Ide Pemasaran Unik untuk Menarik Perhatian

Dalam dunia bisnis, pemasaran adalah aspek penting dalam mengembangkan merek. Pemasaran dalam bisnis ini melibatkan branding, desain hingga teknik marketing yang menarik. Untuk mencapai keberhasilan dari branding penting menyusun ide atau taktik pemasaran yang unik, sehingga efektif memasarkan merek atau produknya.

Ide pemasaran yang unik dapat membantu merek mudah dikenal, meningkatkan penjualan hingga membangun brand awareness. Strategi pemasaran yang unik dan berbeda dari pesaing akan membuat merek menonjol. Selain itu menciptakan ide pemasaran yang berbeda juga memungkinkan merek meninggalkan kesan yang kuat pada audiens.

Pemasaran bisnis ini bisa terkait dengan banyak hal termasuk desain, cara pemasaran, media, hingga apa yang dipasarkan. Ada banyak ide menarik yang bisa digunakan untuk membangun branding melalui ide pemasaran unik. Tak jarang brand yang berhasil menggunakan teknik marketing yang unik meraih kesuksesan besar.

Read More

Perlu diingat juga bahwa ide pemasaran yang berhasil tidak harus mahal atau menelan banyak biaya. Ide pemasaran yang menarik harus tetap memiliki kaitan dengan jenis usaha atau nilai mereknya. Simak pembahasan artikel ini untuk mengetahui beberapa ide unik yang bisa digunakan untuk pemasaran.

Beberapa Ide Pemasaran yang Unik

Mencari inspirasi desain pemasaran yang unik bisa dengan melihat cara brand besar dan terkenal melakukan pemasaran. Tidak bisa dipungkiri merek berhasil menarik perhatian konsumen, karena idenya kebanyakan unik dan out of the box. Berikut beberapa ide pemasaran unik yang bisa dijadikan inspirasi:

Iklan Berupa Animasi Seperti Anime Atau Kartun

Salah satu cara dalam pemasaran adalah melalui iklan yang dapat berupa video atau gambar. Biasanya konten iklan ada yang dicetak dan digital desainnya harus menarik untuk menarik perhatian konsumen. Ada banyak ide iklan yang menarik yang bisa dijadikan inspirasi dalam pemasaran.

Salah satu ide pemasaran yang menarik adalah dalam bentuk desain animasi, penggunaan desain animasi bisa digunakan untuk menceritakan kisah yang relevan dengan merek. Desain animasi akan memberikan suasana yang berbeda layaknya menonton series animasi, ini biasanya lebih menarik perhatian dari iklan manusia biasa. Gunakan gaya desain yang memiliki tampilan visual memikat dan jalan cerita yang menarik.

Video Drama atau Series

Dunia hiburan dalam perfilman termasuk drama dan series terus mengalami kenaikan popularitas. Menjadikan ini sebagai ide untuk pemasaran produk atau layanan bisa menarik. Sudah banyak merek terkenal yang membuat series mereka sendiri sebagai langkah branding yang cerdas.

Series bersambung akan sangat menarik perhatian jika dapat dibuat dengan alur cerita menarik dan relevan dengan audiens umum. Membangun cerita drama yang bisa memberikan solusi dengan produk atau layanan merek bisa menjadi ide menarik.

Adanya platform media sosial ini membantu merek dapat membagikan konten series dengan mudah. Audiens pun bisa membagikan konten dan membuatnya semakin viral. Inilah mengapa media sosial menjadi platform favorit dan utama dalam pemasaran.

Penggunaan Hadiah dalam Kemasan

Ide menarik lain yang bisa diterapkan dalam pemasaran adalah penggunaan hadiah dalam setiap pembelian tertentu. Pemberian hadiah pada pembelian produk tertentu atau dengan jumlah harga tertentu akan mendapatkan merchandise lucu. Hal seperti ini bisa untuk meningkatkan penjualan produk.

Hal ini karena terkadang audiens merasa membeli produk yang memberikan merchandise jauh lebih menarik daripada yang tidak meski lebih murah harganya. Penggunaan kode unik sebagai undian bisa juga digunakan untuk meningkatkan penjualan. Misalnya ketika pelanggan bisa mengumpulkan kata tertentu dari huruf yang tersebar pada produk, untuk mendapatkan hadiah.

Poster Karikatur

Meskipun biasanya karikatur banyak digunakan untuk memberikan opini, menggunakan karikatur sebagai ide pemasaran dapat menarik perhatian. Desain karikatur identik dengan kesan humor dan lucu yang bisa memberikan merek kesan yang ramah. Karikatur bisa digunakan pada bentuk desain gambar yang menyampaikan pesan pemasaran dengan unik.

Desain karikatur yang menceritakan cerita merek dengan cara humor mungkin lebih dapat membangun hubungan emosional yang kuat dengan audiens. Pastikan gaya karikatur sesuai dengan nilai dan karakter merek. Selain itu gunakan pula gaya penceritaan yang menarik, sederhana dan mudah untuk dipahami.

Konten Kreatif

Dalam era digital ini konten kreatif bisa dijadikan ide pemasaran yang bisa menarik perhatian. Banyak merek berhasil meningkatkan popularitas berkat memanfaatkan konten yang kreatif untuk memasarkan produk. Namun konten yang kreatif semakin banyak dibuat. untuk bisa bersaing ciptakan ide yang menarik.

Amati tren atau sesuatu yang sedang populer di media sosial, manfaatkan hal itu untuk melakukan pemasaran produk. Ciptakan ide konten yang baru yang belum pernah digunakan. Beberapa konten kreatif yang menarik biasanya yang menggunakan video drama, atau cerita yang relevan dengan audiens.

Pemasaran pada Periode Tertentu

Salah satu ide yang bisa menarik perhatian audiens juga menggunakan ide dari yang berdasarkan periode tertentu. Ciptakan pemasaran yang selalu bisa relevan dengan keadaan. Penting untuk menyesuaikan kembali ide pemasaran dengan keadaan atau perayaan tertentu.

Misalnya pada periode lebaran ini manfaatkan periode ini untuk menciptakan iklan yang unik, yang bisa relevan dengan perasaan orang tentang lebaran. Ciptakan ide yang unik yang bisa memberikan solusi pada audiens pada perayaan seperti itu. Misalnya menawarkan produk yang cocok untuk mengatasi lebaran.

Penggunaan Video Tutorial

Ada banyak sekali ide konten unik untuk pemasaran pada era digital ini termasuk pembuatan video tutorial. Video tutorial mungkin bisa membantu memudahkan audiens dalam menggunakan produk dan layanan tertentu. Gunakan alur penceritaan yang menarik dalam video tutorial sehingga audiens bisa mudah memahami videonya.

Merek tidak hanya melakukan pemasaran produk atau layanan dari mereknya saja, merek bisa memberikan tutorial pada audiensnya. Ini bisa meningkatkan daya tarik merek dan memberikan kesan merek yang peduli dengan konsumennya.

Gunakan Teknologi Baru

Pada era teknologi canggih ini gunakan teknologi untuk memasarkan produk dengan menarik. Misalnya dengan barcode, teknologi AR/VR, dan lainnya ini akan sangat cocok dengan era modern. Penggunaan aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan akses dalam suatu produk atau layanan, akan membantu audiens.

Gunakan barcode yang bisa discan oleh audiens untuk melihat produk dalam bentuk nyata atau informasi lebih lanjut tentang produk. Ini akan memengaruhi keputusan pembelian audiens.

KESIMPULAN

Dalam era digital untuk bisa bersaing penting untuk menciptakan ide kreatif dalam pemasaran, agar merek bisa bersaing. Ide pemasaran yang unik akan membantu merek berkembang dan membangun kehadiran merek yang kuat. Pemasaran yang unik terkadang masih diingat dalam waktu yang lama.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts