Dalam era informasi ini ada banyak sekali jenis desain yang digunakan untuk menyampaikan informasi, salah satunya pamflet. Pamflet biasanya selebaran yang berisi informasi tentang pendidikan, promosi, kampanye dan lainnya. Desain pamflet setiap kebutuhan akan disesuaikan temanya, termasuk dalam penggunaan elemen desain.
Pamflet tidak berisi tulisan tetapi juga gambar atau foto yang menarik untuk memberikan informasi lebih interaktif. Untuk ukuran pamflet terkadang ada yang kecil hingga sedang. Ukurannya disesuaikan kebutuhan untuk langsung dibaca dari dekat dan biasanya dibagikan per individu.
Ada juga istilah brosur yang secara kebutuhan mungkin sama, tetapi perlu dipahami jika pamflet dan brosur berbeda. Jika brosur berbentuk sebaran yang lebih besar dari pamflet karena akan dilipat jadi tiga, sementara pamflet tidak dilipat dan hanya berupa satu selebaran.
Pamflet ini merupakan media cetak yang berisi informasi, promosi dan pesan pada audiens. Terkadang informasi dalam pamflet cukup singkat, sehingga perlu untuk didesain dengan menarik dan memberikan fokus pada informasi tersebut.
Untuk menciptakan desain pamflet yang menarik biasanya memanfaatkan elemen-elemen visual dan teks. Elemen akan disusun dengan kreatif sehingga dapat menarik perhatian dan pesan tersampaikan dengan jelas.
CIRI-CIRI DESAIN PAMFLET
Pamflet memiliki beberapa ciri dari segi ukuran, isi informasi, warna hingga tipografi. Berikut beberapa ciri desain pamflet:
Ukuran yang Beragam
Ukuran dari pamflet ini beragam tetapi biasanya tidak begitu besar karena tujuannya agar informasi dibaca dari dekat. Tentang ukuran pamflet dari kecil hingga sedang. Ini bertujuan agar pamflet dibaca dengan dipegang.
Ukuran pamflet bisa disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang ingin disampaikan. Misalnya informasi yang cukup sederhana dan singkat bisa menggunakan ukuran yang lebih kecil. Ukuran sedang dapat membuat terlihat lebih jelas untuk dibaca.
Kombinasi Gambar dan Teks
Pada desain pamflet biasanya memadukan elemen gambar dan teks untuk membangun informasi yang menarik. Biasanya ada banyak kasus ketika desain yang tidak menarik akan langsung dibuang.
Maka dari itu penting untuk menggunakan gambar dan ilustrasi dengan menarik agar pesan tersampaikan lada audiens. Penting untuk mengatur susunan elemen dengan menarik agar terlihat harmonis.
Tata Letak yang Menarik
Penting untuk mengatur tata letak untuk memudahkan pembacaan dan meningkatkan daya tarik. Ini berguna untuk menyampaikan informasi lebih efisien dan terstruktur.
Untuk menyoroti elemen yang penting, gunakan heading dan sub heading pada teks. Gunakan elemen atau poin penting yang bisa menyampaikan informasi menarik dan singkat.
Warna yang Menonjol
Pamflet biasanya akan menggunakan warna yang mencolok untuk menarik perhatian. Tetapi perlu diingat untuk menggunakan warna akan membantu mempromosikan identitas merek.
Warna elemen dan teks harus memperhatikan warna latar belakang agar terlihat kontras sehingga informasi terbaca dengan jelas. Pemilihan pada pamflet biasanya berdasarkan tema yang diusung dalam informasi atau merek. Ini akan menciptakan konsistensi yang menarik.
Tipografi yang Jelas
Penggunaan tipografi pada pamflet juga perlu diperhatikan karena ini memengaruhi keterbacaan dan ketertarikan audiens. Biasanya tipografi juga bisa disesuaikan dengan tema desain atau disesuaikan dengan tipografi merek.
