Warna dalam desain grafis akan membuat desain lebih menarik dan memikat perhatian audiens. Untuk memastikan desain grafis sesuai dengan tujuan, warna harus dipilih yang relevan dengan tren dan menyampaikan pesan dengan baik. Penggunaan warna yang menjadi tren bisa membuat desain lebih menarik dan terlihat relevan dengan era saat ini.
Trending elemen visual bisa digunakan untuk menciptakan desain yang relevan dengan preferensi audiens. Elemen seperti warna, teks hingga font biasanya akan memiliki style yang populer setiap tahunnya. Penggunaan elemen desain yang tren harus disesuaikan dengan kesesuaian dengan pesan dan tujuan desain agar relevan.
5 TREN WARNA TAHUN INI YANG MENARIK
Setiap tren warna bisa berubah, biasanya perubahan dipengaruhi oleh beberapa hal seperti budaya pop, preferensi masyarakat hingga tren yang sedang populer. Penggunaan warna yang sedang tren tetap harus menyesuaikan kebutuhan jenis desain. 5 warna yang menjadi tren ini bisa digunakan menciptakan desain yang relevan dan menarik:
Pearlescent
Warna ini merupakan warna refleksi dari warna putih yang bergantung dari arah mana audiens melihat warna ini. Warna ini memiliki perpaduan warna yang dihasilkan dari refleksi natural seperti pearl. Tampilan warna ini terlihat seperti warna gradien yang acak dan menciptakan ilusi yang menarik.
Pearlescent tidak sama dengan warna iridescent, meski terlihat mirip, warna iridescent merefleksikan banyak warna termasuk seperti warna pelangi, sementara warna pearlescent hanya merefleksikan warna putih. Warna ini memiliki visual yang tampak blur dan dominan putih jika dibandingkan iridescent yang jelas. Penggunaan warna ini akan menciptakan tampilan desain yang modern dan futuristik.
Baca juga: 6 Warna Gradien Menarik Sesuai Tema Desain Grafis
Mint Julep
Pada era modern variasi muted colors cukup populer digunakan daripada warna neon atau cerah yang mencolok. Pemilihan warna pucat dengan saturasi rendah akan menciptakan visual yang tenang seperti mint julep. Variasi warna hijau mint ini bisa menciptakan tampilan segar, tenang dan damai dalam desain.
Untuk digunakan dalam sebuah palet warna, warna ini akan harmonis jika disandingkan dengan sesama warna pucat. Agar kontras kombinasi dengan warna hitam akan memperjelas keterbacaan dan bentuk elemen gambar. Pada skema warna komplementer, kombinasikan warna ini dengan warna ungu.
Peach Fuzz
Warna dalam variasi orange atau peach ini tampil cerah tetapi tidak terlalu mencolok atau mengganggu pandangan mata. Peach fuzz yang termasuk warna hangat ini dapat berguna untuk menciptakan tampilan yang segar dan hangat dalam desain. Variasi warna peach ini termasuk warna soft yang bisa memberikan rasa nyaman dan perasaan damai.
Dalam penggunaannya warna yang merepresentasikan tahun 2024 yang dipilih Pantone ini bisa merepresentasikan kebaikan, kasih sayang dan hubungan. Warna ini bisa digunakan untuk desain yang bertema romantis. Untuk kombinasi yang harmonis, kombinasikan dengan warna merah muda pastel atau ungu.
Baca juga: 7 Kombinasi Warna Cerah Untuk Desain Grafis
Blue Turquoise
Warna biru ini juga dikenal dengan nama fountain blue yang memiliki aksen hijau dan biru yang pucat. Saturasi yang rendah membuat warna ini tampil lebih gelap dan pucat. Biru turquoise ini tampil tenang, segar dan damai cocok untuk tema desain alam dan summer.
Warna yang terlihat seperti warna laut ini membuat desain grafis tampil menyegarkan dan menenangkan. Ketika digunakan dalam desain warna biru ini bisa digunakan untuk merepresentasikan keseimbangan dan harmoni. Warna ini juga banyak digunakan untuk merepresentasikan desain yang natural, alami dan menenangkan.
Plum Perfect
Warna plum ini juga sering disebut warna magenta gelap yang tampil elegan dan mewah. Penggunaan warna ini dapat menciptakan tampilan warna yang mewah dan mendalam. Warna gelap akan memiliki kontras yang jelas jika dikombinasikan dengan warna putih.
Dalam desain grafis warna ini juga kerap dikaitkan sebagai warna bangsawn atau royal. Warna ini bisa dibilang langka sehingga sering dipilih untuk menciptakan kesan mewah. Warna plum ini juga bisa digunakan untuk merepresentasikan spiritualisme dan kesan mewah.
CONTOH PENGGUNAANNYA DALAM DESAIN GRAFIS
Untuk menciptakan tampilan desain yang menarik, penting memilih warna yang sesuai tema dan pesan. Tidak sekedar warna tren tetapi juga sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Berikut dari penggunaan warna yang sedang tren tahun ini yang relevan:
Warna Pearlescent untuk Warna Latar dan Kemasan
Tampilan warna yang memadukan beberapa warna ini tampil mengkilap seperti warna holografik. Warna yang tampil futuristik ini akan cocok untuk menciptakan tampilan hologram atau modern pada desain. Warna pearlescent ini akan cocok digunakan untuk merepresentasikan teknologi canggih atau tema futuristik.
Dalam penggunaan warna ini banyak digunakan untuk desain kemasan atau sebagai warna latar dalam desain grafis. Seringkali desain kartu nama ata desain kemasan akan tampil elegan dan terkesan mewah dengan penggunaan warna pearlescent. Warna yang merefleksikan warna putih ini terlihat blur tidak terlalu kontras dan mencolok.
Baca juga: 6 Kombinasi Warna untuk Desain Konten Instagram Elegan
Warna Mint untuk Logo dan Kemasan Skincare
Variasi warna hijau yang soft dan pucat ini akan tampil segar dan menangkan sehingga sering dipilih merepresentasikan brand skincare. Penggunaan warna mint ini untuk desain kemasan skincare dan logonya akan mengesankan produk yang bisa memberikan perasaan segar dan tenang. Daripada menggunakan warna pink atau ungu pastel, warna mint yang soft lebih cocok dengan citra skincare.
Logo skincare dengan warna mint tidak hanya merepresentasikan kesan segar tetapi juga terkadang mencerminkan produk organik. Jenis warna mint ini bisa menciptakan sugesti pada audiens jika produk skincare terpercaya dan dapat memberikan kesan menenangkan.
Warna Biru Turquoise untuk Logo Perusahaan dan Desain Formal
Warna biru turquoise ini memiliki variasi warna campuran biru dan hijau yang segar. Tampilan warna turquoise yang seperti warna laut ini juga bisa merepresentasikan alam dan laut. Dalam desain grafis warna ini bisa menciptakan tampilan desain yang profesional.
Biasanya warna dapat menciptakan kesan profesional dan terpercaya dalam logo perusahaan. Logo dengan warna biru turquoise ini cocok untuk logo brand kecantikan, minuman dan logo perusahaan besar.
Warna Plum untuk Menciptakan Desain Mewah
Warna plum ini memiliki tampilan seperti ungu gelap sehingga cocok untuk menciptakan tampilan mewah atau desain bertema royal. Variasi warna plum ini terlihat mewah ketika digunakan sebagai warna desain kemasan atau desain produk. Penggunaan warna ini juga banyak digunakan untuk membuat desain yang merepresentasikan bangsawan atau royal.
Penggunaan paling cocok untuk warna plum ini adalah pada desain kemasan brand jewelry yang mewah. Jika brand ingin memiliki desain packaging yang mewah atau elegan gunakan warna plum. Kombinasikan warna plum dengan warna putih atau emas dan silver untuk menciptakan tampilan yang mewah.
KESIMPULAN
Desain grafis akan tampil lebih menarik dengan memilih warna yang tepat dan sesuai kebutuhan. Seringkali tren warna yang sedang populer akan dipilih untuk menarik perhatian lebih banyak orang. Penggunaan warna tren untuk desain grafis harus disesuaikan dengan pesan dan tujuan desain dibuat. Tren warna harus digunakan dengan bijak agar efektif membuat desain grafis menarik perhatian.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.