Aspek Penting dari Prinsip Value dalam Desain

Ketika merancang desain penting memperhatikan prinsip dasar dalam desain untuk menghasilkan desain yang efektif. Salah satu prinsip penting dalam desain adalah value, Ini merujuk pada tingkat kegelapan dan kecerahan dalam suatu warna atau area tertentu dalam gambar atau objek tertentu. Penting untuk memerhatikan beberapa aspek penting dalam value untuk memastikan desain menarik.

Aspek Penting dari Prinsip Value dalam Desain

Tingkat kecerahan dan kegelapan dalam suatu desain ini dapat menciptakan tampilan yang unik dan lebih berdimensi. Pengaturan value ini disesuaikan dengan kebutuhan, dan tidak boleh berlebihan agar terlihat seimbang. Tingkat kecerahan yang diterapkan pada area atau objek tertentu berguna memperindah tampilan visual.

Artikel ini akan membahas beberapa aspek penting dari value dalam desain, prinsip ini berperan penting untuk meningkatkan daya tarik visual pada desain. Prinsip value ini menjadi acuan untuk mengatur tingkat kecerahan dan kegelapan dalam desain.

Read More

Aspek Penting Value dalam Desain

Memerhatikan beberapa prinsip dasar dalam desain akan membantu menciptakan desain yang efektif, fungsional, dan menarik. Berikut beberapa aspek penting value dalam desain:

Ketebalan atau Kecerahan Warna

Prinsip value ini menentukan sejauh warna dalam objek atau desain akan tampak terang atau gelap. Tingkat kecerahan dan kegelapan warna ini dapat ditentukan berdasarkan kebutuhan dan suasana apa yang ingin diciptakan. Penentuan kecerahan ini harus disesuaikan emosi dan suasana konsep dari desain.

Value dalam Desain

Digunakan dengan sesuai kebutuhan dalam objek atau area yang ditentukan. Objek dengan kecerahan tertentu dapat lebih menonjol daripada dengan yang lebih gelap. Terkadang tingkat kecerahan ini digunakan pula untuk menciptakan efek seperti nyata dengan bayangan.

Biasanya warna dengan value yang tinggi akan mencapai kecerahan seperti putih, sedangkan untuk warna dengan tingkat kegelapan yang tinggi akan menghasilkan warna hitam. Begitupun dengan warna lainnya, misal hijau yang paling gelap akan menghasilkan hijau tua atau army sementara yang paling cerah adalah hijau muda.

Baca juga: Dimensi dalam Desain Grafis: Memahami Jenis Dimensi Umum

Kontras

Tingkat kecerahan dan kegelapan dalam desain dapat menghasilkan tampilan objek atau elemen yang kontras. Prinsip membantu elemen tertentu bisa terlihat lebih mencolok dari elemen lainnya dengan memanfaatkan tingkat kecerahan yang berbeda. Elemen yang lebih penting dapat menggunakan warna yang lebih cerah atau lebih gelap dari lainnya agar mencolok.

Aspek Penting dari Prinsip Value dalam Desain

Hal ini dapat menciptakan kontras pada elemen desain, dan bisa digunakan untuk menyoroti elemen penting. Value ini dapat dimanfaatkan untuk membedakan elemen atau objek satu sama lain.

Mengatur Dimensi Kedalaman

Tingkat kecerahan dan kegelapan dapat dimanfaatkan untuk menciptakan dimensi kedalaman. Ini akan membantu objek atau elemen terlihat lebih nyata dan menarik perhatian. Pengaturan tingkat kecerahan pada objek akan menciptakan objek terlihat nyata atau 3D.

Area objek yang lebih terang akan terlihat lebih dekat sementara area yang berwarna lebih gelap akan tampak jauh dan dalam. Tingkat kegelapan bisa digunakan untuk menciptakan efek bayangan pada objek 3D. Sementara objek dapat menggunakan beberapa shade yang lebih cerah untuk membuat objek terlihat lebih nyata.

