11 Prinsip Desain Antarmuka Pengguna untuk Platform Digital

Desain untuk kebutuhan antarmuka pengguna untuk platform digital memiliki prinsip desain yang berbeda dengan desain lainnya. Antarmuka pengguna desainnya menekankan pada kemudahan pengguna dalam mengakses platform tersebut. Penting untuk memerhatikan beberapa prinsip dalam desain untuk antarmuka pengguna, agar desainnya efektif.

Desain antarmuka pengguna desainnya dirancang dengan memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan. Ini disesuaikan pula dengan cara pengguna mengakses platform tersebut. Penting juga memerhatikan kebutuhan dan preferensi pengguna dalam platform digital. 

Dalam merancang desain UI atau antarmukan pengguna ini penting untuk memahami dengan baik beberapa prinsip dalam desain antarmuka pengguna. Artikel ini akan membahas beberapa prinsip desain antarmuka pengguna yang bisa dijadikan panduan dalam menciptakan desain efektif dan menarik. 

Read More

Beberapa Prinsip Desain Antarmuka Pengguna

Desain platform digital harus memiliki desain antarmuka pengguna yang bisa memberikan kemudahan akses pengguna. Berikut beberapa prinsip desain untuk antarmuka pengguna yang penting:

Keterbacaan dan Kontras

11 Prinsip Desain Antarmuka Pengguna untuk Platform Digital

Tampilan desain dari platform digital harus mudah untuk dibaca dan memiliki kejelasan. Perlu juga untuk memastikan kontras pada desain untuk memudahkan menyoroti hal-hal penting. Jika tampilan platform digital mudah dibaca dan memiliki kontras yang jelas ini akan memudahkan audiens menemukan fitur, menu hingga tools.

Keterbacaan akan memengaruhi kenyamanan pengguna ketika mengakses platform digital tersebut. Untuk meningkatkan keterbacaan penting memilih teks yang jelas, jenis huruf sederhana dan ukuran yang pas. Penting juga memastikan kontras warna memudahkan untuk membaca teks dan melihat ikon menonjol dari latar belakang.

Konsistensi Visual

Dalam desain untuk antarmuka pengguna penting juga mempertahankan tampilan desain yang memiliki konsistensi visual. Ketika platform digital memiliki tampilan visual yang konsisten ini akan memberikan kenyamanan pengguna. Termasuk juga memberikan tampilan yang konsistens ketika diakses dari berbagai platform yang berbeda.

Prinsip ini cukup penting dalam membangun citra yang positif dan profesional. Untuk itu penting mempertahankan konsistensi visual dalam tata letak, warna, dan gaya visual. Konsistensi elemen tersebut harus sama untuk setiap halaman atau elemen UI yang berbeda. Hal ini akan membantu pengguna mengakses platform dengan mudah tanpa kebingungan 

Feedback Responsif

Dalam mendesain untuk antarmuka pengguna, penting juga memberikan umpan balik kepada pada setiap tindakan pengguna. Misalnya pengiriman pemberitahuan tentang pendaftaran atau langganan, atau jika ada yang berusaha login dengan akun mereka. Hal ini seperti ini akan membantu pengguna merasa nyaman dan memahami hasil dari tindakan yang mereka lakukan. 

Memberikan umpan balik pada pengguna seperti ini akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan. Pengguna dapat dengan mudah untuk memantau dan mengontrol tindakan yang mereka lakukan pada platform digital tersebut.

Navigasi yang Mudah

11 Prinsip Desain Antarmuka Pengguna untuk Platform Digital

Salah satu prinsip yang penting tidak boleh dilupakan dalam menyusun desain antarmuka pengguna adalah navigasi. Untuk memudahkan audiens dalam mengakses antarmuka pengguna pastikan navigasi jelas dan mudah dipahami. Navigasi harus memberikan kemudahan pengguna dalam menemukan berbagai fitur dalam antarmuka pengguna tersebut.

Penting untuk merancang desain antarmuka pengguna dengan intuitif dan menarik, pastikan juga navigasi berisi fitur utama dan penting. Tata letaknya pun harus mudah ditemukan oleh pengguna. Hal ini agar pengguna cepat menemukan informasi atau fitur penting yang mereka cari.

Baca juga: Elemen Desain dalam Desain Antarmuka Pengguna (UI)

Efisien untuk Interaksi

Desain antarmuka pengguna juga harus memberikan efisiensi untuk pengguna berinteraksi. Jika desainnya interaktif dan menarik, ini akan membantu merek dapat berinteraksi dengan pengguna. Agar desain antarmuka pengguna efisien ketika digunakan oleh pengguna pastikan desain cepat untuk dimuat.

Mempercepat kecepatan muat akan memberikan efisiensi pengguna dalam mengakses antarmuka pengguna. Meminimalkan langkah untuk mencapai tujuan fitur tertentu juga akan memberikan kenyamanan pengguna. 

Estetika dan Visual Appeal

11 Prinsip Desain Antarmuka Pengguna untuk Platform Digital

Desain antarmuka pengguna tidak hanya harus memberikan kenyamanan akses, tetapi juga harus memiliki tampilan yang menarik atau memiliki nilai estetika. Jika tampilannya menarik secara visual ini bisa meningkatkan daya tarik penggunaan. Untuk menciptakan tampilan yang memiliki nilai estetika penting memerhatikan penggunaan elemen-elemen desain.

Elemen seperti warna, gambar, teks, ikon hingga gaya visual dapat memengaruhi hasil tampilan visual desain. Kombinasi elemen yang menarik untuk menciptakan tampilan visual dapat menciptakan pandangan dan emosi tertentu pada audiens. 

Pentingnya Ruang (Whitespace)

Dalam desain untuk antarmuka pengguna penting menggunakan whitespace untuk menciptakan tampilan menarik dan memudahkan akses pengguna. Mengatur ruang desain dengan bijak akan menciptakan tampilan visual yang jelas. Hindari kerumitan dengan mengatur tata letak dengan rapi untuk memudahkan akses pengguna. 

Penting untuk mengatur ruang yang cukup dimana elemen diletakkan pada ruang yang memberikan fokus pada informasi penting. Hal ini akan memudahkan pengguna fokus pada informasi penting yang relevan dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Mengatur Tata Letak Desain Menarik dengan Rules of Thirds 

Kesesuaian dengan Konteks

Desain UI juga perlu untuk disesuaikan dengan konteks penggunaannya. Agar memudahkan untuk merancang desain yang bisa responsif terhadap berbagai penggunaan pada ukuran layar atau jenis perangkat yang berbeda. Desain yang akan digunakan untuk semua perangkat mulai dari smartphone, tablet hingga komputer harus responsif dan tetap terlihat jelas. 

Aksesibilitas

Desain antarmuka pengguna pada era digital ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemudahan akses semua kelompok. Termasuk dengan menyediakan fitur talkback aka memudahkan semua kelompok pengguna dapat mengakses Desain pada platform digital dengan mudah. 

Penggunaan Hirarki Visual

Dalam desain UI penting juga mengatur hirarki informasi untuk memudahkan pengguna mengakses hal penting terlebih dahulu. Adanya hirarki informasi dan visual memungkinkan untuk menyoroti informasi utama dalam desain. Ini juga membantu audiens menemukan fitur penting atau yang relevan dengan pengguna. Mengatur tata letak elemen, ukuran, warna hingga gaya visual dapat menciptakan hirarki visual.

Familiar dan Sesuai Industri

Mendesain antarmuka pengguna juga perlu memerhatikan penggunaan elemen-elemen desain yang familiar. Dalam desain UI biasanya ada fitur menu, tools atau ikon yang sudah akrab dikenali oleh audiens, gunakan ini agar desain mudah dipahami oleh audiens. Pengguna akan merasa nyaman ketika fitur atau elemen dalam desain UI sudah merek kenali dan pahami fungsinya. 

KESIMPULAN

Penting dalam menciptaan desain untuk antarmuka pengguna memerhaatikan beberapa prinsip dasar dalam desain ini. Prinsip ini akan membantu desain UI terlihat menarik dan mudah diakses oleh pengguna dengan nyaman. Desain yang menarik akan memberikan kepuasan pengguna dan membangun kesetiaan mereka. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts