetahui beberapa efek yang kerap digunakan untuk meningkatkan daya tarik pada desain.

Beberapa Jenis Efek yang Digunakan dalam Desain Grafis

Untuk membuat desain semakin menarik penting bagi desainer untuk mengetahui efek apa saja yang ada biasanya digunakan dalam proses penciptaan desain grafis. Berikut ini beberapa efek yang biasanya digunakan untuk menciptakan tampilan desain semakin unik:

Gradien

Efek ini berupa warna yang berubah secara halus dari satu warna ke warna lainnya. Penggunaan warna gradien ini akan membuat tampilan memiliki kesan lembut, warna ini banyak digunakan pada objek dan latar belakang. Warna gradien akhir-akhir ini semakin populer karena memberikan kesan desain modern dan futuristik.

Keunikan dari penggunaan dari warna gradien tampilan warna yang berubah secara bertahap ini memberikan desain lebih berdimensi dan unik. Penggunaan warna ini banyak digunakan untuk berbagai konteks desain grafis mulai dari postingan, tema aplikasi hingga warna untuk latar belakang desain.

Shadow (Bayangan)

Efek bayangan ini biasanya digunakan untuk memberikan tampilan objek terlihat nyata dan memiliki dimensi kedalaman visual. Penambahan bayangan pada suatu objek akan membuat objek seolah terangkat dari latar belakang dan terlihat realis. Penambahan efek bayangan dengan bijak akan membuat tampilan objek dan desain menarik.

Biasanya efek ini digunakan untuk memberikan tampilan 3D seperti pada logo, objek tertentu hingga ikon desain aplikasi digital dan situs website. Gaya desain neomorphism yang menggunakan salah satunya efek bayangan cukup populer digunakan untuk memberikan tampilan menarik pada desain digital.

Emboss dan Deboss

Efek ini juga banyak digunakan untuk memberikan objek desain terlihat nyata dan menonjol. Penggunaan efek ini ada dua jenis yaitu emboss dan deboss. Emboss memberikan objek kesan menonjol ke atas atau timbul dari permukaan namun tidak terangkat. Sementara efek deboss ini memberikan tampilan objek yang terlihat tenggelam kedalam.

Penggunaan kedua efek ini dapat memberikan objek terlihat nyata dan realistis. Objek juga bisa tampak menonjol dan mudah untuk dikenali dan dibaca. Tampilan objek juga terlihat seperti tiga dimensi meskipun tidak terangkat dari latar belakang seperti efek bayangan.

Blur (Pengaburan)

Efek ini dapat memberikan tampilan desain yang semakin menarik dan memiliki kesan artistik. Pemanfaatan efek ini biasanya untuk berbagai konteks, pada manipulasi gambar misalnya efek ini digunakan agar objek utama terlihat lebih jelas. Efek ini dapat diterapkan pada latar belakang ataupun objek untuk memberikan fokus atau hanya sekedar kesan artistik.

Motion (Gerakan)

Penggunaan efek animasi pada objek tertentu dapat membuat tampilan desain lebih menarik dan interaktif. Efek motion menciptakan objek atau teks memiliki gerakan seperti gambar GIF. Ini bisa dimanfaatkan untuk membuat tampilan visual yang menarik perhatian audiens.

Biasanya efek motion akan digunakan pada iklan atau konten yang bergerak atau berbentuk animasi. Gerakan motion juga banyak digunakan untuk desain logo, ini akan membuat desain logo lebih menarik.

Vibrancy (Kesegaran Warna)

Untuk membuat desain tampil lebih menarik perhatian bisa dengan menambahkan warna yang cerah dan memberikan kesan kesegaran. Mata audiens cenderung lebih mudah menangkap perhatian dari desain berwarna cerah. Warna objek dan elemen pada desain dengan warna cerah akan meningkatkan kejelasan dan membuat desain terlihat lebih hidup.

Tekstur

Tekstur ini salah satu efek yang kerap digunakan untuk memberikan sentuhan unik pada permukaan desain. Ada beberapa tekstur yang biasanya banyak digunakan yang mengambil inspirasi dari tekstur nyata seperti kayu, batu, air hingga besi yang mencair. Pemberian tekstur pada elemen tertentu dapat memberikan detail yang unik pada permukaan desain.

Halftone (Pola Titik)

Penerapan efek halftone atau pola titik ini dapat memberikan tampilan desain yang memiliki ilusi dan berkesan unik. Pola ini biasanya terdiri dari berbagai ukuran titik yang berbeda yang disusun rapi antar jaraknya dan bisa memberikan kesan yang rapi dan nyaman untuk dilihat.

Penambahan efek halftone bisa dimanfaatkan jika ingin menambahkan efek yang menghasilkan kesan retro dan vintage. Efek ini juga memberikan dimensi visual atau ilusi tampilan yang unik pada desain.

Outline (Garis Pinggir)

Efek ini biasanya digunakan untuk memberikan kesan objek lebih mencolok dan memberikan kesan retro. Penambahan outline atau garis luar pada objek dan teks dapat memberikan ketebalan pada elemen dan membuatnya mencolok. Pemberian outline juga dapat memberikan fokus pada elemen tertentu dan mudah terlihat dari elemen desain lainnya.

Neon dan Glow

Pada desain ada beberapa konsep dan tema desain yang memanfaatkan efek neon dan glow untuk membuat elemen tampak bercahaya. Penambahan efek ini akan membuat objek terlihat bersinar dan memberikan kesan yang futuristik dan menarik perhatian audiens. Desain yang menggunakan efek cahaya ini akan mudah terlihat.

Duotone

Efek ini mengkombinasikan dua warna dalam desain untuk memberikan tampilan artistik yang unik. Pemanfaatan efek ini dapat memberikan kesan desain futuristik dan modern. Untuk menggunakan pilih perpaduan warna yang tepat agar tampilannya menarik. Efek ini kerap ditemui pada era modern ini untuk menciptakan kesan era modern yang artistik.

Parallax Scrolling

Eek ini digunakan untuk desain website untuk memberikan efek menggulir halaman yang menarik. Penggunaan efek parallax scrolling pada desain web akan memberikan pengalaman menyenangkan untuk pengguna ketika mengakses situs web. Penerapan efek ini memungkinkan elemen atau ikon dalam web terlihat bergerak dan nyata, ini memberikan kedalaman visual yang menarik.

Layering (Pelapisan)

Efek ini memanfaatkan penambahan lapisan pada objek untuk memberikan dimensi visual yang menarik. Penambahan lapisan ini dapat menciptakan tingkat kedalaman objek yang menarik. Penting untuk memberikan lapisan yang sesuai dengan bentuk objek untuk memberikan tampilan nyata. Gunakan layering dengan bijak dan tidak berlebihan agar tampilan desain menarik.

Transparansi

Pemberian efek transparan pada objek atau elemen dalam desain akan memberikan kesan yang unik pada desain. Penggunaan efek transparansi dapat memberikan kesan yang ringan dan elegan. Pemberian efek ini harus dilakukan dengan bijak sesuai kebutuhan untuk memberikan efek yang semakin menarik perhatian.

Saturation (Pengaturan Warna)

Memanfaatkan saturasi untuk mengatur warna dalam desain akan memudahkan untuk menciptakan tampilan yang sesuai keinginan dan kebutuhan. Pengaturan tingkat warna dalam desain dapat memengaruhi emosi dan perasaan yang ditampilkan dalam desain. Mengatur saturasi dengan tepat dapat memberikan efek dramatis dan memberikan fokus pada elemen atau area tertentu.

KESIMPULAN

Dalam desain terdapat banyak sekali efek yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan desain grafis yang menarik perhatian. Penerapan efek yang tepat akan menciptakan tampilan visual memikat dan menciptakan kesan tertentu. Kombinasi beberapa efek juga akan menghasilkan tampilan yang menarik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts