Elemen visual dalam desain logo harus dipilih yang paling menarik dan relevan agar membangun identitas yang kuat. Tipografi misalnya bukan sekedar tulisan tetapi juga berperan dalam meningkatkan daya tarik visual logo. Tren tipografi dalam desain logo memiliki banyak style dari yang elegan, kaku dan minimalis.
Setiap gaya font dapat mencerminkan kesan yang berbeda karena font akan memiliki ketebalan huruf dan bentuk huruf yang berbeda. Beberapa font ada yang tebal, tipis, miring hingga memiliki serif. Pada desain modern, tren tipografi menyesuaikan tren desain modern yang bersih, sederhana dan bergaya kaku.
CIRI UMUM TIPOGRAFI MODERN
Dalam memilih font yang relevan pertimbangkan untuk menggunakan tren tipografi desain logo agar menciptakan desain yang menarik. Perhatikan karakteristik desain modern termasuk pada style tipografi yang digunakan. Berikut beberapa ciri umum tipografi modern:
Memiliki Huruf Sederhana dan Bersih
Font yang digunakan dalam desain logo modern banyak yang memiliki desain sederhana dan bersih. Tren tipografi modern, juga diterapkan untuk desain logo modern agar tampil minimalis dan fleksibel. Font yang bersih akan mudah dibaca dan membantu membangun identitas yang kuat. Biasanya font sederhana akan menciptakan logo yang bersih, modern dan minimalis.
Bergaya Kaku dan Tajam
Font modern yang digunakan dalam desain logo banyak yang juga memiliki style kaku dan tajam. Gaya font yang kaku dan tajam akan mencerminkan kesan profesional dan handal terutama untuk logo perusahaan. Pada font tipis yang kaku dan tajam akan efektif menciptakan kesan elegan. Sementara font tajam yang tebal akan mencerminkan kesan handal dan profesional;.
Menggunakan Custom Tipografi
Banyak brand sekarang yang menciptakan font khusus untuk brand mereka sehingga tampil beda dan unik. Font yang digunakan juga akan menjadi identitas yang kuat, dan mencerminkan karakter brand dengan lebih baik.
Custom tipografi akan menciptakan desain logo yang unik dan lebih menarik perhatian. Tipografi yang dirancang khusus untuk merek akan memberikan kesan eksklusif.
Baca juga: 7 Desain Logo Fashion Casual yang Minimalis dan Trendy
Altered Lettering
Ada tren tipografi modern yang memodifikasi huruf dengan menghilangkan bagian tertentu, sehingga huruf terlihat seperti terpotong. Gaya ini akan menciptakan tipografi bergaya modern dan tampil canggih. Tren ini akan membantu menciptakan tipografi desain logo modern yang unik.
Gaya tipografi yang menghilangkan sebagian garis pada huruf bisa mencerminkan kesan brand yang inovatif dan canggih. Biasanya style ini banyak ditemui dalam desain logo perusahaan teknologi digital.
Tipografi Monospace
Gaya tipografi ini menggunakan jenis font monospace yang memiliki jarak antar huruf yang cukup lebar dan konsisten. Setiap jarak antar huruf memiliki jarak yang sama sehingga menciptakan kesan konsisten dan rapi. Gaya font ini dipilih untuk memberikan kesan taktis, modern dan dinamis, biasanya cocok juga untuk brand teknologi.
Baca juga: 7 Rekomendasi Font Untuk Brand Kecantikan
TREN TIPOGRAFI DALAM DESAIN LOGO MODERN
Meski pada umumnya tipografi modern tampil bersih dan sederhana, namun dalam setiap jenis font memiliki style yang berbeda. Desain logo biasanya akan memiliki font yang bisa mencerminkan identitas merek tetapi juga relevan dengan tren. Berikut beberapa contoh tren tipografi dalam berbagai desain logo modern:
Font Serif Modern yang Elegan
Serif termasuk font yang populer digunakan dalam desain logo karena memiliki huruf sederhana dan bergaya formal. Pada logo tersebut font serif yang digunakan memiliki style elegan dan terlihat modern. Font tersebut memiliki serif yang cukup tipis dan terlihat sederhana, tidak terlalu panjang.
Tren penggunaan tipografi serif modern yang bersih dan lancip mencerminkan logo coffee yang elegan. Font yang tebal membuat teks dalam desain logo mudah dibaca dan fleksibel dalam berbagai penggunaan. Serif modern yang tebal dan bersih terlihat mencerminkan bisnis coffee dengan baik.
Font Sans Serif Bersih dan Sederhana
Style tipografi dalam logo modern termasuk populer dengan penggunaan font sans serif. Font sans serif yang bersih tersebut memiliki huruf yang sederhana, bersih dan gaya huruf yang tidak terlalu kaku. Desain logo memiliki style sederhana dengan menggunakan ikon logo inisial.
Logo modern yang fokus pada tipografi seperti pada logo tersebut memang akan relevan menggunakan font sederhana juga. Sans serif yang sederhana akan memudahkan nama merek untuk dibaca.
Font Geometris
Ada banyak desain logo modern yang memiliki font geometris untuk mencerminkan kesan canggih dan modern. Font geometris akan memiliki gaya huruf yang kaku dan huruf yang sederhana. Seringkali tipografi akan memiliki sudut dan ujung huruf yang tajam seperti bentuk geometris.
Logo tersebut menggunakan style font geometris yang bersih, kaku dan sederhana. Selain itu tipografi juga memiliki tren altered lettering, yang mana menghilangkan sebagian huruf. Tren altered lettering dan tipografi geometris dalam desain logo mencerminkan kesan canggih dan modern.
Baca juga: 5 Rekomendasi Font Geometris untuk Desain Modern
Font Script Tebal yang Elegan
Desain logo modern juga banyak yang menggunakan style tipografi script untuk terlihat elegan dan unik. Tren penggunaan font script yang seperti tulisan dalam desain logo bisa menggunakan font tipis dan tebal. Font script dalam logo tersebut menggunakan style font tebal yang bersambung.
Tipografis script tebal lebih mudah dibaca karena desainnya yang sederhana, font juga membantu menciptakan kesan elegan. Meski memiliki style huruf latin tetapi font tebal membuat nama merek mudah dibaca.
Font Bulat dan Tebal
Desain logo modern juga banyak yang menggunakan font yang tebal tetapi bulat sehingga tidak kaku. Penggunaan style font tebal membantu meningkatkan keterbacaan dalam desain logo tersebut.
Untuk brand makanan, font tebal yang memiliki sudut melengkung dan bergaya agak bulat terlihat ramah. Tipografi tersebut juga memiliki font bersih sehingga teks dalam desain logo mudah dibaca dan bergaya modern.
Font Script Biasa
Tren tipografi dalam desain modern juga digunakan dalam variasi gaya huruf yang tipis untuk menciptakan kesan elegan dan feminim. Untuk logo brand wine tersebut, tipografi script tipis menciptakan kesan elegan dan mewah. Font script tidak memiliki gaya huruf latin sehingga nama brand mudah dibaca.
Pada brand modern, font script tipis cukup efektif dan banyak digunakan untuk mencerminkan desain brand mewah. Font tipis dalam logo tersebut relevan dengan style ikon logo yang memiliki gambar sederhana dengan style line art yang tipis.
KESIMPULAN
Tipografi dalam desain logo dapat menggunakan yang sedang tren dan relevan dengan desain grafis saat ini agar terlihat relevan. Font modern seringkali memiliki desain yang bersih, sederhana, dan minimalis sehingga relevan dengan gaya modern. Ada banyak tipografi yang cocok untuk mencerminkan brand modern seperti font geometris, font monospace hingga serif modern yang elegan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.