Tips Merancang Desain Brosur yang Efektif dan Memikat

Brosur digunakan untuk berbagai kebutuhan utamanya untuk promosi. Desain untuk brosur disusun dari berbagai elemen untuk menyampaikan pesan dengan efektif. Ada beberapa tips penting yang harus ada saat merancang desain brosur yang efektif.

Desain brosur ini isinya disesuaikan kebutuhan yang disusun dari berbagai gambar, grafis, teks dan warna yang menarik. Brosur biasanya digunakan untuk mempromosikan atau menjelaskan produk atau layanan. Dengan tampilan visual menarik dan memikat, brosur bisa menjelaskan pesan dengan baik.

Untuk mendesain brosur dengan menarik perhatikan beberapa tips penting. Agar desain brosur efektif menyampaikan pesan, pastikan struktur dan susunannya jelas. Susunan elemen dapat membuat desain menarik perhatian audiens.

Read More

Tips Merancang Desain Brosur yang Efektif

Dalam merancang desain brosur, penting untuk memerhatikan elemen dan strukturnya, agar efektif menyampaikan pesan. Berikut beberapa tips penting dalam merancang desain brosur:

Tujuan yang Jelas

Hal utama yang yang menjadi dasar dari desain brosur adalah tujuan yang jelas. Desain brosur dapat dimanfaatkan untuk tujuan seperti memasarkan produk, menyampaikan informasi hingga acara. Tujuan brosur yang jelas akan lebih mudah dipahami oleh audiens.

Brosur juga seringkali digunakan untuk mempromosikan sekolah. Ketika tujuan jelas, maka menciptakan desainnya akan lebih mudah. Penyusunan elemen dan informasi dapat disesuaikan dengan tujuan desain.

Headline yang Menarik

Tips Merancang Desain Brosur yang Efektif dan Memikat

Untuk headline atau judul brosur, gunakan headline yang kuat dan menarik perhatian audiens. Perhatikan pemilihan kata yang singkat, jelas dan persuasif. Judul harus mewakili tujuan atau merek dengan jelas.

Pastikan headline berukuran besar dan menggunakan jenis huruf yang sederhana sehingga menarik fokus audiens. Headline berperan penting dalam memengaruhi pembaca untuk membaca informasi lebih lanjut.

Baca juga: Elemen Desain untuk Menyoroti Informasi Penting

Gunakan Grafis dan Ilustrasi Menarik

Tips Merancang Desain Brosur yang Efektif dan Memikat

Untuk membuat desain lebih menarik gunakan gambar, ilustrasi dan grafis yang menarik. Penggunaan gambar akan membuat desain brosur lebih mudah dipahami oleh audiens. Gambar grafis dapat menyederhanakan pesan yang kompleks.

Pastikan gambar memiliki kualitas tinggi agar hasil desainnya menarik. Pilih gambar yang sesuai pesan dan tujuan brosur. Misalnya terkait produk gunakan gambar produk untuk mendukung pesan brosur dengan lebih baik.

Informasi yang Terstruktur

Penting untuk menyusun informasi dalam desain brosur dengan terstruktur. Susunan informasi yang logis akan memudahkan audiens memahami pesan dan tujuan desain. Tata letak elemen dan informasi harus disusun dengan memerhatikan tingkat kepentingan.

Tips Merancang Desain Brosur yang Efektif dan Memikat

Hal tersebut bertujuan untuk menunjukkan hirarki informasi pada brosur. Ukuran-ukuran elemen akan berbeda disesuaikan dengan estetika dan kepentingan informasi. Biasanya brosur tersusun dari judul, pengantar, fitur produk, manfaat hingga informasi kontak.

Deskripsi yang Singkat dan Jelas

Brosur yang bagus jika bisa menjelaskan informasi dengan sederhana, singkat dan jelas tanpa bertele-tele. Hal ini untuk audiens memahami pesan atau informasi dengan cepat. Penggunaan teks terlalu panjang dapat memberi kesan membosankan dan menurunkan minat audiens untuk membaca.

Dalam desain brosur, penting memerhatikan tampilan visual menarik dengan teks singkat, agar audiens tidak merasa bosan. Hindari penggunaan kata-kata yang berlebihan dan terlalu panjang. Fokuskan untuk menyampaikan poin-poin kunci dari pesan yang ingin disampaikan.

Warna dan Tipografi yang Konsisten

Warna brosur juga berperan penting untuk membuat tampilan desainnya lebih memikat. Gunakan palet warna yang menarik, jika terkait merek gunakan warna merek. Gunakan warna dengan konsisten agar menciptakan konsistensi visual.

Tips Merancang Desain Brosur yang Efektif dan Memikat

Selain itu gunakan pula jenis tipografi yang konsisten pada seluruh desain. Jika ingin menggunakan tipografi yang berbeda, terapkan pada bagian headline atau judul. Jika warna dan teks konsisten ini akan menciptakan harmoni dan citra merek yang kuat.

Baca juga: Tips Mengatur Tipografi Yang Unik dan Menarik

Gunakan Panggilan Tindakan (Call-to-Action)

Umumnya desain brosur akan membutuhkan CTA untuk memudahkan audiens melakukan tindakan langsung. Penggunaan CTA dapat berupa link tautan atau kata-kata seperti ‘beli sekarang’ atau ‘beli disini’ dan lain-lain.

Adanya panggilan tindakan ini akan membimbing audiens untuk melakukan langkah selanjutnya. CTA juga dapat berupa kontak, link situs web, hingga akun media sosial dan e-commerce.

Informasi Kontak yang Jelas

Selain CTA informasi kontak juga harus jelas agar audiens yang tertarik bisa langsung menghubungi. Informasi kontak dalam brosur biasanya berupa alamat, nomor telepon, dan alamat email. Informasi kontak ini harus ditempatkan pada bagian yang jelas, agar terbaca oleh audiens.

Ukuran dan Bentuk yang Sesuai

Desain brosur biasanya memiliki beberapa ukuran dan bentuk. Pilih ukuran brosur yang sesuai dengan kebutuhan. Ada brosur yang berukuran satu lembar saja dan ada yang bentuknya dilipat terkadang berbentuk seperti buku pendek.

Ukuran brosur bisa menyesuaikan dengan ukuran kertas atau kebutuhan penggunaan brosur. Sementara untuk digital bisa disesuaikan dengan platform brosur akan digunakan. Pastikan ukuran brosur bisa menampung konten dengan baik. Tidak terlalu padat atau terlalu kosong, pastikan ukuran cukup untuk menampilkan konten yang penting.

Kejelasan Hirarki Informasi

Dalam desain brosur penting juga untuk memastikan desain bisa menampilkan hirarki informasi. Untuk mengatur hirarki informasi, bisa memanfaatkan ukuran yang berbeda, jenis font berbeda hingga warna dan bentuk. Hirarki informasi bertujuan agar audiens bisa fokus pada elemen penting.

Tata letak elemen juga bisa memengaruhi hirarki informasi. Untuk itu penting menata ukuran elemen dengan tepat, misalnya judul pada bagian atas. Ini akan membantu pembaca memahami informasi dengan sistematis pada brosur.

Baca juga: 7 Hal Penting Untuk Mencapai Hirarki Visual dalam Desain

Daya Tarik Visual pada Sampul

Untuk meningkatkan daya tarik visual pada brosur, gunakan elemen visual yang menarik. Elemen grafis yang interaktif dapat meningkatkan daya tarik brosur. Penempatan elemen yang menarik pada bagian sampul brosur akan meningkatkan perhatian audiens untuk membaca bagian brosur yang lainnya.

KESIMPULAN

Brosur memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi ataupun mempromosikan produk. Untuk itu penting untuk menciptakan desain yang menarik dan efektif. Dengan mengikuti beberapa tips merancang desain brosur tersebut, akan membantu menciptakan desain yang efektif menyampaikan pesan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts