Desain Undangan: Ciri-Ciri dan Inovasi yang Memikat

Desain undangan juga perlu memiliki tampilan menarik dan bisa mewakili pengirim undangan. Undangan biasanya kerap digunakan menyampaikan undangan berbagai acara, mulai dari formal, pernikahan, ulang tahun dan lain-lain. Penting untuk menciptakan desain undangan yang memikat dan menarik untuk memberikan kesan unik dengan melakukan banyak inovasi.

Desain undangan bisa menjadi pembuka pintu untuk suatu acara atau perayaan. Undangan juga bisa menjadi identitas visual yang mewakili merek atau perusahaan.

Dalam desain undangan bukan hanya soal isi yang penting, tetapi desain visual undangan juga berperan penting untuk memikat secara visual. Terkadang terdapat cerita dalam desain undangan yang bisa membuat audiens penasaran untuk datang.

Read More

Perlu dipahami jika desain undangan tidak hanya berisi informasi tangga, tempat atau acara, undangan juga berisi identitas dari pengirim. Desain undangan terus dikembangkan dan dikreasikan semenarik mungkin sebagai wujud dari ekspresi seni.

Desain undangan juga memiliki ciri-ciri tersendiri yang khas dan terus dilakukan inovasi pada desainnya, untuk menciptakan tampilan memukau.

CIRI-CIRI DESAIN UNDANGAN

Ada beberapa ciri yang khas dari desain undangan, yang membuat desain undangan memiliki keunikan tersendiri:

Sesuai Tema Acara

Desain untuk undangan biasanya memiliki temanya sendiri yang disesuaikan dengan tema acara, terkadang disesuaikan dengan preferensi pribadi seperti untuk pernikahan. Sementara undangan resmi dari lembaga tertentu, biasanya template yang berisi kop surat dan logo lembaganya.

Kesesuaian dengan tema ini membuat undangan bisa mewakili acara dengan baik. Serta menyampaikan pesan atau cerita sesuai dengan tema acara. Biasanya kesesuaian ini dapat dibagun dengan warna, tipografi, gaya, dan elemen desain lainnya sesuai dengan tema acara.

Tipografi yang Menarik

Untuk membuat desain undangan yang pemilihan tipografi sangat penting dan utama. Ini karena undangan kebanyakan berisi informasi dan tulisan, sehingga untuk membuat desain tampil menarik dengan memilih tipografi yang tepat.

Memilih jenis tipografi yang kreatif, unik serta disesuaikan tema akan membuat tampilan desain undangan lebih menarik. Tipografi yang konsisten akan membuat desain lebih menarik dan dapat menyampaikan pesan dengan baik.

Penggunaan tipografi yang kreatif terkadang memberikan suasana elegan atau formal sesuai tema acara. Hati-hati dalam memilih jenis tipografi terlalu rumit, ini bisa membuat tulisan undangan sulit dibaca.

Pemilihan Warna yang Bijak

Warna dalam desain undangan juga berperan penting dalam membangun suasana atau kesan dalam desain. Penting untuk menggunakan warna yang bisa mewakili identitas visual serta memberikan kesan sesuai tema acara.

Selain itu, sesuaikan juga warna dengan lembaga atau merek pengirim undangan, sehingga undangan bisa membangun kesadaran merek. Perlu memilih warna yang tepat untuk undangan, agar menciptakan desain yang seimbang secara visual dan terlihat jelas.

Struktur Tata Letak yang Jelas

Penting untuk mengatur tata letak elemen, tulisan, warna dan hiasan pada desain undangan agar tercipta struktur yang jelas. Ini berguna agar informasi dalam undangan tersampaikan dengan jelas.

Struktur tata letak undangan yang menarik akan memudahkan pembaca memahami informasi undangan. Berikan penekanan pada informasi untuk mengarahkan pembaca fokus pada informasi penting.

Elegan dan Sederhana

Undangan dengan berbagai ornamen dan hiasan mungkin akan membuat desain tampil menarik dan elegan. Namun desain yang sederhana lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.

Kesederhanaan dalam desain undangan bukan berarti tidak menghasilkan keindahan. Desain yang sederhana akan tampak bersih dan elegan, tidak perlu terlalu padat dengan hiasan sehingga desain akan terlihat mewah.

INOVASI TERKINI DALAM DESAIN UNDANGAN

Seiring dengan perkembangan teknologi, desain undangan juga terus diinovasikan dengan teknologi canggih. Ada desain undangan yang menggunakan teknologi AR untuk memberikan dimensi yang interaktif dan unik.

Biasanya dalam desain undangan akan barcode atau QR yang bisa dipindai oleh penerima undangan. Pemindaian tersebut berguna untuk mengakses konten tambahan seperti video atau foto.

Desain Berbasis Ilustrasi Digital

Penggunaan desain ilustrasi digital pada desain undangan akan menciptakan tampilan visual yang unik dan baru. Saat ini semakin banyak orang tertarik menggunakan ilustrasi digital untuk berbagai keperluan seperti biasa desain undangan.

Ini bisa menjadi ide yang kreatif dan memberikan sentuhan unik pada desain undangan, jika dapat dikreasikan dengan baik. Ilustrasi dapat berupa gambar kustom yang mewakili acara atau perayaan, sehingga tidak hanya artistik tetapi sebagai identitas acara.

Material dan Tekstur Inovatif

Tidak hanya fokus pada desain, bahan undangan yang digunakan juga penting. Ada beberapa material yang bisa digunakan untuk menciptakan tekstur undangan yang unik seperti kain, kayu tipis dan kertas.

Kertas yang bertekstur dan tidak konvensional akan memberikan tampilan unik, seperti tekstur dari kertas atau kain. Bahkan ada yang menggunakan undangan dari kertas bekas yang kemudian diisi biji tanaman. Sehingga kertas tidak terbuang begitu saja dan bisa ditanam.

Desain Interaktif dan Lipat-Ganda

Desain undangan yang menarik dan fungsional akan bisa dijadikan inovasi dengan mengkreasikan bentuknya. Misalnya dengan tema pop-up tentu akan lebih kreatif dan interaktif.

Untuk undangan yang dilipat penting memperhatikan lipatan yang pas dan tidak menutupi tulisan atau informasi penting. Desain undangan yang dilipat dengan cara unik akan menciptakan keunikan dan kreativitas yang tinggi.

Kustom Tipografi dan Hand Lettering

Untuk membuat inovasi desain undangan semakin unik, bisa dengan menciptakan tipografi baru yang unik. Ini akan membuat undangan tampil berbeda dari yang lain. Bisa juga menggunakan hand lettering untuk memberikan nuansa unik seperti klasik pada undangan.

KESIMPULAN

Desain undangan yang menarik adalah ketika dapat mempertimbangkan banyak hal ketika mendesain. Termasuk juga menyesuaikan dengan tema acara dan identitas visual pengirim undangan. Dalam desain undangan penting untuk memperhatikan estetika dan keterbacaan informasi dengan jelas. Saat ini desain undangan semakin banyak inovasi yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts