Software Desain Grafis yang Direkomendasikan untuk Pemula

Belajar desain bukanlah hal yang sulit selama mau untuk terus berlatih dengan konsisten agar terus meningkatkan kemampuan desainnya. Bagi pemula yang belum terbiasa dengan berbagai tools untuk membuat desain dalam corel draw atau Illustrator bisa menggunakan beberapa software online. Untuk pemula ada beberapa software desain grafis yang mudah digunakan dalam mendesain.

Seorang pemula mungkin akan sulit dalam membuat desain yang kompleks dengan tools yang beragam dalam software seperti illustrator. Untuk itu bagi pemula yang ingin belajar mengatur elemen terlebih dahulu dapat menggunakan software yang sudah banyak menyediakan template. Pengguna dapat mengkreasikan dari template yang sudah ada atau kosong dengan berbagai elemen yang sudah tersedia.

Penting untuk pemula memahami prinsip dasar dan elemen desain untuk bisa menciptakan desain pada software yang mudah. Pemula sebaiknya menggunakan software yang user-friendly yang menyediakan berbagai elemen menarik yang tinggal di kreasikan. Adanya template yang bisa digunakan oleh user akan membantu pemula belajar dari hal yang sederhana terlebih dahulu.

Read More

Artikel ini akan membahas beberapa software yang mudah untuk digunakan oleh pemula yang ingin belajar desain. Tampilan beberapa software ini sederhana dan bisa memandu penggunanya dengan mudah. Software-software ini bisa dimanfaatkan untuk pemula memulai perjalanan dalam mendesain.

Beberapa Software Desain Grafis untuk Pemula

Pemula yang ingin belajar desain membutuhkan software yang mudah untuk digunakan, dan mudah untuk dipahami berbagai tool dan fiturnya. Berikut beberapa software untuk desain grafis yang cocok untuk pemula:

Canva

Platform ini bisa diakses secara online untuk mendesain berbagai macam kebutuhan desain. Canva bisa diakses melalui web apapun dengan mendownload aplikasinya, salah kelebihannya adalah kemudahan untuk mendesain pada mobile maupun laptop. Platform ini bisa digunakan secara gratis maupun yang berbayar untuk membuat berbagai jenis desain dengan menarik.

Software Desain Grafis yang Direkomendasikan untuk Pemula

Dengan canva ini pengguna memungkinkan untuk membuat konten media sosial, presentasi, poster, dokumen hingga video pendek. Salah satu alasan mengapa platform ini digemari karena tersedia banyaknya template yang bisa digunakan baik template premium maupun yang gratis. Canva juga menyediakan berbagai format ukuran untuk berbagai media sosial, termasuk juga menyediakan format penyimpanan file yang beragam.

Keunggulan Canva : Software ini memiliki beragam template yang bisa langsung dipakai, ada yang gratis dan tidak. Canva juga memudahkan dalam desain dengan alat seret dan lepas yang sederhana. Selain itu aplikasi ini menyediakan berbagai elemen desain, gambar yang menarik hingga gif yang interaktif.

Baca juga: Tips Membuat Desain Paper Cut Out

Adobe Spark

Platform ini merupakan platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten visual dan grafis dengan mudah. Adobe spark ini merupakan salah satu produk dari perusahaan adobe yang meluncurkan Illustrator dan Photoshop. Bisa dibilang ini adalah versi mini dari keduanya, yang mana menyediakan berbagai fitur sederhana agar mudah dipahami oleh pemula.

Software Desain Grafis yang Direkomendasikan untuk Pemula

Bagi pemula menggunakan software ini akan sangat membantu untuk belajar membuat konten visual yang menarik. Terdapat banyak template menarik yang bisa dimanfaatkan postingan konten media sosial, membuat logo hingga video. Adobe ini terdiri dari tiga alat kreatif yaitu spark post untuk desain grafis, spark video untuk mengedit video dan spark page yang bisa diakses dari halaman web.

Keunggulan: Aplikasi ini menawarkan untuk mendesain dengan sederhana namun memiliki tampilan yang kuat. Beberapa keunggulan lain seperti antarmuka pengguna yang ramah untuk digunakan dan dipahami oleh pemula. Platform ini juga memiliki opsi untuk bisa kustomisasi dengan sederhana. Selain itu produk dari adobe ini dapat berintegrasi dengan perpustakaan adobe stock, yang menungkinkan hasil desain diakses dari sini.

Picsart

Platform ini juga cukup populer untuk mendesain terutama dalam manipulasi foto, ataupun membuat konten untuk media sosial. Terdapat pula banyak template yang bisa digunakan untuk pemula belajar. Fitur dalam platform ini bisa dibilang cukup lengkap, terdapat opsi untuk menggambar dan memanipulasi foto dengan menarik.

Software Desain Grafis yang Direkomendasikan untuk Pemula

Fitur ada yang tersedia gratis dan ada yang premium, mudah untuk diakses melalui web ataupun aplikasi mobile. Terdapat fitur layer yang memudahkan untuk yang ingin mendesain lebih rapi dan tertata. Kelebihan dari aplikasi ini termasuk pada ketersediaan berbagai template untuk kolase, konten media sosial hingga berbagai filter unik.

Inkscape

Platform inkscape ini merupakan alat yang bisa digunakan untuk mengedit grafis vektor yang cukup memadai. Bisa dikatakan cukup banyak tools yang tersedia yang bisa digunakan sebagai alat untuk pemula belajar. Karena toolsnya cukup lengkap mungkin akan membutuhkan waktu bagi pemula untuk belajar.

Software Desain Grafis yang Direkomendasikan untuk Pemula

Platform ini bisa dibilang cukup memadai dalam membuat grafis vektor yang kuat dan menarik. Beberapa keunggulan dari platform ini seperti sumber terbuka dan gratis untuk digunakan. Selain banyaknya tools untuk membuat desain vektor yang cukup lengkap, dan adanya komunitas yang aktif dalam memberikan tips dalam desain akan membantu untuk pemula.

Figma

Platform ini salah satu yang sering digunakan untuk mendesain interface melalui website yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja selama ada internet. Penggunaan figma ini untuk membuat desain interface dari aplikasi yang akan diciptakan. Biasanya figma akan digunakan untuk mendesain bersama team. Untuk Basis Operating System yang digunakan menjalankan figma yaitu windows dan mac os untuk desktop.

Software Desain Grafis yang Direkomendasikan untuk Pemula

Kelebihan dari penggunaan figma untuk menciptakan desain UI dan UX, salah satunya adalah memudahkan untuk menciptakan desain kolaboratif secara real time. Penggunaan figma juga dapat menciptakan antarmuka pengguna yang tampil bersih dan terlihat modern.

Vectr

Untuk platform vectr ini juga merupakan alat desain yang sederhana dan mudah untuk digunakan terutama pemula. Perangkat lunak online ini memungkinkan untuk membuat grafis vektor yang sederhana. Perangkat lunak ini akan cocok digunakan untuk membuat gambar ilustrasi, logo dan desain vektor lainnya.

Software Desain Grafis yang Direkomendasikan untuk Pemula

Tools dan tampilannya cukup sederhana cock digunakan untuk pemula yang masih belajar desain grafis. Beberapa kelebihan dari platform ini seperti tampilan antarmuka pengguna yang ramah untuk pengguna pemula, mudah untuk diakses melalui browser maupun diunduh. Selain itu vectr ini memiliki tools dasar untuk membuat desain vektor.

Baca juga: Karakteristik Desain Vektor dalam Desain Era Digital

KESIMPULAN

Bagi pemula belajar desain bisa dimulai dengan menggunakan berbagai software yang mudah untuk diakses. Memilih software yang menyediakan template untuk media sosial dan konten visual akan membantu pemula untuk belajar dimulai dari mengatur tata letak elemen. Ketika akan memilih software yang digunakan untuk mendesain terutama bagi pemula, perhatikan kelebihan dan kekurangannya. Pilih software yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts