Tipografi Responsif: Memilih Font untuk Desain Web dan Mobile

Dalam era digital ini desain grafis menciptakan berbagai platform digital untuk berbagai kepentingan. Website dan aplikasi digital terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dalam merancang desainnya ada banyak elemen desain yang terlibat, salah satunya tipografi. Penting untuk memilih jenis tipografi yang responsif dan cocok untuk desain web dan mobile. 

Tipografi Responsif: Memilih Font untuk Desain Web dan Mobile

Tipografi dalam desain grafis sendiri harus dipilih dan diatur dengan bijak. Hal ini agar tipografi bisa menyampaikan pesan dan informasi dengan efektif. Terkadang tampilan layar setiap perangkat bisa berbeda, untuk itu penting untuk menyesuaikan tipografi agar tetap terlihat jelas. 

Memilih tipografi yang tepat dalam desain digital sangatlah penting untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik. Penting untuk memilih jenis tipografi yang responsif dan mudah dibaca. Simak pembahasan ini untuk mengetahui cara memilih tipografi responsif untuk mobile dan situs web.

Read More

CARA MEMILIH TIPOGRAFI YANG RESPONSIF UNTUK DESAIN WEB

Tipografi yang responsif merupakan aspek kunci dalam desain web dan mobile, ini untuk memastikan informasi terbaca dengan jelas. Perhatikan beberapa cara memilih tipografi responsif untuk desain web dan mobile, berikut ini:

Pahami Kebutuhan Pengguna

Memilih tipografi dalam desain platform digital juga harus memerhatikan kebutuhan pengguna. Ketika bisa memahami kebutuhan pengguna ini akan memudahkan untuk memilih jenis font dan tata letak yang telat. Sehingga tipografi bisa memberikan kemudahan audiens dalam menemukan informasi. 

Tipografi Responsif: Memilih Font untuk Desain Web dan Mobile

Tipografi yang jelas dalam desain web atau aplikasi digital akan memudahkan untuk dibaca dan dipahami. Ini juga akan memudahkan navigasi. Perlu dipahami dalam memahami kebutuhan pengguna penting mengetahui siapa audiensnya. 

Setiap kelompok pengguna mungkin membutuhkan preferensi fitnah yang mudah dibaca dan terlihat lebih jelas. Beberapa pengguna mungkin membutuhkan huruf lebih besar agar mudah untuk dibaca. Penting juga mengetahui jenis perangkat yang mereka gunakan, untuk memastikan tipografi dalam platform terlihat jelas. 

Pilih Jenis Huruf yang Mudah Dibaca

Selain mengetahui kebutuhan pengguna desain web dan mobile ini akan membantu memilih tipografi yang mudah dibaca. Penting untuk memilih jenis tipografi yang mudah dibaca agar audiens bisa mudah mengakses website. Tipografi yang mudah dibaca juga tidak akan membuat mata audiens kelelahan. 

Tipografi Responsif: Memilih Font untuk Desain Web dan Mobile

Jenis font yang dipilih bisa memengaruhi keterbatasan informasi dan efektivitas penyampaian pesannya. Pilih huruf yang dari ukuran dan ketebalannya akan mudah dibaca dari berbagai layar perangkat. Pastikan juga huruf mudah dibaca pada berbagai ukuran dan resolusi layar.

Dalam memilih tipografi responsif untuk desain web dan mobile penting untuk menghindari huruf yang rumit. Jangan gunakan jenis huruf yang dekoratif karena bisa mengganggu pembacaan informasi. 

Baca juga: Teknik Menata Huruf dan Pengaturannya dalam Desain Grafis

Pertimbangkan Konsistensi Merek

Pastikan huruf yang dipilih untuk desain web bisa tampil dengan konsisten. Terkadang tipografi dalam desain web dan mobile bisa menggunakan tipografi dalam identitas merek. Ini berguna untuk menciptakan konsisten visual dan membangun branding merek. 

Selain itu pilih jenis huruf yang bisa tampil konsisten ketika diakses dalam semua perangkat. Hal ini agar memastikan audiens nyaman dan tidak merasa bingung ketika mengakses website. Jenis huruf harus terlihat jelas dan konsisten dalam berbagai ukuran layar dan jenis perangkat yang berbeda. 

Uji Keterbacaan di Berbagai Perangkat

Untuk memastikan tipografi responsif dan bisa menyampaikan pesan dengan efektif. Lakukan pengujian untuk memastikan tipografi terlihat jelas pada semua perangkat untuk mengakses web atau mobile. Hal ini untuk menghindari jika tipografi yang dipilih tidak efektif. 

Sebelum menetapkan jenis huruf untuk desain web dan mobile, lakukan pengujian terlebih dahulu untuk memastikan keterbacaan teks. Selain menguji keterbacaan, pastikan juga tipografi responsif pada semua perangkat dan resolusi layar yang berbeda. Penting memastikan huruf tetap mudah untuk dibaca dan bisa tampil dengan konsisten di beragam layar berbeda seperti smartphone, tablet dan desktop. 

Baca juga: 11 Cara Mengkombinasikan Font dalam Desain Grafis yang Efektif

Gunakan Media Queries

Tipografi Responsif: Memilih Font untuk Desain Web dan Mobile

Dalam merancang tipografi yang responsif pada semua jenis perangkat gunakan media queries. Media ini bisa dimanfaatkan untuk mengatur tata letak, ukuran dan jenis huruf agar konsisten berdasarkan ukuran layar. Menggunakan media ini akan memudahkan untuk memastikan tipografi dapat terlihat jelas dan konsisten pada semua jenis perangkat. 

Mengatur tipografi dengan media queries ini memungkinkan untuk bisa mengoptimalkan tampilan tipografi. Media ini akan memudahkan mengatur tipografi pada setiap perangkat secara terpisah. Tipografi yang diatur dengan baik akan terlihat jelas dan bisa memberikan pengalaman pengguna yang konsisten. 

Hindari Huruf Terlalu Kecil

Untuk memastikan tipografi terlihat jelas hindari penggunaan huruf yang terlalu kecil. Ini bisa menyulitkan audiens membaca informasi penting. Tipografi yang kecil mungkin akan sulit dibaca pada ukuran layar perangkat yang kecil seperti smartphone. 

Gunakan ukuran tipografi yang mudah dibaca, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran tipografi yang responsif harus memiliki keseimbangan visual dengan elemen lainnya. Perhatikan penggunaan ukuran yang bisa responsif pada berbagai ukuran layar. Hindari penggunaan huruf yang kecil yang bisa membuat pengguna harus memperbesar layar. 

Perhatikan Kontras

Penting juga untuk memilih tipografi yang bisa memberikan kontras dari latar belakang, sehingga terbaca dengan jelas. Pastikan warna tipografi dan jenis hurufnya bisa terlihat jelas meski dilihat pada kondisi pencahayaan yang kurang ideal. Jenis huruf harus memiliki tampilan bersih dan jelas agar mudah terbaca pada berbagai kondisi. 

Hindari memilih warna font yang mirip dengan latar belakang, ini bisa membuat font sulit terbaca dengan jelas. Gunakan warna dengan kontrak yang cukup dari warna latar belakang agar teks mudah dibaca. 

Baca juga: Tipe-tipe Kontras dalam Desain Grafis Untuk Menciptakan Hirarki

KESIMPULAN

Tipografi dalam desain web dan mobile berperan penting untuk memastikan menu, informasi dan navigasi terbaca dengan jelas. Penting untuk memilih tipografi dengan bijak agar bisa terbaca dengan jelas pada berbagai perangkat. Ketika tipografi responsif pada desain web dan mobile ini bisa memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts