Perbedaan Antara Logo dan Brand Identity

Dunia bisnis tidak bisa dilepaskan dengan desain grafis, ada banyak kebutuhan bisnis yang didukung oleh desain grafis menarik. Mulai dari desain logo, kantor website hingga pemasaran, merek atau bisnis tak bisa lepas dengan desain logo dan identitas merek. Namun beberapa orang tidak bisa membedakan perbedaan antara logo dan brand identity.

Keduanya berbeda meskipun sama-sama berguna dalam membangun identitas bisnis atau merek. Sederhanya logo adalah bagian dari identitas merek namun identitas merek sendiri cukup luas dan ada banyak. Sebagai bagian dari brand identity, logo merupakan salah satu elemen penting untuk mendefinisikan merek.

Desain logo dan brand identity diciptakan dengan memanfaatkan desain grafis, keduanya memiliki beberapa elemen yang terhubung. Elemen desain dalam brand identity dijadikan elemen yang membangun desain logo. Keduanya terhubung untuk membangun citra merek dihadapan publik atau pelanggannya.

Read More

Logo dan brand identity ini kerap disalahpahami adalah hal yang sama, padahal tidak sama namun saling terhubung. Keduanya juga berperan penting dan unik untuk membentuk pandangan pelanggan terhadap merek atau bisnis. Untuk mengetahui apa saja perbedaan dari logo dan brand identity simak pembahasan ini dengan cermat.

LOGO

Identitas yang mencerminkan merek melalui tampilan visual yang digunakan pada berbagai konteks ini adalah bagian penting dari merek.

Apa itu Logo?

Logo merupakan elemen visual yang mencerminkan nilai atau tujuan merek dalam bentuk gambar, ikon dan teks. Ada banyak sekali jenis logo yang bentuknya dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis logo biasanya dipilih yang paling cocok dengan karakter, nilai, hingga visi misi merek. Logo yang berbentuk ikon visual ini dapat digunakan untuk memudahkan audiens mengenali dan mengidentifikasi merek dengan cepat.

Fungsi Logo

Sebagai bagian dari identitas merek, logo sendiri memiliki fungsi untuk membangun identitas merek melalui tampilan visual. Fungsi logo sering pula dikaitkan dengan tujuan merek untuk membangun identitas yang kuat. Logo biasanya dibuat dengan mempertimbangkan beberapa fungsi ini agar bisa efektif.

Identifikasi Cepat

Salah satu fungsi logo dalam membangun identitas merek adalah untuk memudahkan audiens mengidentifikasi merek. Dalam dunia bisnis ada banyak sekali merek yang bermunculan, untuk itu logo berfungsi memudahkan merek agar mudah dikenali. Logo yang unik dan mencerminkan merek dengan baik, akan memudahkan audiens mengenali logo dari merek tertentu.

Memuat Nilai dan Identitas

Selain untuk memudahkan audiens mengenali merek, logo juga biasanya mencerminkan nilai dan identitas merek. Bentuk logo dipilih untuk menggambarkan visual dari nilai merek, termasuk filosofi dan karakteristik merek. Hal ini dapat membangun citra atau pandangan audiens pada merek berdasarkan nilai atau pesan yang disampaikan pada logo. Merek yang memiliki nilai dan filosofi mendalam akan menarik perhatian audiens.

Branding Konsisten

Logo akan digunakan pada semua aspek bisnis untuk membangun branding yang konsisten. Mulai dari kemasan, media sosial hingga materi pemasaran, untuk itu desain logo harus bisa responsif agar bisa digunakan pada semua media dan platform. Desain logo yang responsif akan tetap terlihat jelas pada semua konteks penggunaan. Ini akan membantu audiens mudah untuk mengenali merek.

BRAND IDENTITY

Brand identity atau yang lebih dikenal dengan identitas merek ini tidak hanya berupa logo tetapi mencakup beberapa hal. Ada banyak elemen yang terkait dengan identitas merek termasuk logo yaitu warna, tipografi, pesan, tagline hingga desain kemasan. Identitas merek tidak hanya berupa tampilan visual tetapi juga bagian teks dan audio.

Apa itu Brand Identity?

Brand identity melibatkan seluruh rangkaian elemen yang membentuk citra dan kepribadian suatu merek. Ini mencakup logo, warna merek, tipografi, gaya visual, desain kemasan, dan elemen-elemen lain yang berkontribusi pada cara merek tersebut dikenali dan dipahami oleh konsumen.

Komponen Brand Identity

Logo: Seperti yang sudah kita tahu jika logo adalah bagian dari identitas visual dari suatu merek. Bentuk ikon logo diciptakan untuk mencerminkan nilai dan pesan merek dengan baik. Hal ini agar logo bisa membangun identitas yang kuat sebagai elemen pusat dalam identitas merek.

Warna Merek: Warna juga merupakan salah satu elemen visual yang merupakan bagian dari identitas merek. Setiap merek biasanya memiliki warna yang digunakan untuk semua aspek visual merek, mulai dari logo, kemasan, materi pemasaran hingga warna media sosial. Penggunaan palet warna yang konsisten pada semua elemen visual merek akan menciptakan konsistensi visual.

Tipografi: Tipografi atau jenis huruf ini juga elemen penting dalam identitas merek. Tipografi yang digunakan dalam logo akan konsisten pula digunakan pada elemen lainnya seperti materi pemasaran, iklan dan media sosial merek. Biasanya jenis dan gaya tipografi juga mencerminkan karakteristik merek yang ingin dibangun pada audiens.

Desain Kemasan: Desain pada kemasan produk biasanya menggunakan unsur identitas merek yang lain seperti warna, tipografi dan logo. Inilah mengapa kemasan merupakan bagian penting dari identitas merek. Desain kemasan dapat mencerminkan identitas visual merek dengan desain menarik.

Gaya Fotografi: Merek biasanya membutuhkan foto atau gambar entah produk atau dalam bentuk layanan untuk digunakan sebagai materi promosi. Gaya pengambilan gambar juga bisa menjadi identitas merek, jika memiliki pola tertentu. Merek biasanya akan memiliki gaya sendiri dalam fotografi untuk dijadikan ciri khas.

Slogan atau Tagline: Elemen identitas merek yang ini merupakan elemen penting untuk membangun branding dan kesadaran merek. Penggunaan tagline dan slogan yang menarik akan membekas dalam ingatan pelanggan. Ini dapat membuat pelanggan menyadari kehadiran merek dalam waktu yang lama.

Fungsi Brand Identity

Pengenalan yang Konsisten: Identitas merek ini memiliki fungsi penting untuk membangun identitas yang kuat pada pelanggan. Semua komponen identitas merek berguna untuk membangun branding merek. Baik secara visual maupun melalui tulisan dan audio. Identitas merek banyak diterapkan pada media sosial, website hingga kemasan.

Memancarkan Nilai dan Kepribadian: Umumnya identitas merek mencerminkan nilai, karakter dan tujuan merek, sehingga berfungsi menunjukkan tujuan merek pada audiens. Identitas merek diharapkan dapat mengkomunikasikan pesan merek pada audiens dengan menyeluruh.

Mengarahkan Kreativitas Visual: Identitas merek ini dapat dijadikan acuan merek dalam menciptakan desain pemasaran yang mencerminkan merek dengan baik. Penggunaan elemen seperti tipografi, warna dan tagline pada materi pemasaran akan membangun konsistensi visual.

Memudahkan Identifikasi: Penggunaan brand identity dengan konsisten akan memudahkan membagun kesadaran merek yang kuat. Ini memungkinkan merek mudah dikenali dan diingat audiens diantara banyaknya merek yang ada. Identitas merek yang kuat akan meninggalkan kesan mendalam dalam benak konsumen, pelanggan bisa mengingat merek tanpa adanya stimulan.

KESIMPULAN

Perlu dipahami bahwa logo dan brand identity memiliki perbedaan meskipun saling terhubung dalam menciptakan identitas visual yang kuat. Logo sebagai bagian utama dari identitas merek berguna membangun identitas merek melalui bentuk visual. Sementara brand identity ini mencakup hal yang luas tentang merek seperti warna, tipografi hingga kemasan. Keduanya berguna membangun identitas merek yang kuat di hadapan publik, untuk memudahkan pelanggan mengenali merek.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts