Ketika memilih warna merek ada beberapa hal penting yang perlu diketahui sehingga efektif mencerminkan nilai dan karakter merek. Warna atau palet warna dalam merek digunakan sebagai identitas visual yang merepresentasikan merek dengan baik. Untuk penting memahami semua hal penting dalam memilih warna merek yang bisa mencerminkan identitas merek dengan baik.
Biasanya dalam palet warna merek akan berisi beberapa warna seperti 5–6 warna yang terdiri dari warna mencolok, warna netral dan warna utama. Terkadang dalam variasi warna, palet warna akan berisi warna yang memiliki tingkat kecerahan yang berbeda. Pastikan warna utama akan memiliki tampilan yang paling dominan diantara warna lainnya.
Warna merek umumnya harus mencerminkan nilai, karakter dan pesan merek, untuk itu pahami juga makna dan arti setiap warna. Ada beberapa hal yang penting yang perlu diperhatikan dalam memilih warna untuk merek.
HAL PENTING DALAM MEMILIH WARNA MEREK
Untuk memilih warna merek biasanya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sehingga warnanya sesuai dengan identitas merek. Berikut beberapa hal penting yang perlu dipahami dalam memilih warna merek yang tepat:
Pahami Makna atau Arti Setiap Warna
Ketika memilih warna untuk merek hal utama yang perlu diperhatikan adalah makna atau arti dari setiap warna. Merek biasanya tidak hanya menggunakan satu atau dua warna, tetapi dalam palet warna akan terdiri dari 5 sampai 6 warna. Setiap warna yang dipilih harus memiliki makna yang sesuai dengan kepribadian merek.
Warna-warna yang dipilih dalam palet warna juga perlu memiliki warna yang maknanya cocok untuk disandingkan. Beberapa warna mungkin memiliki kesan berani dan gairh seperti warna merah sementara lain memiliki kesan alami dan segar seperti warna hijau.
Terkadang kombinasi makna yang berlawanan juga tidak disarankan karena maknanya menjadi membingungkan. Contohnya merah berani dan biru tenang akan kurang cocok karena memiliki makna yang berlawanan.
Baca juga: Tips Menyusun Warna dalam Palet Warna Desain
Gunakan Warna yang Mudah Menarik Perhatian
Biasanya pemilihan warna juga perlu mempertimbangkan warna-warna yang bisa meningkatkan daya tarik. Beberapa warna-warna cerah atau pastel mungkin lebih mudah menarik perhatian kembali. Kunci dalam memilih warna yang menarik perhatian adalah beda dari yang lain.
Jika merek-merek pesaing sudah banyak menggunakan warna hitam atau warna netral gunakan warna cerah untuk menonjol. Dalam palet warna pilih kombinasi palet warna yang menciptakan konsistensi. Pilih kombinasi warna yang menciptakan harmonis, menarik dan mencerminkan merek dengan baik.
Evaluasi Skema Warna
Warna dalam palet warn akan terdiri dari beberapa warna, lihat skema apa yang terlihat dalam palet warna. Apakah monokrom, komplementer, analog atau bahkan triadik. Dari beberapa warna yang dipilih tersebut lihat warna mana yang paling cocok dengan merek.
Dalam sebuah palet warna yang harmonis perlu ada warna cerah untuk membuatnya terlihat lebih mencolok dan berkesan hangat. Sementara jika skema warna analog atau mirip perlu diberi satu warna lain dari sisi berlawanan dalam roda warna, sehingga menciptakan kontras dan dimensi visual. Selain itu jika skema warna yang didapatkan memiliki warna monokrom gunakan tambahkan warna yang berlawanan dengan warna utama.
Baca juga: Contoh Kombinasi Palet Warna Sesuai Tema Desain
Tentukan Dua Warna utama
Dari palet warna merek yang berisi 5 sampai 6 warna tersebut pilih dua warna utama yang akan digunakan secara dominan dalam semua jenis desain. Biasanya dua warna utama akan digunakan sebagai warna desain logo. Warna utama merek ini harus terlihat paling dominan dari warna lainnya sehingga ketika disandingkan dengan lainnya warna utama paling menonjol.
Dua warna utama akan paling sering digunakan sebagai identitas visual merek dalam ikon logo, variasi logo atau beragam desain lain sebagai warna utama. Biasanya diantara warna lain dalam palet warna terkadang warna ini yang paling gelap atau cerah. Dua warna utama ini juga harus memiliki makna atau arti yang paling mencerminkan merek dengan baik.
Gunakan Website untuk Cari Referensi
Website seperti color hunt akan membantu anda mendapatkan inspirasi palet warna menarik dan harmonis. Cari inspirasi palet warna menarik atau gunakan color generator untuk mengatur palet warna. Beberapa website seperti brand colors memiliki informasi warna-warna merek dari brand terkenal untuk dijadikan inspirasi.
Terkadang memadu-padankan warna untuk palet warna merek bukanlah hal mudah karena bisa saja warna terlihat kurang harmonis. Untuk itu cari inspirasi warna menarik untuk merek dengan menjelajahi berbagai website untuk mengkombinasikan warna dengan bijak.
Baca juga: Kombinasi Palet Warna Untuk Menciptakan Desain Gambar Realis
Tambahkan Warna Dasar
Dalam sebuah palet warna merek untuk desain grafis gunakan juga warna dasar. Ini akan berguna untuk menciptakan tampilan desain yang lebih harmonis dan menonjolkan warna utama. Warna dasar dalam desain bisa digunakan sebagai outline, warna bayangan, atau latar belakang.
Warna dasar yang digunakan dalam palet warna umumnya adalah warna netral seperti hitam, putih, abu-abu atau krem. Penggunaan warna ini akan membantu warna lainnya lebih terlihat dan menarik perhatian. Pilih warna dasar yang bisa menonjolkan warna-warna lainnya, palet warna cerah bisa menggunakan baik hitam maupun putih. Untuk warna gelap sebaiknya menggunakan warna putih agar lebih mudah terlihat jelas.
KESIMPULAN
Ketika ingin membangun identitas merek yang kuat dan mudah diingat, penting untuk memilih warna yang yang bisa mencerminkan merek dengan baik. Memilih warna merek harus mempertimbangkan beberapa hal penting sehingga desain identitas merek efektif. Warna yang digunakan sebagai warna merek biasanya terdiri dari beberapa warna.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.