Dimensi dalam Desain Grafis: Memahami Jenis Dimensi Umum

Berbicara soal desain, pasti sudah sering mendengar tentang dimensi. Dalam desain grafis dimensi ini merujuk pada ukuran atau ruang yang digunakan untuk menciptakan karya desain. Terdapat beberapa dimensi dalam dunia desain grafis yang perlu dipahami.

Dimensi dalam Desain Grafis Memahami Jenis Dimensi Umum

Dimensi atau ruang desain ini berguna sebagai tempat desain grafis, juga sebagai ruang untuk melihat hasil desain. Jenis dimensi dapat membuat tampilan desain terlihat berbeda. Hal ini dipengaruhi jenis desain dan jenis dimensinya.

Penggunaan dimensi ini untuk menampilkan desain pada media cetak dan digital. Dalam media cetak dan digital pun terdapat beberapa jenisnya. Sementara itu, dimensi ini mencakup panjang, lebar, kedalaman hingga ketebalan.

Read More

Penting untuk memahami jenis-jenis dimensi dalam desain grafis. Agar mengetahui cara menciptakan desain sesuai kebutuhan dimensi. Untuk memahami hal tersebut, artikel ini akan membahas beberapa dimensi umum dalam desain grafis.

Beberapa Dimensi Umum dalam Desain Grafis

Dimensi dalam desain grafis dapat memengaruhi hasil desain akan terlihat jelas atau tidak. Berikut beberapa jenis dimensi umum dalam desain grafis:

Dimensi 2D

Dalam desain terdapat dimensi 2D, yang mana desainnya berbentuk flat tidak memiliki tampilan seperti nyata. Dimensi ini memiliki ukuran panjang dan lebar tidak memiliki ketinggian dan ketebalan. Dimensi ini juga kerap disebut flat design atau desain yang datar.

Dimensi 2D dalam Desain Grafis

Elemen dan objek dalam desain pada dimensi 2D ini datar. Tidak memiliki efek bayangan atau cahaya untuk menciptakan efek nyata pada objek. Desainnya pada dimensi 2D cukup sederhana dan fleksibel pada berbagai media.

Sebagian besar desain pada dimensi 2D ini digunakan untuk media cetak dan digital. Desainnya cukup responsif pada kedua media tersebut seperti poster, halaman web hingga ilustrasi.

Dimensi 3D

Sementara terdapat pula dimensi 3D yang mana desain memiliki ketebalan dan kedalaman visual. Desain pada dimensi ini memiliki tampilan seperti ilusi objek nyata. Penggunaan efek bayangan dapat membuat desain 3D tampak lebih nyata.

Dimensi 3D dalam Desain Grafis

Objek dalam dimensi 3D dapat dilihat dari berbagai sudut dan arah. Meskipun tidak begitu responsif pada media cetak, penggunaan desain 3D ini banyak dimanfaatkan pada dimensi 3D digital. Pada media digital desain 3D digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti game 3D, model 3D, animasi, hingga desain produk.

Baca juga: Tips Membuat Desain 3D yang Memikat

Dimensi Temporal

Untuk dimensi inj temporal ini merusak pada waktu dan perubahan sepanjang waktu. Dimensi ini memungkinkan desain dapat diubah dengan mudah seiring waktu. Perubahan pada elemen memungkinkan desain untuk terus beradaptasi dengan tren.

Dimensi temporal ini memudahkan desain untuk bisa melakukan perubahan termasuk pada desain animasi, video atau elemen desain lainnya. Penyesuaian pada dimensi ini akan sangat membantu desain berubah seiring waktu seperti perubahan transisi dan warna.

Dimensi Media Cetak

Pada dimensi media cetak ini memiliki dimensi desainnya terbatas oleh ukuran media. Hal ini karena desainnya dicetak pada media seperti kertas, kain, poster dan spanduk. Perbedaan bahan dan ukuran dapat memengaruhi tampilan desain pada dimensi media cetak ini.

Dimensi media cetak dalam Desain Grafis

Penting untuk memilih dimensi cetak sesuai kebutuhan desain agar tampilan sesuai harapan. Memilih media cetak perlu mempertimbangkan ketebalan bahan, kualitas hingga ukuran. Hal ini karena dimensi cetak dapat memengaruhi kualitas cetaknya.

Dimensi Layar Digital

Dalam desain terdapat pula dimensi untuk layar digital pada media digital dan perangkat digital. Desain untuk kebutuhan digital perlu mempertimbangkan dimensi layar agar desain terlihat jelas. Hal ini karena layar digital yang berbeda dapat menampilkan tampilan desain yang berbeda.

Dalam mempertimbangkan dimensi layar digital, hal seperti resolusi dan proporsi aspek dapat memengaruhi hasil desain pada layar digital. Perlu dipahami jika dimensi layar HP, tablet, dan komputer bisa berbeda. Belum lagi merek perangkat yang berbeda bisa memiliki dimensi layar yang berbeda.

Dimensi Responsif

Untuk dimensi ini merujuk pada kemampuan desain bisa responsif pada semua media dan platform. Dalam desain penting untuk memastikan sebuah desain akan terlihat sama dan jelas pada berbagai media dan platform. Termasuk juga pada ukuran layar yang berbeda.

Desain yang bisa beradaptasi akan mampu optimal untuk berbagai kebutuhan. Ketika desain responsif ini memungkinkan desain untuk terlihat pada berbagai dimensi dengan baik. Termasuk juga efektif dalam membangun branding dan menyampaikan pesan.

Baca juga: Tips Memilih Nama Merek yang Efektif Membangun Branding

Dimensi Kertas

Untuk media cetak pada dimensi kertas, desain perlu memerhatikan beberapa hal agar tampilan visual tetap jelas. Biasanya dimensi kertas ini desain akan dicetak pada brosur, majalah dan poster. Penting untuk memerhatikan ukuran dan jenis kertas, akan desain terlihat menarik pada dimensi ini.

Pada dimensi kertas ini terdapat standar ukuran kertas untuk mencetak hasil desain seperti A4, A5 hingga US letter. Pemilihan dimensi kertas akan memengaruhi tata letak elemen desainnya.

Dimensi Ruang

Pada dimensi ruang inj merujuk pada penggunaan desain pada ruang fisik. Ruang dimana desain akan dipasang, dipajang atau ditempel. Beberapa desain digunakan pada papan reklame, ruang pameran, hingga didalam interior ruangan. Penempatan desain pada dimensi ruang diatur dengan menarik sesuai kebutuhan.

Dimensi Skala

Terdapat juga dimensi skala yang merujuk pada ukuran penggunaan desain. Skala ini mengacu pada proporsi hingga perbandingan ukuran antar elemen. Penting untuk mengelola dimensi skala pada desain agar hasil desain maksimal. Penting memastikan skala desain yang digunakan terlihat jelas pada media cetak.

Dimensi Navigasi

Pada desain digital untuk aplikasi dan website terdapat dimensi navigasi. Yang mana dimensi ini melibatkan pengalaman pengguna dan antarmuka pengguna. Desain harus memberikan kemudahan dalam navigasi situs dan aplikasi. Dimana elemen navigasi disusun dengan logis dan mudah untuk pengguna saat mengakses situs web.

KESIMPULAN

Dimensi dalam desain grafis yang merujuk pada ruang ini termasuk pada media digital dan cetak. Yang mana dimensi dapat memengaruhi hasil tampilan desain. Setiap desain akan memiliki ruang dimensi yang berbeda. Dengan memanfaatkan dan memahami beberapa dimensi dalam desain, desainer dapat menciptakan berbagai jenis desain yang menarik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts