Fungsi dan Tujuan Pemasaran dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis pemasaran berguna untuk menyampaikan barang atau jasa pada konsumen. Pemasaran berperan penting untuk menggaet para calon pelanggan, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Sebagai jembatan antara konsumen dengan produk atau layanan, pemasaran memiliki fungsi dan tujuan yang jelas.

Ada banyak fungsi dan tujuan pemasaran dalam memberikan dukungan untuk pertumbuhan dan kesuksesan suatu bisnis atau perusahaan. Dengan mengetahui fungsi pemasaran, bisnis dapat mengambil langkah yang tepat untuk strategi pemasaran.

FUNGSI PEMASARAN

Pertukaran

Fungsi pemasaran ini memungkinkan pembeli dapat membeli produk atau layanan yang dibutuhkan. Dalam pemasaran ada proses penukaran uang dengan barang atau layanan.

Read More

Pembeli juga bisa menukarkan produk dengan produk. Ini akan membantu barang sampai ke tangan konsumen. Produk yang dibeli dapat dipakai atau dijual kembali untuk meraih keuntungan seperti reseller.

Perantara

Pemasaran juga berfungsi sebagai perantara produk atau layanan dari produsen ke konsumen. Untuk menyampaikan produk pada konsumen dapat melalui banyak cara, misalkan layanan ekspedisi.

Distribusi (Distribution)

Penting untuk menyusun strategi distribusi produk atau layanan yang efisien. Distribusi ini termasuk dengan mulai menyimpan, dan mengirimkan barang pada konsumen.

Proses distribusi penting untuk menjaga ketersediaan stok. Dengan menyusun strategi distribusi yang tepat, konsumen dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan produk.

Distribusi juga menjaga ketersediaan barang pada semua berbagai tempat. Dengan strategi distribusi yang tepat, barang bisa sampai dalam waktu yang cepat pada konsumen.

Penetapan Harga (Pricing)

Salah satu fungsi pemasaran adalah untuk menentukan harga produk atau layanan. Penting bagi bisnis bisa menentukan harga produk yang bersaing sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

Untuk menentukan harga produk perlu mengamati harga pasaran dan disesuaikan dengan biaya produksi. Gunakan harga yang tak jauh beda dipasaran agar produk atau layanan bisa bersaing.

Pengembangan Produk (Product Development)

Pemasaran juga berfungsi untuk mengembangkan produk agar dapat bersaing dan memenuhi kebutuhan pasar. Dengan mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi konsumen.

Pelaku usaha bisa menyediakan produk atau pelayanan sesuai kebutuhan. Bisnis perlu terus mengembangkan produk, agar bisnis dapat terus berkembang.

Promosi (Promotion)

Salah satu fungsi penting dari pemasaran adalah untuk mempromosikan produk atau layanan. Pemasaran akan membantu bisnis meningkatkan kesadaran merek dan citra positif merek.

Citra merek dapat dibangun melalui berbagai platform dan media, dengan menampilkan iklan, pemasaran digital di sosial media dan promosi penjualan lainnya seperti pemberian diskon.

Penjualan (Sales)

Pemasaran juga berfungsi untuk meningkatkan penjualan. Dengan merancang strategi pemasaran yang tepat sasaran dan sesuai kebutuhan target pasar, pemasaran dapat meningkatkan penjualan.

Strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran akan meningkatkan penjualan produk atau layanan. Ini akan memberikan keuntungan pada bisnis atau perusahaan.

Penelitian Pasar (Market Research)

Pemasaran juga memiliki fungsi untuk melakukan analisis pasar, yang bisa berguna untuk menciptakan strategi pemasaran yang lebih baik. Dengan mengumpulkan dan menganalisis tren serta informasi, akan membantu mengetahui kebutuhan pasar.

Analisis tren dan informasi membantu mengidentifikasi peluang baru untuk bisnis. Ini dapat dijadikan landasan untuk mengembangkan bisnis dengan lebih baik lagi.

TUJUAN PEMASARAN

Adanya Pertumbuhan Penjualan

Salah satu tujuan utama dari pemasaran yaitu diharapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan baik barang atau jasa. Peningkatan penjualan dapat dicapai jika bisa melakukan strategi yang tepat.

Dengan menggunakan strategi yang tepat, pemasaran bisa menarik perhatian untuk membeli produk. Strategi pemasaran harus bisa memanfaatkan apa yang dibutuhkan konsumen untuk meningkatkan penjualan produk.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Tujuan lain dari pemasaran adalah meningkatkan kesadaran merek pada bisnis. Strategi pemasaran yang tepat akan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap merek dan bisnis. Ini bisa membuat konsumen tertarik untuk membeli.

Untuk meningkatkan kesadaran merek, gunakan sosial media dengan mengunggah berbagai konten yang menarik. Dengan aktif berinteraksi dan mengunggah konten di sosial media, ini akan meningkatkan kesadaran merek.

Menciptakan Loyalitas Pelanggan

Pemasaran juga memiliki tujuan agar pelanggan setia pada produk atau layanan. Dengan pemasaran merek bisa membangun citra positif dan meningkatkan kepercayaan konsumen pada merek.

Menjaga kesetiaan pelanggan dapat dilakukan dengan aktif di sosial media, menjaga kualitas produk, memberikan layanan pelanggan yang baik serta dengan program layanan loyalitas. Jika tujuan ini bisa tercapai pelanggan akan setia pada bisnis.

Pengembangan Pasar

Dengan melakukan pemasaran, bisnis dapat dikembangkan lebih luas dan besar sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang. Pemasaran yang efektif dapat menggaet lebih banyak pelanggan, dan memungkinkan untuk memperluas pangsa pasar.

Untuk mengembangkan pasar, selama proses pemasaran pelaku bisnis bisa menerima umpan balik dan meneliti keadaan pasar. Jika ada potensi menguntungkan dan melakukan perbaikan, bisnis dapat diperluas dan dieksplorasi.

Persentase Keuntungan dan Efisiensi

Pemasaran bertujuan untuk melihat sejauh mana persentase keuntungan yang diperoleh dari strategi pemasaran yang dilakukan. Ini dapat digunakan untuk mencapai keuntungan yang maksimal.

Untuk meraih keuntungan dengan maksimal, lakukan pengelolaan biaya pemasaran, tingkatkan efisiensi pada distribusi dan maksimalkan pelayanan pada pelanggan. Efisiensi pada pemasaran adalah kunci agar bisnis bisa meraih keuntungan yang maksimal.

Responsif Terhadap Perubahan Pasar

Pemasaran harus bisa menyesuaikan apabila ada perubahan pasar, strategi pemasaran perlu dirubah untuk menyesuaikan kondisi. Perubahan yang cepat pada tren akan membuat pemasaran menghadapi tantangan mulai dari perubahan tren hingga kebijakan industri.

Pemasaran bertujuan untuk bisa menghadapi hal-hal seperti perubahan pasar. Responsif terhadap berbagai keadaan akan membantu pemasaran menciptakan strategi yang efektif.

KESIMPULAN

Pemasaran memiliki peran krusial pada pertumbuhan bisnis. Ada banyak tujuan dan fungsi pemasaran dalam bisnis, mulai dari meningkatkan penjualan, menyampaikan produk pada konsumen, meningkatkan kesadaran merek hingga menjaga kesetiaan pelanggan. Dengan memahami fungsi dan tujuan pemasaran dengan baik, bisnis bisa mempertahankan bisnis dalam jangka panjang dan membantu pertumbuhan bisnis.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts