Tips untuk Menciptakan Tagline Merek yang Kuat

Dalam membangun bisnis dan merek yang kuat di tengah persaingan yang ketat, penting untuk menggunakan strategi yang matang. Penggunaan tagline bisa menjadi langkah yang menarik untuk membangun identitas merek yang kuat Untuk menciptakan tagline yang kuat perhatikan bahasa, dan pesan merek dalam kalimat taglinenya.

Tagline merupakan frasa pendek yang dibuat untuk mengekspresikan esensi merek, produk atau layanan pada audiens dalam waktu tertentu. Perlu dipahami jika tagline dan slogan berbeda, perbedaan singkatnya terletak pada jangka waktu, tagline biasanya hanya dalam jangka waktu tertentu, namun slogan bisa lebih lama. Bahkan ada merek yang tidak pernah mengganti slogannya karena sudah menjadi identitas yang kuat.

Kegunaan Tagline

Tagline biasanya digunakan dalam jangka waktu tertentu untuk sesuai dengan yang dipromosikan baik itu produk atau layanan. Ketika masa promosi berakhir maka tagline biasanya akan berganti. Meskipun dalam waktu yang singkat tagline sebagai identitas merek haruslah menciptakan kesan kuat dalam benak audiens. Ini dapat meningkatkan kesadaran merek.

Read More

Jika tagline efektif ini akan membantu merek atau bisnis dapat dibedakan dari yang lain, meningkatkan daya tarik pelanggan dan menyampaikan pesan inti dari merek. Ini sering digunakan untuk memasarkan suatu layanan produk agar mudah diingat dan meninggalkan kesan yang kuat. Tagline yang kuat dapat menarik perhatian konsumen dan terlihat mencolok di antara kompetitor.

TIPS MENCIPTAKAN TAGLINE MEREK YANG KUAT

Mengembangkan tagline merek yang kuat dapat membantu merek memiliki identitas yang kuat, tagline biasanya cenderung lebih spesifik untuk menggambarkan suatu layanan atau produk dari merek, sementara slogan lebih umum dalam menggambarkan inti merek. Berikut beberapa tips menciptakan tagline yang kuat:

Pahami Nilai atau Pesan Merek

Sebelum menciptakan tagline penting untuk menentukan dan memahami merek nilai, misi, tujuan dan pesan merek. Tagline mewakili identitas merek sehingga harus bisa mewakili merek. Selain itu tagline harus bisa mencerminkan produk atau layanan yang sedang dipasarkan.

Tagline biasanya lebih spesifik pada produk atau layanan yang dipasarkan sehingga harus mewakili nilai produk tersebut. Cari tahu hal unik apa yang bisa mewakili merek dan produknya yang bisa digunakan pada tagline.

Tagline harus sederhana, berdampak dan kuat sehingga mudah diingat oleh audiens. Nilai-nilai keunikan produk, keunggulan produk, hingga tujuan produk ini harus dapat tercerminkan dalam tagline.

Sederhana dan Mudah Diingat

Tagline haruslah sederhana agar mudah diingat, sederhana dalam bahasa yang mudah dipahami. Jangan gunakan bahasa yang sulit dipahami, pastikan bahasa dapat dipahami semua kalangan.

Kalimat harus pendek tetapi bisa mencerminkan nilai merek dan produk dengan baik. Gunakan kata-kata yang bisa menyentuh hati pelanggan sehingga mudah diingat. Kata yang terlalu rumit atau berbelit akan sulit dimengerti.

Menyuarakan Manfaat atau Solusi

Biasanya tagline mewakili produk dan layanan dengan spesifik sehingga dapat mengkomunikasikan manfaatnya. Terkadang juga bisa menawarkan solusi dari kendala yang dialami konsumen. Hal-hal seperti nisa membuat tagline berdampak dan mudah diingat.

Tagline yang bisa mengkomunikasikan manfaat dan solusi pelanggan dapat meningkatkan daya tarik. Ini juga bisa membuat pelanggan merasa cocok dengan produk atau layanan merek.

Ciptakan Emosi

Penggunaan kalimat yang tepat dapat menciptakan emosi atau perasaan tertentu pada merek. Kalimat tagline yang menggunakan bahasa yang tepat dapat menyentuh perasaan pelanggan.

Emosi ini bisa bermacam-macam, ada yang bersemangat, tenang, hingga ceria. Pemilihan kata yang tepat akan membantu merek menyusun tagline yang menarik.

Ini bisa dilakukan dengan memikirkan perasaan pelanggan ketika menggunakan produk atau layanan dari merek. Memahami perasaan pelanggan akan membantu menciptakan tagline yang bisa mencerminkan perasaan mereka.

Konsisten dengan Merek

Pastikan tagline digunakan secara konsisten selama periode promosi. Biasanya digunakan pada postingan sosial media, papan iklan, video iklan hingga pada kemasan produk.

Selain konsisten dalam penggunaan, tagline juga harus memiliki keselarasan dengan merek. Ini termasuk keterkaitan pada nilai-nilai, tone of voice, dan gaya merek. Adanya keselarasan antara merek, tagline, dan produk atau layanan akan membangun citra merek yang kokoh.

Gunakan Bahasa yang Menarik dan Memikat

Dalam penciptaan tagline, bahasa yang digunakan adalah daya tarik utama untuk menarik perhatian audiens. Bahasa yang menarik akan membuat audiens mudah teringat terus dengan tagline. Kreasikan bahasa yang menarik serta pastikan memiliki keterkaitan dengan pelanggan.

Penggunaan kata yang sedang tren bisa menjadi pilihan menarik, ini bisa memikat perhatian pelanggan. Karena tagline hanya dalam waktu tertentu saja maka penggunaan kata tren tidak ada masalah. Pilih frasa yang menciptakan kesan unik dan cocok dengan wajah merek serta produk.

Adaptasi Terhadap Perubahan

Tagline biasanya bersifat dalam jangka waktu tertentu selama periode promosi produk atau layanan tertentu. Penting untuk tagline menyesuaikan dengan perubahan dalam tren pasar dan bisnis.

Biasanya untuk mempromosikan setiap produk atau layanan baru, akan membuat tagline baru yang sesuai dengan jenis yang dipromosikan. Tagline yang relevan dengan keadaan saat ini bisa membuat pelanggan bersimpati. Contohnya tagline produk yang relate dengan musim hujan.

Tetap Sederhana Namun Kuat

Meskipun tagline harus sederhana, perlu diingat jika tagline tetap harus kuat untuk menyampaikan pesan dengan efektif. Tagline yang terlalu panjang dan berbelit bahasanya akan sulit dipahami pesannya pada pelanggan. Tagline yang sederhana dan kuat akan mudah diingat dan efektif menyampaikan pesan produk.

KESIMPULAN

Tagline merupakan bagian identitas merek yang mencerminkan setiap produk atau layanan dari merek. Biasanya digunakan pada jangka waktu yang pendek. Agar mudah diingat tagline harus menggunakan bahasa yang sederhana dan bisa mencerminkan kesadaran merek. Tagline yang bisa mengkomunikasikan pesan produk dengan kuat dan unik akan menciptakan identitas merek yang kuat.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts