Tips Memasangkan Dua Font atau Lebih dalam Desain Grafis 

0
(0)

Dalam merancang desain, teks merupakan salah satu elemen penting untuk menyampaikan pesan dan informasi pada audiens. Agar pesan tersampaikan dengan baik, penting untuk memilih jenis font yang tepat. Dalam memasangkan font untuk desain yang kompleks penting memerhatikan beberapa tips penting seperti ukuran jenis font hingga mood yang diciptakan.

Desain grafis yang kompleks dan menggunakan beberapa teks seperti poster akan membutuhkan jenis font yang berbeda agar desain terlihat lebih menarik. Dalam memasangkan font yang tepat dalam sebuah desain ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Hal ini agar desain grafis menarik dan mudah dibaca, simak pembahasan artikel ini untuk mengetahui tips memasangkan dua atau lebih font yang berbeda. 

TIPS  MEMASANGKAN FONT DALAM DESAIN GRAFIS

Dalam memasangkan font yang berbeda, penting untuk memerhatikan hal seperti kesesuaian font, mood, emosi, hingga kontras gaya font. Berikut beberapa tipsnya:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Perhatikan Kontras Font

Tips Memasangkan Dua Font atau Lebih dalam Desain Grafis

Dalam memasangkan dua font atau lebih dalam sebuah desain grafis yang kompleks seperti poster atau konten media sosial, penting memerhatikan kontras font. Dua font yang dipasangkan dalam desain harus memiliki kontras yang cukup agar salah satu teks bisa lebih menonjol dan menciptakan dimensi yang unik. Untuk menciptakan kontras pada tampilan font, gunakan jenis font yang berbeda. 

Perbedaan akan tercipta jika font memiliki gaya huruf yang berbeda, gunakan jenis font yang berbeda misalnya serif dengan sans serif. Gunakan juga ketebalan font yang berbeda agar terlihat adanya kontras pada font yang dipasangkan. Pastikan teks yang lebih penting memiliki jenis font yang lebih tebal dari teks yang lain.

Baca juga: Memahami Font Display: Karakteristik, Kelebihan, dan Penggunaan

Pastikan Font Menciptakan Mood yang Sama

Setiap jenis font dapat menciptakan emosi dan suasana yang berbeda, meskipun begitu akan ada beberapa font yang bisa menciptakan suasana dan emosi yang mirip. Untuk memilih pasangan font yang menciptakan mood yang sesuai dengan merek atau pesan desain, pahami dengan apa tema atau pesan yang ingin disampaikan. 

Penting untuk memahami apa pesan, emosi dan suasana yang ingin diciptakan dalam desain. Apakah ramah, profesional, futuristik atau klasik, pilih dua jenis font yang bisa menciptakan tampilan sesuai dengan tema dan pesan dari desain. Misalnya untuk menciptakan suasana klasik bisa menggabungkan font jenis script dan font serif. 

Gunakan Dua Gaya Font yang Berbeda

Tips Memasangkan Dua Font atau Lebih dalam Desain Grafis

Dalam memasangkan font untuk desain grafis penting untuk menggunakan gaya font yang berbeda. Selain untuk menciptakan kontras ini berguna untuk memberikan tampilan desain yang lebih berdimensi dan unik. Gaya style yang berbeda tidak hanya dengan menggunakan font dengan ketebalan yang berbeda tetapi juga gaya yang benar-benar berbeda.

Misalnya menggabungkan gaya font script yang rumit dengan gaya sans serif yang bersih dan sederhana. Ini akan menciptakan tampilan visual yang unik dan menarik perhatian audiens pada desain grafis. Jika font yang satu sudah ruit pasangkan dengan font yang lebih sederhana. Hindari penggunaan jenis font yang keduanya memiliki dekorasi yang berlebihan seperti font script dan display.

Baca juga: Ciri dan Kelebihan dari Penggunaan Font Script dalam Desain Grafis

Perhatikan Ukuran Font

Dalam memasangkan dua font atau lebih pada desain grafis perhatikan pula ukuran font yang digunakan. Atur ukuran font agar menciptakan hirari visual dan informasi sehingga membuat desain tampak lebih menarik. Gunakan salah satu jenis font dengan ukuran yang lebih besar dan yang lainnya lebih kecil untuk menciptakan dimensi visual. 

Kreasikan ukuran teks dengan jenis font menarik untuk membuat desain lebih unik, selain ukuran atur juga ketebalan huruf. Pastikan teks yang lebih penting menggunakan ukuran lebih besar seperti judul agar mudah dibaca. Hindari menggunakan font yang rumit dengan ukuran teks yang lebih kecil. 

Pastikan teks yang lebih kecil menggunakan gaya font yang sederhana agar mudah dibaca. Gunakan font tebal juga pada informasi yang lebih penting untuk membuat font lebih menonjol. 

Atur Layout Teks

Dalam menciptakan desain grafis yang menarik perhatikan tatanan elemen teks yang memiliki jenis font yang berbeda. Atur tata letak dan posisi teks yang menarik, seperti rata kanan, rata kiri dan rata kanan-kiri. Desain yang menarik perhatian biasanya ketika memiliki tata letak yang teratur dan rapi.

Selain rata kanan atau kiri, atur juga teks sedikit lebih maju daripada teks utama agar desain lebih menarik. Dalam mengatur teks yang menarik, perhatikan jarak antar baris, huruf dan kata yang cukup. Pastikan tata letak teks bisa mudah untuk dibaca dengan mengatur jarak yang cukup.

Perhatikan Fungsi dan Konteks

Tips Memasangkan Dua Font atau Lebih dalam Desain Grafis

Pemilihan font untuk dipasangkan dalam sebuah desain grafis perlu juga untuk mempertimbangkan fungsi dan konteks penggunaannya. Perhatikan apakah jenis font yang dipilih sudah sesuai fungsinya, ketika tek digunakan sebagai judul maka penting untuk memastikan jenis font akan mudah untuk dibaca. Selain itu penting dalam memasangkan font yang disesuaikan dengan tema desain.

Desain grafis dengan tema futuristik mungkin akan kurang cocok jika memasangkan font decorative atau script. Font futuristik biasanya identik dengan gaya huruf tegas dan bersih. Untuk font yang bertujuan sebagai kutipan font decorative dan script akan lebih cocok untuk dipasangkan. 

Baca juga: Ciri dan Gaya Font untuk Desain Konsep Retro

Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Jenis Font 

Dalam menciptakan desain grafis yang menarik hindari menggunakan terlalu banyak jenis font yang berbeda dalam sebuah desain. Gunakan dua atau tiga saja agar tampilan desain lebih harmonis dan tidak berantakan. Terlalu banyak jenis font yang berbeda bisa membuat desain berantakan dan tidak profesional. 

Pastikan juga jenis font yang digunakan masih memiliki kesinambungan suasana atau mood. Desain grafis dengan teks yang banyak harus diatur dengan rapi dan menciptakan konsistensi menggunakan jenis font yang menarik. Pasangkan font yang menciptakan tampilan yang menarik dan tidak berlebihan. 

KESIMPULAN

Dalam menciptakan tampilan desain grafis yang menarik, penting untuk memilih pasangan jenis font yang sesuai. Desain grafis yang kompleks akan membutuhkan beberapa teks dengan beberapa jenis font yang berbeda. Memvariasikan jenis font yang berbeda akan membuat tampilan desain semakin menarik dan lebih berdimensi. Ketika ingin memasangkan dua atau lebih jenis font dalam desain grafis, perhatikan hal seperti kesesuaian font, mood, ukuran dan konteks penggunaanya. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts