Desain grafis yang digunakan untuk membangun branding perusahaan juga termasuk desain profil perusahaan. Desain profil perusahaan harus memiliki isi konten dan desain visual yang bisa mencerminkan identitas dan visi perusahaan. Pemilihan layout dan isi konten untuk company profil harus dipilih dengan bijak.
Adanya company profil akan membantu konsumen memahami tujuan, visi dan misi perusahaan. Ini juga berguna untuk membangun branding perusahaan yang profesional karena memiliki company profile. Company profil bisa dicetak dalam bentuk brosur dan diunggah dalam platform digital seperti website. Penting bagi suatu perusahaan untuk memiliki desain company profil yang menarik untuk dibaca oleh audiens.
Apa itu Desain Profil Perusahaan?
Untuk membangun branding merek, desain profil perusahaan bisa digunakan untuk memperkenalkan perusahaan. Desain company profile dapat digunakan pada saat presentasi untuk menggaet investor dan lainnya. Biasanya company profile seringkali ditempatkan pada bagian lobby untuk memudahkan pengunjung membacanya.

Desain profil perusahaan juga seringkali ditempatkan pada website untuk memudahkan pengunjung membaca informasi tentang perusahaan. Informasi-informasi yang ditempatkan pada desain profil perusahaan harus mencerminkan identitas perusahaan. Fokuskan untuk menggunakan informasi penting dan utama saja yang agar desainnya tidak berlebihan dan malah bisa membosankan.
Untuk membuat audiens tertarik membaca desain profil perusahaan penting memilih layout menarik serta elemen visual yang memikat. Elemen-elemen visual yang digunakan biasanya dipilih yang bisa mencerminkan desain identitas merek dengan baik. Desain visual dari company profile perlu memiliki tampilan visual yang mencerminkan identitas perusahaan dengan baik. Berikut beberapa fungsi dari memiliki company profile:
Gambaran Umum tentang Perusahaan
Desain visual yang bisa memberikan gambaran umum dan menjelaskan tentang visi dan misi perusahaan. Company profil akan memiliki informasi singkat seperti tujuan dan visi misi perusahaan.
Untuk Jadi Media Branding dan Publikasi
Isi konten dalam desain company profil bisa menjadi sarana untuk audiens mengenai perusahaan. Informasi yang disematkan dalam desain company profile akan membantu pembaca mengenal perusahaan.
Digunakan untuk Alat Pemasaran
Desain company profile juga bisa digunakan sebagai alat pemasaran yang membantu menjangkau konsumen melalui informasi menarik. Jika konten dalam desain company profil bisa menarik perhatian ini akan efektif untuk perusahaan lebih dikenal oleh audiens.
Baca juga: 7 Langkah Memilih Gaya Desain untuk Branding
KONTEN YANG HARUS ADA DALAM DESAIN PROFIL PERUSAHAAN
Bagi suatu perusahaan penting untuk memiliki desain grafis atau brosur yang berisi profil perusahaan. Desain company profile harus mencerminkan identitas perusahaan, visi misi hingga tujuan perusahaan kedepannya. Perhatikan beberapa konten yang harus ada dalam desain konten untuk perusahaan, berikut ini:
Sampul Depan dan Daftar Isi Menarik
Untuk menciptakan desain company profil yang menarik, gunakan desain sampul yang menarik. Desain sampul bisa memuat informasi seperti logo perusahaan dan nama perusahaan. Untuk menciptakan tampilan visual menarik gunakan warna latar yang bisa membuat logo terlihat jelas dan mencerminkan identitas perusahaan dengan baik.
Terkadang dalam desain sampul bisa menggunakan dekorasi berupa elemen visual abstrak atau pola dari logo perusahaan. Pastikan desain sampul bisa menunjukkan citra perusahaan dengan baik dan terlihat profesional. Selain logo, nama perusahaan, terkadang dalam desain sampul akan ditambahkan tagline.
Atur agar ukuran logo, nama perusahaan dan tagline memiliki ukuran yang seimbang. Pastikan untuk menciptakan hirarki visual agar desainnya tampil semakin menarik. Sementara untuk daftar isi biasanya akan berada di bagian belakang sampul atau di bagian samping bergantung pada bentuk layout.
About Company atau Sejarah Perusahaan

Pada bagian ini jelaskan tentang sejarah perusahaan atau informasi singkat tentang perusahaan. Biasanya akan ada informasi seperti tahun berdiri dan berdiri selama beberapa tahun, kemudian akan ada penjelasan mengenai industri perusahaan. Usahakan untuk tidak menggunakan teks yang terlalu panjang karena bisa membuat desain terlihat kurang menarik.
Gunakan narasi yang inspiratif dengan kalimat yang menarik, hindari menggunakan bahasa yang sulit dipahami. Jelaskan informasi sejarah pendirian perusahaan, pencapaian, hingga proyek masa depan perusahaan secara singkat. Tambahkan juga informasi pendiri perusahaan, jenis usaha, dan berbagai detail yang penting untuk diketahui oleh audiens.
Baca juga: 7 Tren Desain Branding Visual Terbaru
Visi dan Misi Perusahaan
Dalam desain company profile, informasi visi dan misi adalah informasi yang tidak boleh dilewatkan. Visi perusahaan merupakan gambaran tentang tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Sementara misi adalah upaya atau rencana yang ingin dilakukan perusahaan untuk mencapai visi perusahaan.
Visi dan misi ini merupakan rencana dalam skala besar yang ingin dicapai oleh perusahaan. Sehingga perlu dicantumkan pada desain profil perusahaan agar mudah dipahami oleh audiens. Keduanya merupakan landasan penting yang ingin dicapai oleh perusahaan yang mencerminkan tujuan dan harapan perusahaan.
Portofolio Produk atau Layanan Perusahaan
Untuk meyakinkan publik atau investor pada suatu perusahaan, dalam desain company profile penting untuk mencantumkan portofolio perusahaan. Portofolio ini dapat berupa capaian perusahaan, produk atau layanan perusahaan. Unggulkan prestasi dan produk terbaik perusahaan dalam desain agar menarik perhatian audiens.
Berikan highlight pada prestasi-prestasi besar yang dicapai perusahaan, sehingga mudah terbaca oleh audiens. Gunakan foto produk dengan kualitas tinggi, soroti pula kelebihan dari layanan perusahaan dalam desain profil perusahaan. Jangan lupa beri deskripsi singkat pada gambar produk dan prestasi perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan.
Jelaskan Kelebihan Perusahaan Dibandingkan yang lain

Untuk menciptakan desain company profile yang semakin menyakinkan tambahkan kelebihan atau keuntungan memilih perusahaan dibandingkan yang lain. Untuk menyakinkan audiens tambahkan kelebihan perusahaan, gunakan kalimat menarik dan singkat. Atur agar tata letak teks tampak mencolok sehingga menjadi perhatian utama.
Teks-teks yang menjelaskan kelebihan perusahaan harus tampak menarik perhatian. Gunakan jenis font yang tebal atau beri highlight agar mudah terlihat oleh pembaca. Jelaskan secara singkat dengan tampilan menarik mengapa konsumen perlu memilih produk atau layanan perusahaan.
Baca juga: Desain Brosur untuk Penggunaan Branding dan Pemasaran
Tunjukkan Team Utama
Beberapa desain company profile ada yang menunjukkan team dalam perusahaan. Biasanya ini team utama atau para eksekutif akan ditampilkan foto dan diberi keterangan jabatan atau posisi. Orang-orang dibalik kesuksesan perusahaan dapat meyakinkan publik untuk lebih percaya dengan perusahaan.
Testimoni atau Review Pelanggan
Dalam desain company profile penting juga untuk menempatkan testimoni atau review pelanggan. Gunakan testimoni dari pelanggan yang puas dengan produk atau pelayanan perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan publik pada merek.
Ciptakan tata letak menarik agar review tampak menarik untuk dibaca. Cantumkan juga jika perusahaan pernah bekerja sama dengan klien ternama. Ini akan membantu menunjukkan jika perusahaan berkualitas, dapat dipercaya dan terlihat profesional.
Sampul Belakang dan Informasi Kontak

Tidak hanya sampul depan, desain sampul belakang pada desain company profile harus menarik. Terkadang desain sampul belakang akan dibuat bersambung atau mirip dengan sampul depan. Biasanya pada sampul belakang terdapat informasi kontak perusahaan.
Informasi kontak ini terdiri dari nomor telepon perusahaan link website, hingga akun-akun media sosial perusahaan. Terkadang ada yang mencantumkan faksimile dan alamat email perusahaan. Termasuk juga alamat perusahaan, sehingga audiens yang tertarik dengan produk atau layanan perusahaan bisa segera menghubungi melalui informasi tersebut.
KESIMPULAN
Desain grafis untuk profil perusahaan harus dirancang dengan menarik sehingga efektif untuk menarik perhatian pembaca. Informasi dalam desain bisa terlihat kurang menarik untuk dibaca jika tidak memiliki layout dan pemilihan elemen yang menarik. Perhatikan konten-konten yang harus ada dalam desain company profil agar bisa efektif mencerminkan identitas dan tujuan perusahaan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.