Modernisasi pada desain grafis ini memengaruhi perubahan gaya desain yang semakin sederhana dan minimalis. Popularitas desain minimalis yang bersih dan sederhana ini dipengaruhi oleh minat audiens. Tren desain logo pada era modern ini banyak memiliki tampilan bersih, sederhana dan minimalis.
Penting untuk menciptakan desain logo yang bisa beradaptasi dengan perubahan tren yang cepat sehingga tidak perlu melakukan rebranding yang terlalu sering. Ketika memulai bisnis baru, ciptakan desain brand yang relevan, menarik dan timeless dengan mengikuti perkembangan tren. Desain logo kerap kali didominasi dengan gaya sederhana sehingga efektif untuk audiens mengenali dan mengingat nama brand.
TIPS MEMILIH TREN DESAIN
Ada hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menggunakan tren desain dalam desain identitas visual sehingga desain akan efektif. Perhatikan beberapa tips dalam memilih tren desain yang relevan:
Pastikan Tren Masih Relevan dalam Beberapa Waktu
Perubahan tren yang begitu cepat bisa membuat desain logo akan tidak relevan selang beberapa waktu. Ketika ingin menggunakan gaya desain yang sedang tren perhatikan apakah gaya visual sekiranya akan terus relevan atau tidak. Jika tren desain mengambil elemen yang rumit atau berdasarkan budaya pop biasanya tidak akan bertahan lama.
Tren yang efektif untuk relevan selama beberapa waktu yang lama biasanya memiliki gaya sederhana dan minimalis. Desain logo geometris misalnya dapat terus bertahan karena memiliki bentuk sederhana. Berbeda dengan tren desain logo gradien yang mungkin akan kurang populer dalam beberapa waktu.
Pilih Tren yang Tidak Umum
Ketika ingin menggunakan tren untuk menciptakan logo hindari memilih gaya yang sudah banyak digunakan. Desain logo bisa terlihat membosankan dan kurang menarik, pilih gaya visual yang masih jarang digunakan. Tren desain yang umum memang akan membantu merek terlihat relevan tetapi logo akan menjadi kurang menarik.
Tren desain yang sudah umum biasanya penggunaan bold tipografi atau desain logo geometris. Agar menarik dan tampil beda, cobalah berani untuk bereksperimen dengan tren umum untuk menciptakan logo yang unik.
Hindari Tren yang Sementara
Agar desain logo terlihat menarik hindari memilih tren yang bersifat sementara. Untuk tahu mana tren yang bertahan sebentar lihat apakah tren mengambil inspirasi dari budaya populer. Logo dengan gaya metalik atau pixel mungkin hanya akan bertahan sebentar karena ini terinspirasi dari tren saat ini. Gunakan tren desain yang bisa bertahan dalam waktu yang lama agar logo timeless.
Kombinasikan Tren dengan Ide Baru yang Kreatif
Untuk menggunakan ide tren desain ke dalam logo yang unik, kombinasikan tren dengan ide yang unik agar menciptakan sesuatu yang baru. Manfaatkan tren untuk menciptakan tampilan desain yang menarik, kombinasikan tren yang menarik dengan ide unik. Ciptakan tren baru dari yang sudah ada agar desain logo semakin unik dan beda dari yang lain.
7 TREN DESAIN LOGO MODERN
Perubahan gaya desain untuk desain brand ini dipengaruhi oleh banyak termasuk perkembangan teknologi, budaya populer dan minat audiens. Tren desain logo1 yang berubah dengan cepat pada era modern ini harus diperhatikan oleh desainer untuk menciptakan logo yang tetap relevan. Beberapa tren desain logo ini cukup dan banyak ditemui dalam desain logo era modern:
Dinamik Logo
Perhatikan bagaimana desain logo selalu dibentuk mengikuti perayaan atau hari tertentu, teks nama merek tetap menjadi ciri khas utama yang ditambahkan dengan ide menarik. Gaya desain logo dinamis yang bisa berubah mengikuti tren atau perayaan tertentu akan lebih interaktif. Biasanya akan ada elemen utama yang tetap konsisten, sementara logo dinamis akan ditambahkan dekorasi atau elemen baru.
Logo yang dinamis akan mudah beradaptasi pada berbagai konteks dan platform, beberapa logo dinamis memiliki animasi sederhana. Desain logo akan tetap memiliki bentuk logo utama namun bisa beradaptasi untuk diubah warna, bentuk atau wujud. Biasanya gaya desain ini akan digunakan pada media digital yang mudah melakukan perubahan dengan cepat.
Logo dinamis bisa berguna meningkatkan engagement dan berguna sebagai alat interaksi seperti logo yang bisa diklik dan diarahkan pada link artikel. Brand bisa lebih mudah berinteraksi dengan pengguna real time dan lebih responsif.
Geometris Sederhana
Desain yang menggunakan bentuk geometris ini akan menciptakan brand yang tampil modern dan futuristik. Bentuk geometris yang sederhana akan menciptakan tampilan logo yang sederhana sehingga logo akan timeless. Geometris sederhana kembali populer pada era modern karena dapat merepresentasikan era ini dengan baik.
Bentuk geometris seperti lingkaran, segitiga dan persegi dapat menciptakan makna psikologi yang berbeda. Logo dengan shapes geometrik dipilih karena logo akan bersih dan sederhana. Desain logo juga akan lebih mudah untuk digunakan dalam berbagai konteks dan media karena bentuknya yang sederhana.
Bold Typography
Tren desain akhir-akhir ini juga populer dengan gaya tipografi yang bold karena efektif menarik perhatian. Tipografi yang digunakan dalam desain logo akan tampak menonjol dan mudah terbaca jika tampil bold. Seringkali logo dengan gaya bold tipografi akan menggunakan jenis font sans serif yang tebal dan bersih.
Teks nama merek pada desain logo yang tebal akan efektif untuk memikat perhatian audiens. Desain logo dengan bold tipografi akan tampak profesional, berdampak dan powerful. Tren ini akan membantu desain logo efektif menarik perhatian dan cocok merepresentasikan brand profesional yang terpercaya.
Tema Ramah Lingkungan
Pada era modern ini gaya desain ramah lingkungan juga ikut dipopulerkan untuk menunjukkan kepedulian merek terhadap lingkungan. Penggunaan elemen yang mencerminkan alam dan lingkungan kerap dipilih seperti ikon daun atau bunga.
Biasanya pemilihan ikon daun atau bunga disesuaikan dengan karakter atau bidang bisnis. Logo dengan ikon daun tersebut dapat menunjukkan kesan ramah lingkungan atau alami. Namun terkadang penggunaan ikon daun atau pohon seringkali juga merepresentasikan pertumbuhan dan perkembangan merek.
Muted Color
Pada tahun sebelumnya hingga tahun ini penggunaan warna yang tidak terlalu mencolok menjadi favorit banyak orang. Warna pastel dan warna pucat banyak dipilih untuk menciptakan ketenangan dan perasaan damai dalam desain. Penggunaan warna ini juga banyak digunakan untuk warna desain logo.
Warna yang pucat tersebut dapat menciptakan tampilan brand yang elegan dan tampil menenangkan dan damai. Warna yang pucat ini akan cocok untuk desain logo yang memiliki gaya minimalis dan modern.
Playful Typography
Beberapa jenis logo yang hanya menggunakan nama merek berfokus dengan menciptakan tipografi yang menarik dan unik. Gaya tipografi yang tampil playful ini memodifikasi gaya huruf agar tampak lebih menyenangkan. Selain penggunaan warna cerah, tipografi biasanya akan menggunakan jenis font yang ramah.
Huruf dalam teks logo akn diubah akan tampil unik dan mengubah wujud agar lebih menarik perhatian. Bisanya tipografi akan diberi dekorasi atau efek visual tertentu agar tampil menyenangkan. Jenis gaya logo ini akan cocok untuk brand yang menargetkan anak muda atau anak-anak.
No Serif Logo
Tren desain logo pada era modern ini banyak didominasi oleh gaya visual yang bersih, geometris dan sederhana. Hal ini membuat tipografi logo tanpa serif menjadi populer karena menciptakan tampilan logo yang bersih dan sederhana. Penggunaan font bersih tanpa dekorasi akan efektif untuk dibaca dan mudah beradaptasi dengan berbagai media dan ukuran.
Gaya huruf tanpa dekorasi serif yang panjang maupun pendek akan menciptakan tampilan desain logo yang sederhana. Banyak desain logo brand terkenal yang dulu menggunakan serif font beralih ke sans serif font. Contohnya pada logo Google dan logo Burberry.
KESIMPULAN
Desain logo akan efektif untuk diingat dan dikeali jika memiliki bentuk unik dan berbeda dari tren yang umum. Ada banyak tren desain populer pada era modern yang bisa dijadikan inspirasi ide untuk menciptakan logo yang menarik. Gunakan tren desain untuk menciptakan ide menarik atau yang lebih kreatuf agar logo tampil relevan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- Exploring The Top Logo Trends for 2024. (2024, Jan 8). https://www.brandcrowd.com/blog/exploring-the-top-logo-trends-for-2024/#:~:text=In%202024%2C%20muted%20color%20palettes,seeking%20a%20modern%2C%20minimalist%20aesthetic. ↩︎