Pastikan tipografi pada poin utama mudah dibaca dan jelas, hindari penggunaan tipografi rumit karena bisa membuat pesan tidak tersampaikan dengan baik. Tipografi pada pamflet juga menciptakan kesan tertentu sehingga perlu disesuaikan dengan tema dan tujuan.
Informasi yang Sederhana dan Jelas
Desain pamflet biasanya berisi informasi yang singkat dan langsung ke inti pesan dan tujuan. Informasi tidak dijelaskan detail namun cukup bisa dipahami oleh audiens secara umum.
Untuk itu penting desainnya bisa memberikan kejelasan informasi yang singkat tersebut. Ini bisa dilakukan dengan penambahan ikon, ilustrasi atau gambar tertentu yang mana menggambarkan pesan.
Logo dan Identitas Merek
Pada desain pamflet biasanya terdapat sesuatu yang menggambarkan identitas merek. Biasanya berupa logo dan elemen identitas merek lainnya seperti warna dan tipografi.
Penggunaan elemen identitas merek bertujuan untuk membangun kesadaran merek yang kuat. Audiens yang membaca tahu siapa yang informasi dalam pamflet tersebut.
Panggilan untuk Tindakan (Call to Action)
Untuk bisa meningkatkan keterlibatan pelanggan biasanya dapat menggunakan informasi kontak atau CTA. Sehingga ketika audiens ingin mendapatkan informasi yang lebih lanjut dapat menuju tombol CTA, ini bisa berupa QR code, nomor kontak, link website hingga akun sosial media.
Ini karena sebagian besar pamflet ingin audiens melakukan tindakan setelah membaca informasi pada pamflet. Termasuk mengunjungi akun sosial media, situs web atau ikut berpartisipasi pada acara.
PENGGUNAAN PAMFLET UNTUK MENYAMPAIKAN INFORMASI
Pamflet banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan untuk menyampaikan informasi yang singkat namun menarik perhatian dan memungkinkan ikut berpartisipasi. Berikut beberapa contoh penggunaannya:
Promosi Acara
Selebaran ini banyak digunakan untuk mempromosikan acara-acara untuk menarik perhatian audiens. Biasanya informasi pada pamflet tidak begitu lengkap sehingga ketika audiens penasaran dapat mengunjungi CTAnya. Pamflet banyak dibagikan untuk mempromosikan acara seperti konser, seminar, pameran hingga pertunjukan.
Penawaran Promosi
Pamflet yang kecil dan menarik sering dijadikan pilihan untuk mempromosikan diskon atau penawaran khusus. Kerap dibagikan saat mengunjungi pusat perbelanjaan, ini untuk menarik pengunjung datang langsung. Termasuk untuk promosi produk baru yang diluncurkan, penggunaan pamflet akan efektif jika dibagikan pada orang-orang.
Informasi Produk atau Layanan
Terkadang juga berisi informasi singkat yang bisa menonjolkan keunggulan produk atau layanan. Desain yang singkat dan menarik bisa untuk menyoroti manfaat produk dan keunggulan dibandingkan yang lain.
Kampanye Sosial atau Pendidikan
Pamflet juga banyak digunakan untuk menyampaikan kampanye sosial atau kesehatan. Terkadang digunakan pula untuk mempromosikan sekolah atau kampus. Informasi penting akan mudah dipahami jika diinformasikan secara singkat.
Pengumuman
Pamflet juga bermanfaat dan efektif untuk menyampaikan pengumuman penting. Informasi yang singkat dan desain yang menarik akan cocok untuk menginformasikan perubahan jadwal, peringatan atau informasi perihal kebijakan baru.
KESIMPULAN
Desain pamflet ini memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi dalam bentuk cetak dengan singkat dan menarik. Dengan memperhatikan tata letak, elemen, dan lain-lain, ini akan membantu menciptakan desain yang efektif. Meskipun desainnya sederhana dan kecil, pamflet harus bisa mencerminkan tujuan dan lesan merek pada audiens.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.