Rekomendasi Warna untuk Merepresentasikan Sesuai Jenis Bisnis

Pemilihan warna brand harus mempertimbangkan banyak hal agar merepresentasikan desain dengan baik. Utamanya warna harus sesuai jenis bisnis agar desain logo atau brand efektif mencerminkan identitas merek. Warna dalam desain brand bisa merepresentasikan karakter, pesan hingga bidang bisnis agar memudahkan pengenalan audiens. 

REKOMENDASI WARNA UNTUK MEREPRESENTASIKAN JENIS BISNIS

Terkadang warna yang digunakan untuk jenis bisnis tertentu bisa tampil kurang menarik karena tidak relevan. Pemilihan jenis warna harus menyesuaikan jenis bisnis, jika tidak sesuai bisa membingungkan konsumen dan audiens. Perhatikan karakter bisnis dan pesan yang ingin disampaikan ketika memilih warna, seperti berikut ini:

MERAH

  • Cinta
  • Bahaya
  • Kekuatan
Rekomendasi Warna untuk Merepresentasikan Sesuai Jenis Bisnis

Untuk merepresentasikan bisnis fitness, travel, makanan pedas warna merah sangatlah cocok. Warna merah menyala membuat brand akan mudah mencolok dan dikenali oleh konsumen terutama untuk brand makanan. Tidak hanya untuk food and beverage, warna merah juga akan cocok untuk logo perusahaan untuk merepresentasikan kekuatan. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Warna merah memang efektif menarik perhatian namun tetap harus disesuaikan jenis bisnis dan karakter yang ingin diciptakan. Penggunaan warna merah yang bijak akan membuat logo menarik dan membangun branding yang kuat. Warna merah menyala juga bisa merepresentasikan kemarahan jika digunakan untuk desain poster

ORANYE

  • Hangat
  • Basic 
  • Straightforward 
Rekomendasi Warna untuk Merepresentasikan Sesuai Jenis Bisnis

Warna yang hangat ini merupakan campuran warna merah dan kuning sehingga menciptakan kesan hangat. Penggunaan warna oranye untuk warna brand dapat mencerminkan perusahaan konstruksi, pertanian dan food and beverage. Warna oranye ini bisa efektif mengekspresikan brand yang hangat, segar hingga berkesan profesional. 

Dalam desain grafis kebutuhan warna oranye bisa membantu desain terlihat mencolok dan merepresentasikan kesan tertentu. Tidak hanya brand makanan, warna oranye bisa menarik perhatian orang untuk berbelanja sehingga sering dipilih untuk warna logo e-commerce atau bank. Untuk menciptakan tampilan harmonis warna ini bisa dikombinasikan dengan warna merah atau kuning. 

KUNING

  • Ceria
  • Menyenangkan
  • Hangat
Desain Logo Ecommerce

Warna kuning yang cerah ini sering dikaitkan dengan sunshine, funny dan lucu. Hal ini membuat warna ini banyak digunakan untuk kebutuhan mewarnai brand anak-anak. Penggunaan warna kuning akan relevan untuk desain brand anak-anak, makanan dan lainnya. 

Logo atau warna desain menggunakan kuning akan efektif menarik perhatian. Dibandingkan warna lain, kuning ini lebih efektif menarik perhatian dengan cepat diantara. Warna kuning akan memudahkan pula audiens menemukan merek di kerumunan. 

HIJAU

  • Lingkungan dan Alam
  • Kesehatan
  • Kesegaran. 
Desain Logo Skincare pesanan DRABEA
Desain Logo Skincare pesanan DRABEA

Warna hijau dapat sering dikaitkan dengan alam, lingkungan, hingga perlindungan alam. Penggunaan warnah hijau akan membuat desain brand atau logo terlihat tenang. Segar dan alami. Selain karena warnanya yang kalem penggunaan warna hijau ini juga dapat merepresentasikan pertumbuhan dan perkembangan. 

Untuk digunakan sebagai warna brand, hijau akan terlihat relevan dengan industri produk ramah lingkungan, minuman hingga kesehatan. Warna hijau dapat menciptakan sugesti menenangkan sehingga cocok untuk logo rumah sakit atau brand yang berkaitan dengan kesehatan. Produk yang berwarna hijau secara tidak langsung akan dikenal organik dan tampak fresh dibandingkan warna lain.

BIRU

  • Kepercayaan
  • Kemampuan
  • Profesional
  • Keamanan
Desain Logo Perusahaan Teknologi INATEL

Penggunaan warna biru ini cukup populer untuk desain logo berbagai jenis bisnis. Warna biru yang menciptakan kesan terpercaya, profesional, formal hingga aman. Banyak digunakan untuk logo perusahaan karena efektif merepresentasikan perusahaan profesional dan terpercaya. 

Tidak hanya untuk logo perusahaan, warna biru juga sering ditemui dalam desain logo keuangan seperti bank. Variasi warna biru gelap dan muda bisa menciptakan kesan atau makna yang berbeda. 

Baca juga: 7 Kombinasi Warna untuk Desain Logo Bisnis Makanan

UNGU

  • Elegan
  • Mewah
  • Stylish
Desain Logo Property
Jasa Desain Logo Property untuk HOUSE DEMAND

Warna ungu menjadi warna khas logo Yahoo dan tampil beda dibandingkan desain logo lainnya. Penggunaan warna ini sering ditemui dalam menciptakan tampilan brand yang mewah dan elegan. Tampilan warna ungu akan terlihat mewah dalam variasi warna ungu gelap. 

Warna ungu yang bisa menciptakan tampilan mewah dan elegan sehingga akan cocok untuk digunakan sebagai warna brand fashion, jewelry, salon kecantikan hingga kosmetik. Pada brand kecantikan penggunaan warna ini akan sangat cocok dan bisa dikombinasikan dengan warna pink pastel. Warna yang mewah ini juga cocok merepresentasikan brand yang bergerak dalam bidang kreatif dan seni. 

MERAH MUDA ATAU PINK

  • Feminim
  • Romantis
  • Kecantikan
desain logo fashion
desain logo fashion

Warna ini merupakan variasi warna merah yang dicampurkan dengan warna putih sehingga tampil lembut. Penggunaan warna untuk identitas merek dapat mencerminkan makna feminim, cantik dan elegan. Warna merah muda akan sangat cocok untuk digunakan dalam desain brand kosmetik dan florist. 

Terkadang warna ini juga banyak ditemui untuk menciptakan tampilan romantis pada desain poster atau tema valentine. Tidak hanya untuk brand kecantikan, warna merah muda juga sering dikaitkan dengan brand fashion untuk perempuan. 

COKLAT

  • Hangat
  • Terpercaya
  • Kekuatan
desain logo coffee

Penggunaan warna coklat yang termasuk jenis warna hangat ini akan cocok mencerminkan kesan terpercaya, klasik hingga kuat. Warna coklat biasanya kerap digunakan untuk brand fitness, bakery dan perusahaan konstruksi. Untuk logo perusahaan warna coklat bisa merepresentasikan kekuatan dan kepercayaan. 

Jika diperhatikan banyak brand yang bergerak dalam bisnis bakery dapat menggunakan warna coklat untuk menciptakan kesan hangat sekaligus tampilan yang premium. Warna hangat terlihat relevan dengan warna roti sehingga mudah dikenali oleh konsumen. Selain warna coklat yang dikombinasikan kuning dalam desain bakery akan terlihat klasik dan premium. 

Baca juga: Inspirasi Palet Warna untuk Desain Bertema Futuristik

5 HAL TENTANG WARNA

Tidak hanya harus sesuai jenis bisnis agar warna efektif mencerminkan brand tetapi juga perlu tampil menarik. Sebuah brand bisa memiliki dua hingga tiga warna, kombinasi dan variasi warna bisa divariasikan sesuai kebutuhan. Beberapa hal tentang warna ini juga akan membantu memilih variasi warna dan kombinasi warna yang menarik:

Variasi Kecerahan Warna

Dalam memilih warna tidak hanya ada jenis warna merah kuning atau hijau, tetapi setiap warna juga memiliki banyak variasi. Variasi warna tercipta dari tingkat kecerahan dan kegelapan warna yang berbeda. Penting untuk memilih warna dengan saturasi dan value yang sesuai kebutuhan. 

Biasanya pemilihan variasi warna ini dipengaruhi oleh kontras, makna yang diciptakan dan kebutuhan desain. Variasi warna gelap seperti dark blue, burgundy, atau dark chocolate bisa menciptakan kontras pada latar berwarna cerah. Variasi kecerahan juga bisa mempertimbangkan kesan warna yang cerah yang bisa merepresentasikan keceriaan. 

Warna Gradien

Penggunaan warna juga bisa divariasikan dalam efek gradasi atau gradien. Gradasi ini merupakan perubahan warna yang terlihat lembut dari satu ke warna lainnya. Warna seolah terlihat pudar dan menciptakan efek visual yang menarik. 

Penggunaan warna gradien ini menggradasikan dua warna atau lebih, kombinasi warna yang digabungkan ini akan menciptakan tampilan menarik. Variasi gradasi warna juga beragam, bisa diciptakan sesuai kebutuhan. 

Baca juga: Skema Warna Menarik untuk Desain Pernikahan

Skema Warna

Dalam penggunaan warna untuk desain grafis, dapat juga memanfaatkan skema warna seperti monokrom, analog hingga triadik. Skema warna ini akan menciptakan paket warna dari roda warna yang disusun berdasarkan skema tersebut. 

Palet warna dari skema warna ini akan tampil harmonis selama diatur saturasi dan valuenya. Setiap skema warna bisa berisi warna dengan jumlah berbeda, misalnya komplementer yang hanya dua sementara triadik ada tiga. Ketika ingin mengkombinasikan warna dan bingung manfaatkan skema warna. 

Skala Warna

Ketika memilih warna dalam desain grafis perhatikan juga penggunaan desain tersebut. Jika desain akan digunakan dalam media cetak maka akan membutuhkan skala warna CMYK. 

Sementara jika desain akan digunakan untuk media digital gunakan skala warna RGB. Terkadang desainer perlu memilih beberapa warna yang fleksibel dalam berbagai skala. Selalu pastikan warna untuk memiliki skala yang tepat, sehingga visual desain konsisten. 

Campuran Warna

Penggunaan warna tidak hanya bisa dikombinasikan tetapi juga bisa dicampurkan untuk menciptakan warna baru. Ketika menggunakan warna agar tampilan desain semakin menarik bisa juga mencampurkan warna. Misalnya mencampurkan warna sekunder dengan warna putih atau abu-abu untuk menciptakan variasi baru. Pastikan hasil pencampuran warna menarik sehingga desain tampil memikat. 

KESIMPULAN

Untuk memilih warna brand dan logo perhatikan makna dan pastikan sesuai dengan jenis bisnis. Terkadang beberapa bidang bisnis bisa warna yang khas seperti merah dan kuning untuk food and beverage. Warna hijau untuk brand kesehatan dan alami, atau warna untuk menciptakan tampilan yang mewah. Kesesuaian bidang bisnis dan warna brand akan membantu membangun branding dan citra merek yang tepat. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.