Fokus dan Pemandangan Mata

Penerapan value dalam objek pada desain akan menciptakan titik fokus pada desain. Hal ini akan membantu membimbing mata audiens ketika melihat desain. Objek yang dengan tingkat kecerahan atau kegelapan tertentu dapat mencolok dengan mengatur valuenya.

Value ini bisa menyoroti beberapa elemen yang diharapkan untuk dilihat oleh audiens. Pandang audiens akan cenderung lebih fokus pada tingkat kecerahan yang menonjol, ataupun tingkat kegelapan. Jika objek yang difokuskan menggunakan warna cerah maka objek lainnya akan memiliki tingkat warna yang lebih gelap, begitupun sebaliknya.

Pengaturan value yang berbeda berbagai elemen dapat membantu mengarahkan pandangan mata audiens. Warna value umumnya menggunakan warna monokrom untuk lebih mudah mengatur tingkat kecerahan.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Efektivitas Pesan Desain Konten Media Sosial

Atmosfer dan Mood

Mengatur value dalam desain dapat membantu menciptakan nuansa dan mood tertentu. Pengaturan tingkat kecerahan dan kegelapan pada elemen tertentu dapat menciptakan tampilan visual yang unik. Warna-warna dengan tingkat kecerahan yang rendah akan menciptakan desain dengan nuansa misterius dan dramatis.

Sementara penggunaan warna dengan tingkat kecerahan yang tinggi akan menciptakan suasana yang cerah dan tinggi. Pengaturan tingkat kecerahan dan kegelapan yang tepat dapat menciptakan suasana tertentu yang disesuaikan dengan konsep dan tujuan desain.

Ilusi Bentuk dan Dimensi

Penggunaan value dalam desain dapat menciptakan ilusi bentuk dan dimensi pada objek desain. Objek dalam desain dapat terlihat nyata dan memiliki dimensi bentuk yang unik ketika dapat mengatur value dengan tepat. Penting untuk mengatur tingkat kecerahan dan kegelapan pada area yang tepat pada objek agar tercipta ilusi yang menarik.

Dalam mengatur value penting untuk menentukan arah cahaya, tingkat kecerahan yang tinggi arah cahaya, sementara kebalikannya akan menggunakan warna yang lebih gelap. Penting menentukan area yang terang dan gelap dengan bijak agar menciptakan ilusi objek yang menarik pada suatu permukaan objek.

Pengaruh Terhadap Komposisi

Prinsip ini juga memiliki pengaruh penting dalam komposisi desain. Value ini dapat membentuk komposisi desain secara keseluruhan melalui pengaturan tingkat kecerahan dan kegelapan pada objek. Pengaturan value harus dilakukan secara seimbang pada objek atau area tertentu agar menciptakan proporsi tampilan yang seimbang.

Pengaturan tingkat kecerahan yang menciptakan ilusi, perlu diatur tata letak dengan seimbang. Agar dapat menciptakan struktur elemen yang rapi dan menciptakan kaseimbangan visual.

Penggunaan Skala pada Kegelapan dan Kecerahan

Untuk menggunakan value atur skala kegelapan dari hitam ke abu-abu dan kecerahan dari abu-abu ke putih. Gunakan skala ini untuk memberikan efek yang diinginkan pada objek atau area tertentu dalam desain. Pengaturan skala value ini akan memudahkan menciptakan tampilan visual yang seimbang.

Baca juga: Skala Warna: Definisi dan Jenis Skala Warna

KESIMPULAN

Prinsip dasar desain seperti value ini berperan penting untuk dijadikan landasan dalam merancang desain yang menarik, fungsional dan memiliki nilai estetika. Desain yang memerhatikan prinsip dasar akan menghasilkan desain yang efektif dalam menyampaikan pesan dan tujuan. Prinsip value ini membantu desainer untuk menciptakan desain yang lebih dinamis, menarik dan memiliki daya tarik visual. Penggunaan tingkat kecerahan dan kegelapan pada objek atau area tertentu dengan tepat dapat meningkatkan daya tarik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts