Karakteristik Desain Vektor dalam Desain Era Digital

0
(0)

Dunia desain grafis itu cukup luas dan mencakup banyak hal termasuk vektor. Vektor ini merupakan jenis grafis yang kerap digunakan untuk menggambarkan objek-objek dalam bentuk matematis dan sederhana.Desain vektor ini memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya kerap dijadikan pilihan untuk membuat bentuk-bentuk unik.

Grafis vektor sering digunakan untuk berbagai keperluan, dengan memadukan garis-garis, kurva, dan elemen lainnya akan tercipta bentuk tertentu. Desain vektor ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan desain piksel. Salah satu kelebihan vektor kemudahan dalam editingnya karena tidak bergantung dalam resolusi seperti piksel.

Dalam era digital ini desain vektor sering dipilih untuk menciptakan desain dengan tampilan visual yang menarik. Selain itu desainnya yang fleksibel membuatnya mudah diedit tanpa takut kehilangan kualitas. Gambar vektor juga lebih presisi dari segi ukuran dan tata letaknya karena menggunakan rumus matematika dalam penataannya.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Vektor juga memiliki tampilan yang lebih menarik, biasanya vektor lebih cocok digunakan untuk menciptakan gambar sederhana dengan kontur jelas. Penggunaan vektor untuk gambar yang kompleks kurang begitu cocok seperti ilustrasi dan fotografi. Biasanya vektor banyak digunakan untuk membuat desain logo, ikon, ilustrasi sederhana dan desain bentuk geometris.

Untuk mengetahui tentang vektor, artikel ini akan membahas beberapa karakteristik vektor yang mana banyak digunakan pada era digital ini untuk membuat desain sederhana seperti desain logo.

BEBERAPA KARAKTERISTIK UTAMA GRAFIS VEKTOR

Grafis vektor ini cukup populer di era digital ini untuk menciptakan desain yang sederhana, presisi hingga kemudahan dalam editingnya. Berikut ini beberapa karakteristiknya:

Memiliki Skala yang Luas

Salah satu keunggulan dari grafis vektor adalah kemudahan dalam merubah ukuran tanpa perlu khawatir kehilangan kualitas atau ketajaman desain. Penggunaan desain vektor kerap kali dipilih oleh desainer karena mudah untuk memperbesar dan memperkecil desain ketika ingin disesuaikan sesuai kebutuhan.

Kualitas gambar vektor juga masih tinggi meski dilakukan perubahan ukuran atau resolusi. Bahkan pada media cetak pun ketika poster diubah ukurannya sesuai penggunaan masih memiliki kualitas yang bagus.

Grafis ini cocok untuk membuat desain logo, ikon, desain poster dan jenis-jenis desain lainnya. Biasanya dipilih untuk membuat desain yang memerlukan perubahan ukuran yang cukup sering seperti logo atau poster.

Pembentukan dengan Objek Geometris

Untuk membuat desain vektor biasanya menggunakan objek-objek geometris seperti grafis, kurva, lingkaran dan poligon. Ini akan membuat desain mudah diatur secara presisi ukuran dan tata letaknya.

Dalam desain vektor setiap objek dapat diedit tanpa perlu mengkhawatirkan objek lainnya. Ini karena setiap objek terpisah sehingga mudah untuk diedit. Gratis vektor ini memudahkan dalam proses pengeditan.

Warna dan Gradients

Grafis vektor juga lebih fleksibel dalam penggunaan warna dan gradien. Dalam pembuatan desain vektor penggunaan warna dapat diterapkan dengan mudah pada setiap objek.

Termasuk juga pada penerapan warna gradien akan lebih mudah diatur sesuai kebutuhan. Kemudahan penggunaan warna ini memberikan fleksibilitas dalam mendesain. Menerapkan warna yang bervariasi lebih mudah pada grafis vektor.

Keterbacaan Teks

Grafis vektor memungkinkan teks untuk terbaca dengan jelas. Mendesain untuk kebutuhan jenis desain informasi bisa menjadi pilihan dengan grafis vektor ini.

Teks dalam desain vektor dapat diterapkan sebagai objek vektor. Ini akan membuat teks terlihat lebih jelas dan tajam pada berbagai ukuran. Desain vektor juga memudahkan dalam mengatur keterbacaan dengan penggunaan warna yang tepat.

Kualitas desain vektor biasanya tinggi dan tetap jelas pada berbagai ukuran baik diperbesar maupun diperkecil, ini akan meningkatkan keterbacaan tulisan.

Ukuran File Lebih Kecil

Ukuran file untuk hasil desain berbasis vektor biasanya lebih kecil jika dibandingkan dengan gambar piksel. Hal ini akan memudahkan dalam proses penyimpanan dan berbagi file. Selain itu file vektor tidak akan membuat penyimpanan lebih cepat penuh.

Meski ukurannya kecil bukan berarti kualitas gambarnya tidak jelas dan berkualitas tinggi. Gambar vektor masih jelas dan tidak berkurang kualitasnya. Hal ini membuat desain vektor lebih efisien dan sering dipilih.

Fleksibilitas Editing

Vektor biasanya lebih mudah untuk diedit dan diubah bentuk, warna, atau elemen-elemen lainnya. Ini karena bentuknya yang jelas dan berkualitas tinggi. Biasanya mudah untuk diedit pada perangkat lunak untuk desain seperti c
Coreldraw draw atau Adobe Illustrator.

Desain vektor ini mudah diedit sehingga memungkinkan untuk melakukan pengeditan jika desain ada yang salah dan perlu perbaikan. Selain melakukan perubahan bentuk, grafis vektor juga mudah untuk diganti warnanya.

Kualitas untuk Cetak

Selain untuk penggunaan digital, grafis vektor juga cocok untuk kebutuhan desain yang dicetak. Ini karena kualitas gambar vektor berkualitas tinggi.

Biasanya untuk keperluan cetak, digunakan untuk pemasaran seperti poster, desain kaos, dan lainnya. Gambar yang dihasilkan dari grafis vektor akan menghasilkan cetakan berkualitas tinggi. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh resolusi gambar vektor yang tinggi.

Gambar yang berkualitas tinggi akan mempertahankan kualitas cetakan dan menghasilkan desain dengan tampilan visual yang menarik. Kualitas cetakan yang tinggi tentunya dapat menyampaikan pesan dengan jelas.

KESIMPULAN

Grafis vektor ini sangat umum digunakan dalam era digital ini untuk mendesain berbagai kebutuhan. Biasanya digunakan untuk membuat desain animasi, ilustrasi, desain logo dan beragam desain pemasaran lainnya. Vektor kerap dijadikan pilihan karena memiliki karakteristik yang fleksibel dalam pengeditan dan hasil desain yang berkualitas tinggi. Desain vektor juga cukup responsif untuk digunakan pada berbagai media dan perangkat. Tampilannya akan tetap berkualitas tinggi meski ukurannya diubah dan ditempatkan pada media yang berbeda-beda.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts