Identitas visual adalah desain visual dari identitas merek untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan merek. Desain identitas visual akan digunakan sebagai alat branding yang kuat. Dalam menciptakan identitas visual yang unik dan mencerminkan merek dengan baik, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.
Sebagai identitas visual dari suatu merek, nilai, pesan, dan karakter merek akan diwakili oleh elemen visual. Untuk itu penting memilih elemen-elemen visual yang digunakan sebagai identitas visual merek dengan bijak. Setiap elemen visual harus merepresentasikan merek dengan baik sehingga menjadi identitas yang kuat.
Untuk membangun branding, desain identitas visual akan digunakan dalam berbagai kebutuhan. Sehingga penting menciptakan dan memilih identitas visual dengan memerhatikan beberapa tips yang akan dibahas dalam artikel sehingga efektif.
TIPS MERANCANG DESAIN IDENTITAS VISUAL MEREK
Dalam menciptakan desain identitas visual, penting untuk memastikan desain memiliki tampilan menarik, mudah diingat, dan unik. Untuk itu ada beberapa tips merancang desain identitas visual merek yang bisa diperhatikan, berikut ini:
Rancang Logo Merek dan Ciptakan Brand Guideline

Salah satu identitas visual yang utama adalah desain logo, logo merupakan bentuk visual dari identitas merek seperti tegas, berani atau ramah. Desain logo harus mencerminkan pesan, nilai atau karakter merek melalui bentuk visual. Dalam logo identitas visual akan direpresentasikan dalam bentuk warna, ikon, dan gaya tipografi.
Elemen-elemen visual dalam desain logo umumnya akan digunakan sebagai brand guideline. Yang mana ini akan digunakan pula untuk semua jenis desain milik bran.
Elemen identitas visual dalam brand guidelines akan digunakan untuk merancang logo sebagai identitas merek. Untuk itu pemilihan elemen-elemen visual harus disesuaikan dengan identitas merek seperti nilai dan karakter. Dalam guidelines juga akan terdapat peraturan dalam penggunaan elemen identitas visual.
Pilih Palet Warna Merek
Palet warna yang digunakan sebagai identitas merek bisa berisi beberapa warna. Umumnya harus lebih dari satu karena akan memasukkan pula warna base atau latar seperti hitam atau putih. Dalam palet warna biasanya terdiri dari warna utama, warna sekunder, aksen dan base warna.
Desain logo bisa menggunakan warna utama sebagai warna logo, sementara itu merek biasanya akan memiliki beberapa warna lain untuk digunakan sebagai palet warna. Untuk kebutuhan desain pemasaran merek akan membutuhkan beberapa warna lain. beberapa warna yang digunakan ini akan menjadi identitas visual merek. Gunakan palet warna yang harmonis dan merepresentasikan merek dengan baik.
Baca juga: Contoh Kombinasi Palet Warna Sesuai Tema Desain
Pilih Tipografi yang Merepresentasikan Keunikan Merek

Gaya tipografi yang digunakan sebagai identitas visual untuk logo dan jenis desain merek harus mencerminkan karakter atau keunikan merek. Setiap gaya tipografi akan memberikan kesan berbeda, belum lagi tingkat keterbacaannya juga perlu dipertimbangkan. Gaya huruf yang digunakan harus dipertimbangka dengan bijak sehingga bisa mewakili merek dengan baik.
Ada banyak sekali jenis typeface yang digunakan untuk tujuan berbeda, misalnya font serif akan menciptakan kesan klasik dan elegan. Dalam brand guideline tipografi biasanya akan memiliki dua atau tiga gaya huruf agar bisa digunakan sebagai judul dan sub judul. Pilih gaya tipografi yang bisa mencerminkan kepribadian merek dengan baik.
Pilih Ikon yang Mewakili Merek
Ikon-ikon yang digunakan dalam brand guideline biasanya berupa ikon logo atau simbol yang mencerminkan merek dengan baik. Penggunaan ikon yang mencerminkan nilai atau karakter merek dengan baik akan membangun identitas yang kuat. Selain ikon logo, terkadang merek menggunakan beberapa ikon atau simbol yang merepresentasikan pesan merek dengan baik.
Umumnya ikon-ikon merek akan digunakan untuk desain logo, dekorasi keman dan desain pemasaran. Ikon-ikon yang digunakan akan menjadi identitas visual yang bisa mencerminkan merek dengan baik. Penggunaan ikon sebagai pola atau dekorasi akan memperindah tampilan dan membangun kesadaran merek yang kuat.
Baca juga: Ikon-ikon yang Digunakan dalam Desain Grafis Pemasaran
Tetapkan Pedoman Fotografi dan Videografi
Identitas visual merek yang digunakan sebagai alat branding juga akan memiliki fotografi dan videografi. Tetapkan aturan tentang keduanya untuk digunakan sebagai pedoman dalam menciptakan konten visual yang identik dengan merek. Penggunaan gaya foto dan video yang khas akan menciptakan ciri khas yang kuat untuk merek.
Dalam brand guideline biasanya juga terdapat foto, gambar dan video yang digunakan sebagai elemen visual merek. Merek yang memiliki gaya fotografi dan videografi yang khas akan menjadi ciri yang unik dan mudah dikenali oleh audiens.
Ini juga akan membantu panduan brand guideline digunakan untuk fotografer dan videografer yang diajak bekerja sama. Pedoman ini akan berupa seperti referensi gaya foto dan video serta inspirasi yang diinginkan merek.
Gunakan Elemen Ilustrasi, Animasi dan Stiker untuk Website

Desain website untuk merek juga harus memiliki elemen-elemen identitas visual yang kuat. Penggunaan elemen seperti ilustrasi, animasi dan stiker untuk website harus memiliki gaya dan warna yang sesuai dengan karakter merek. Gaya desain yang konsisten alam semua desain termasuk desain website akan membangun kesadaran merek yang kuat.
Dalam brand guideline biasanya ilustrasi akan memiliki gaya desain yang sesuai dengan identitas merek sehingga mencerminkan merek dengan baik. Tidak hanya untuk desain website, ilustrasi akan digunakan pula untuk desain materi pemasaran. Tampilan visual desain website harus menggunakan elemen identitas visual dalam brand guideline agar mencerminkan merek dengan baik.
Baca juga: Tips Membangun Desain Branding yang Efektif
Desain Materi Pemasaran Konsisten
Tidak hanya untuk desain logo atau website, eleen-eleen identitas visual juga termasuk dalam desain pemasaran. Pemasaran juga bagian dari identitas visual merek, sehingga harus diciptakan dengan elemen visual yang menarik. Elemen identitas visual juga perlu digunakan secara konsisten pada desain materi pemasaran seperti brosur, katalog hingga poster.
KESIMPULAN
Dalam menciptakan identitas merek yang kuat, elemen-elemen visual yang digunakan harus mencerminkan merek dengan baik. Identitas visual merek harus memiliki tampilan yang menarik dan unik sehingga efektif untuk diingat dan dikenali oleh audiens. Dalam menciptakan identitas visual yang unik, ada beberapa tips yang bisa dijadikan acuan seperti warna dan tipografi yang mencerminkan karakter merek.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.