Variasi Ukuran Banner Digital yang Digunakan untuk Promosi 

Spread the love

Banner merupakan media yang digunakan sebagai alat promosi produk, acara, merek dan penawaran khusus. Pada era modern ini Banner memiliki dibagi kedalam dua jenis berdasarkan medianya yaitu digital dan cetak. Dalam desain banner digital ada beragam variasi ukuran pada setiap platform digital yang berbeda. 

Variasi Ukuran Banner Digital yang Digunakan untuk Promosi 

Penggunaan untuk media digital Banner bisa ditempatkan untuk berbagai jenis konten dan media digital. Beberapa media digital, untuk menempatkan Banner seperti media sosial, youtube ads, google ads hingga situs website. Perlu melakukan penyesuaian ukuran Banner untuk setiap media digital yang berbeda-beda, agar tampilannya tetap jelas. 

Tujuan Banner sendiri digunakan untuk menyampaikan informasi dengan efektif pada audiens dengan desain yang menarik. Tampilan desain yang menarik memungkinkan untuk banner bisa efektif menyampaikan pesan. Untuk penggunaannya, pilih variasi ukuran sesuai media digital yang akan digunakan. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

VARIASI UKURAN DESAIN BANNER DIGITAL

Dalam desain banner digital pilih jenis ukuran yang sesuai media dan platform banner akan digunakan, agar tidak ada elemen yang mungkin terpotong. Berikut beberapa variasi ukuran desain banner digital untuk digunakan dalam promosi:

Facebook

Variasi Ukuran Banner Digital yang Digunakan untuk Promosi 

Pada media sosial Facebook terdapat dua jenis ukuran banner yang disesuaikan penggunaan bannernya. Dalam aplikasi ini sebenarnya ada banyak jenis konten kreatif yang bisa digunakan. Seperti postingan, story, hingga sampul akun.

Namun banner dalam aplikasi ini digunakan untuk promosi dalam bentuk iklan dan halaman marketplace. Saat ini banyak media sosial yang memiliki slot iklan bagi yang ingin ber promosi. Ads di media sosial akan efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Berikut dua ukuran banner dalam Facebook. 

Ukuran Banner Iklan: 1200 x 628 piksel

Ukuran Banner Cover Halaman: 820 x 312 piksel

Banner iklan tersebut bisa digunakan jika merek hendak memanfaatkan fitur iklan. Sementara untuk desain cover halaman tersebut, biasanya untuk merek yang memiliki halaman di Facebook untuk promosi. 

Twitter

Media sosial twitter ini meskipun lebih dominan teks, penggunaan banner dapat digunakan untuk mempromosikan sesuatu dengan menarik. Desain banner akan memberi warna dan dimensi yang menarik perhatian. Penggunaan banner pada media twitter bisa digunakan pada sampul header akun dan banner iklan. Berikut ukuran untuk header dan iklan:

Ukuran Banner Header: 1500 x 500 piksel

Ukuran Banner Iklan: 800 x 320 piksel

Karena twitter sudah memiliki banyak teks, fokuskan desain untuk memvisualisasikan sesuatu menggunakan ilustrasi dan grafis. Hindari penggunaan teks berlebihan, karena postingan twitter kebanyakan teks. Manfaatkan banner untuk menciptakan desain grafis menarik untuk kebutuhan promosi dan lain-lain.

Baca juga: Pentingnya Media Sosial untuk Membangun Branding

Instagram

Variasi Ukuran Banner Digital yang Digunakan untuk Promosi 

Pada platform instagram banner bisa digunakan untuk kebutuhan ads iklan pada story dan feeds. Ukurannya akan sama dengan story dan feeds biasanya. Yang membedakan untuk banner story dan feeds iklan ini bisa menjangkau lebih banyak orang. Berikut ukuran konten banner digital untuk feeds dan story:

Ukuran Banner Iklan Feed: 1080 x 1080 piksel

Ukuran Banner Iklan Stories: 1080 x 1920 piksel

Banner ads pada instagram bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Iklan dalam instagram biasanya akan menjangkau sesuai minat dari para pengguna instagram, sehingga lebih tepat sasaran. Manfaatkan fitur untuk mengiklankan postingan atau sesuatu pada platform instagram. 

Desain banner yang menarik dan jelas pesan yang ingin disampaikan, memungkinkan promosi merek akan berhasil. Memanfaatkan berbagai fitur ada dalam instagram akan memperkenalkan merek secara luas. 

LinkedIn

Platform untuk membangun portofolio kerja dan mencari kerja ini juga sering digunakan untuk kebutuhan iklan. Desain banner yang menarik dan sesuai ukurannya akan terbaca dengan jelas. Pesan promosi akan efektif tersampaikan dengan baik. 

Platform LinkedIn juga menyediakan bagian untuk iklan agar perusahaan atau orang bisa mempromosikan bisnis atau loker kerja. Berikut ukuran untuk banner dalam platform LinkedIn:

Ukuran Banner Halaman Perusahaan: 1536 x 768 piksel

Ukuran Banner Iklan: 1200 x 627 piksel

Pada halaman akun perusahaan LinkedIn juga biasanya menempatkan banner. Banner bisa berisi informasi tentang perusahaan, visi, misi dan proyek yang sedang dijalankan. Sementara untuk banner iklan bisa digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Terkadang juga digunakan untuk mempromosikan lowongan kerja. 

Baca juga: Perbedaan Desain Banner dan Poster dalam Promosi Bisnis

YouTube

Variasi Ukuran Banner Digital yang Digunakan untuk Promosi 

Platform digital yang berisi konten video seperti youtube juga bisa digunakan untuk mempromosikan sesuatu. Banner ads pada youtube bisa berupa video pendek atau gambar statis biasa, yang dibuat desain menarik. Iklan di youtube dapat digunakan untuk mempromosikan sesuatu dalam bentuk desain banner yang menarik. 

Pada banner iklan biasanya dapat digunakan link yang dapat diklik langsung oleh audiens. Adanya CTA yang jelas dan memungkinkan audiens yang tertarik setelah melihat banner langsung melakukan tindakan. Berikut ukuran dari banner untuk youtube. 

Ukuran Banner Channel: 2560 x 1440 piksel

Ukuran Banner Iklan: 300 x 250 piksel

Untuk banner channel biasanya sampul gambar pada akun youtube. Biasanya dibuat untuk mencerminkan jenis konten akun youtube tersebut. 

Google Ads

Untuk banner digital yang digunakan untuk iklan pada platform google ini memiliki beberapa ukuran. Google ads sendiri menawarkan bagi para pemilik usaha untuk mengiklankan jenis usaha, produk atau layanan mereka. Banner ads pada google cukup efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Ukuran Banner Iklan Reklame Display:

Medium Rectangle : 300 x 250 piksel

Leaderboard : 728 x 90 piksel

Large Rectangle: 336 x 280 piksel

Iklan google ini biasanya akan muncul sebagai rekomendasi berdasarkan apa yang dicari oleh audiens. Google ads membantu merek untuk menjangkau audiens yang luas dan tepat sasaran. 

Baca juga: Jenis-jenis Desain Banner Yang Umum Digunakan

Website (Umumnya)

Berbagai website yang ada di google juga menyediakan tempat iklan dengan ukuran banner yang beragam. Ada yang kotak, persegi panjang yang memanjang, horizontal maupun vertikal. Biasanya iklan ini akan muncul ketika membuka suatu website pada bagian halaman, kanan-kiri atau atas bawah. Berikut ukuran banner digital yang umum digunakan dalam website:

Ukuran Banner Leaderboard: 728 x 90 piksel

Ukuran Medium Rectangle: 300 x 250 piksel

Banner Skyscraper: 160 x 600 piksel

Memasang iklan dalam bentuk banner dalam situs website yang banyak dikunjungi bisa efektif menarik perhatian. Gunakan desain banner menarik dan pilih ukuran paling tepat untuk jenis yang dipromosikan. Ini akan efektif untuk banner menjangkau audiens yang lebih luas. 

KESIMPULAN

Dalam media sosial penggunaan desain banner dapat membantu mempromosikan produk, acara, layanan atau sesuatu. Banner digital dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi dalam bentuk visual menarik dan lebih interaktif. Variasi ukuran banner untuk platform digital juga beragam disesuaikan dengan jenis media digital. Ketika menggunakan banner digital sesuaikan ukuran agar tidak ada gambar atau bagian desain yang terpotong ketika digunakan. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts