Desain Katalog: Elemen-elemen Umum dalam Desain Katalog

Desain katalog merupakan salah satu elemen penting dalam promosi yang dibuat dengan desain menarik dan efektif. Katalog berisi informasi penting tentang semua variasi produk dan layanan yang dijual sebuah merek. Dalam menciptakan desain katalog yang menarik perhatikan beberapa elemen-elemen umum yang digunakan. 

Elemen Utama dalam Konsep Variasi Warna Desain 

Desain katalog harus dirancang dengan menarik, jelas dan terstruktur rapi, sehingga memudahkan audiens dalam membaca informasi lengkap tentang produk. Katalog biasanya akan menjadi pertimbangan audiens untuk memilih produk yang diinginkan. Desain untuk katalog ini juga harus memiliki konsistensi dengan elemen identitas merek agar menciptakan branding yang positif. 

Format katalog sendiri tersedia dalam bentuk cetak maupun digital yang bisa dibaca dengan mudah oleh audiens. Desain katalog produk ini bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam membaca informasi mengenai produk atau layanan tertentu. Ini akan menjadi pertimbangan konsumen sebelum memilih jenis produk yang mereka inginkan. Simak beberapa elemen-elemen umum dalam desain katalog dalam pembahasan artikel ini. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

ELEMEN-ELEMEN UMUM DESAIN KATALOG

Desain katalog sama hampir mirip dengan desain materi pemasaran lain yang berisi gambar produk, spesifikasi, manfaat dan lain-lain. Bedanya jika brosur atau pamflet akan fokus pada satu atau dua produk saja, maka katalog ini berisi keseluruhan produk dari merek. Berikut beberapa elemen-elemen umum dalam desain katalog produk atau layanan:

Tata Letak

Elemen Utama dalam Konsep Variasi Warna Desain 

Menyusun tata letak elemen desain katalog seperti menyusun buku atau tata letak brosur. Susunan elemen desain dan informasi harus terstruktur rapi layaknya buku yang mudah dibaca dan informatif. Desain katalog yang memiliki tata letak menarik akan efektif menyampaikan pesan. 

Dalam menciptakan desain katalog buatlah tata letak elemen yang rapi dan terstruktur, gunakan layout yang memudahkan pembaca dalam memahami informasi terkait produk atau layanan. Penting juga untuk menciptakan hierarki informasi yang efektif sehingga menciptakan alur pembacaan informasi yang mudah dipahami. Bedakan ukuran untuk teks seperti judul, sub judul dan tubuh teks. 

Tidak hanya mengatur tata letak teks yang mudah untuk dibaca, atur juga tata letak gambar produk, elemen dekorasi dan atur juga warna untuk latar belakang. Dalam desain katalog produk biasanya produk-produk unggulan harus ditempatkan pada bagian depan atau paling atas. Hal ini agar produk unggulan menonjol dan mudah ditemukan oleh konsumen, pastikan gambar produk unggulan dan teks keterangannya berukuran besar.

Baca juga: Desain Pamflet: Definisi, Ciri dan Penggunaannya

Gambar Produk

Elemen Utama dalam Konsep Variasi Warna Desain 

Gunakan gambar produk untuk katalog yang berkualitas tinggi, agar terlihat jelas dan desain terlihat profesional. Gambar produk ini penting untuk memberikan gambaran produk pada audiens, sehingga gambar harus jelas dan sesuai dengan bentuk fisik produk. Gambar harus sesuai dengan bentuk fisik sehingga tidak mengecewakan konsumen. 

Kualitas gambar yang tinggi juga bisa membuat desain lebih menarik perhatian pembaca. Hal ini juga memberikan kesan profesional pada merek dan memberikan pengalaman visual yang menyenangkan. Gambar produk biasanya akan tersedia dalam berbagai sudut depan belakang atas bawah untuk memberikan pengalaman visual yang nyata pada konsumen.

Baca juga: Tips Merancang Desain Brosur yang Efektif dan Memikat

Tipografi Mudah Dibaca

Selain gambar yang berkualitas tinggi perhatikan juga jenis tipografi yang digunakan. Pastikan tipografi mudah dibaca, jelas dan sederhana, pastikan juga warna teks memiliki kontras yang cukup dari latar belakang. Terkadang jenis font yang digunakan menyesuaikan dengan jenis tipografi yang digunakan merek.

Untuk judul atau subjudul bisa menggunakan tipografi yang berbeda dan mencolok, bisa juga menggunakan tipografi dari elemen identitas merek. Sementara tubuh teks biasanya menggunakan tipografi yang umum seperti times new roman atau arial yang mudah dibaca dan umum digunakan.  Atur ukuran teks, jarak antar huruf, kata dan baris untuk meningkatkan keterbacaan. 

Deskripsi Produk

Elemen Utama dalam Konsep Variasi Warna Desain 

Dalam desain katalog tidak hanya gambar dan nama produk tetapi juga penting memastikan setiap produk memiliki deskripsi yang tepat. Setiap jenis produk harus memiliki gambar dan keterangan deskripsi seperti bahan, kelebihan produk, penggunaan hingga jenis produknya. Keterangan atau deskripsi ini harus jelas, sederhana dan tidak terlalu panjang agar desain katalog tidak terlihat terlalu penuh.

Deskripsi dari setiap gambar produk yang informatif dan menarik akan meningkatkan daya tarik konsumen untuk membeli produk. Biasanya deskripsi akan membantu pembaca memahami fitur, manfaat dan spesifikasi dari produk untuk dijadikan pertimbangan dalam memilih produk. Katalog produk yang berisi gambar produk dan deskripsi yang informatif akan efektif memberikan gambaran audiens tentang produk atau layanan. 

Harga dan Informasi Pembelian

Desain katalog juga biasanya memberikan keterangan harga dan informasi tentang pembelian lainnya untuk memudahkan pembaca mempertimbangkan pembelian produk. Dengan memberikan keterangan harga akan memudahkan pembaca mengetahui harganya dan apakah sesuai dengan kebutuhan mereka. Tidak hanya harga pada desain katalog biasanya juga tertera ketersediaan stok, ukuran yang ada dan opsi pembelian yang bisa dilakukan. 

Baca juga: Struktur Desain Pamflet yang Menarik dan Informatif

Brand Identity

Desain katalog adalah bagian dari desain pemasaran untuk itu penting menggunakan elemen-elemen identitas merek pada desainnya. Hal ini agar memudahkan audiens mengenali merek dan membangun branding merek yang kuat. Elemen identitas merek seperti warna, jenis font, logo dan gaya desain ini akan membantu memperkuat identitas merek. 

Gunakan gambar atau elemen dekorasi untuk memperindah tampilan desain katalog, elemen seperti geometri, ornamen atau ikon-ikon yang mendukung akan memperindah tampilan desain katalog. Desain katalog yang disusun dengan menarik juga akan membedakan merek dengan pesaing. 

Kategori dan Indeks

Desain katalog dalam bentuk cetak maupun digital biasanya berbentuk buku yang memiliki banyak halaman karena berisi keterangan hampir semua produk merek. Untuk memudahkan pembaca menemukan produk yang mereka cari, gunakan indeks atau daftar isi katalog. Selain itu dikategorikan jenis produk dalam berbagai bagian agar lebih terorganisir dan memudahkan untuk pencarian pembaca pada produk yang mereka cari.

KESIMPULAN

Desain katalog yang menarik dan informatif akan menjadi pertimbangan pembaca atau konsumen dalam memilih produk atau layanan. Dengan menciptakan desain yang memerhatikan elemen-elemen umum yang digunakan untuk desain katalog, ini akan menciptakan desain yang menarik perhatian. Dalam merancang desain katalog pertimbangkan tujuan promosi dan kebutuhan target audiens. Pastikan desainnya menarik, terstruktur, rapi, informatif dan mudah dipahami oleh audiens. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts