Prinsip-prinsip Penting Dalam Merancang Desain Logo

Spread the love

Desain logo dibuat dengan memperhatikan beberapa prinsip-prinsip dan elemen-elemen desain. Dalam merancang identitas merek penting memahami prinsip-prinsip dasar sebagai landasan. Dengan menggunakan prinsip-prinsip desain logo sebagai landasan utama ini akan menciptakan identitas merek yang kuat.

Prinsip-prinsip Penting Dalam Merancang Desain Logo

Logo harus bisa efektif untuk mencerminkan identitas merek dalam bentuk visual. Desain logo yang baik adalah ketika bisa membuat nilai, karakter dan pesan merek kepada audiens. Hal ini agar desain logo mudah diingat dan dikenali oleh audiens. 

Desain logo yang mudah diingat akan efektif membangun branding dan mengenalkan merek pada target audiens. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mudah dikenali dan diingat. Simak pembahasan ini untuk mengetahui beberapa prinsip-prinsip utama dalam merancang desain logo yang efektif. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

PRINSIP-PRINSIP DESAIN LOGO

Dalam merancang desain logo yang efektif untuk diingat dan diidentifikasi audiens, penting untuk menggunakan prinsip-prinsip utama desain logo sebagai pedoman. Berikut beberapa prinsip-prinsip dalam desain logo yang efektif:

Simplicity (Kesederhanaan)

Prinsip-prinsip Penting Dalam Merancang Desain Logo

Prinsip pertama dan yang paling umum menjadi acuan dalam merancang desain logo merupakan kesederhanaan. Meskipun ada beberapa jenis logo yang mendetail dan unik, namun kesederhanaan adalah kunci penting. Logo yang mengutamakan kesederhanaan akan mudah untuk diingat oleh audiens. 

Kesederhanaan pada desain logo juga memudahkan untuk dikenali dan digunakan dalam berbagai konteks dengan jelas. Bentuk yang sederhana akan menjaga kejelasan bentuk logo dalam berbagai ukuran, platform dan media. Penting menjaga kesederhanaan dengan memerhatikan bentuk, warna dan tipografi dalam logo, agar logo efektif membangun merek. 

Relevan dengan Merek

Desain logo juga harus relevan dengan merek atau bisnis, hal ini agar logo mudah dikenali. Ketika bentuk desain logo terkait dengan jenis bisnis misalnya logo minuman dengan bentuk ikon cup, ini akan membantu audiens mengenali jenis usaha. Ikon logo yang relevan dengan jenis usaha atau produk merek akan memudahkan untuk merek mudah diidentifikasi. 

Prinsip-prinsip Penting Dalam Merancang Desain Logo

Selain terkait merek atau produk, penting untuk memastikan logo bisa mencerminkan merek dengan baik. Desain logo harus relevan dengan nilai, karakter dan pesan yang ingin disampaikan merek. Logo yang efektif untuk dikenali umumnya harus mencerminkan karakter atau jenis produk dari merek tersebut. 

Baca juga: Tips Memilih Ikon atau Simbol Logo yang Mencerminkan Merek

Fleksibel

Desain logo juga harus fleksibel agar mudah untuk beradaptasi pada berbagai konteks penggunaan. Pastikan desain logo bisa digunakan dalam berbagai ukuran tanpa kehilangan kualitas dan kejelasan bentuk logo. Untuk memastikan kualitas dan kejelasan, desain logo harus sederhana termasuk pada warna, bentuk dan tipografi. 

Desain logo umumnya akan digunakan untuk berbagai hal termasuk kemasan, media sosial dan materi pemasaran lainnya. Untuk itu logo harus fleksibel dan sederhana agar bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam membangun merek. Desain logo harus dirancang untuk tetap terlihat jelas pada berbagai skala baik yang besar maupun yang kecil, termasuk skala warna hitam-putih. 

Keterbacaan

Prinsip-prinsip Penting Dalam Merancang Desain Logo

Dalam desain logo, keterbacaan juga merupakan salah satu prinsip utama. Logo harus mudah dibaca dan dipahami oleh audiens agar efektif untuk diingat dalam waktu yang lama. Bentuk logo yang sederhana dan tipografi yang mudah dibaca akan membantu meningkatkan keterbacaan. 

Keterbacaan desain logo ini biasanya dipengaruhi oleh warna, jenis huruf, ketebalan hingga jarak antar huruf. Pada desain logo yang berupa inisial atau nama merek, penting untuk memastikan keterbacaan desainnya. Penggunaan tipografi yang jelas dan sederhana akan memastikan logo tetap terbaca dengan jelas pada berbagai ukuran dan konteks. 

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Keterbacaan Tipografi dalam Desain

Keseimbangan Visual

Logo yang baik juga harus memiliki keseimbangan visual agar terlihat profesional dan harmonis. Dalam merancang desain logo penting untuk memperhatikan bentuk logo yang seimbang dan terlihat harmonis. Keseimbangan dalam desain logo ini melibatkan bentuk logo, warna dan tata letak yang seimbang. 

Dalam menciptakan desain logo yang harmonis dan terlihat profesional penting untuk menggunakan proporsi yang tepat. Penggunaan garis bantu atau proporsi golden ratio mungkin akan memudahkan dalam menciptakan logo yang seimbang. Desain logo yang seimbang harus memiliki proporsi yang tepat, distribusi ruang yang seimbang dan kontras yang cukup. 

Originalitas

Desain logo yang baik haruslah original dan tidak meniru bentuk logo manapun. Hal ini agar desain logo tampak berbeda, unik dan tidak menyebabkan kesalahpahaman. Logo yang terlalu mirip merek lain bisa membuat merek disalahpahami sebagai merek tersebut. 

Pastikan untuk menciptakan bentuk logo yang baru dan tidak mirip dengan logo merek manapun, termasuk nama mereknya. Logo yang original akan memudahkan merek untuk menciptakan identitas yang kuat. 

Baca juga: Elemen Umum dalam Desain, Desainer Pemula Harus Tahu

Memperhatikan Target Audiens 

Dalam menciptakan desain logo, penting juga untuk memerhatikan target audiens. Logo perlu menyesuaikan dengan target audiens, hal ini karena setiap audiens bisa memiliki preferensi logo yang berbeda. Tentukan target audiens lalu pahami minat dan preferensi mereka terhadap desain logo. 

Dengan mendesain logo yang menarik bagi audiens, akan logo efektif membangun merek. Logo yang sesuai dengan target audiens bisa menarik perhatian mereka dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. 

Timelessness (Keabadian)

Logo yang efektif juga harus bisa bertahan dalam waktu yang lama. Penting untuk menciptakan logo yang timeless agar tetap relevan meski pasar dan tren terus berubah. Desain logo yang sederhana akan jauh lebih mudah bertahan dari perubahan dan tidak terpengaruh tren. Logo yang timeless tidak akan membuat merek terlalu sering melakukan rebranding logo. 

KESIMPULAN

Dalam menciptakan desain logo yang efektif penting untuk memerhatikan beberapa prinsip-prinsip utama. Prinsip-prinsip desain logo ini bisa menjadi pedoman dalam membangun merek yang kuat dalam waktu lama. Manfaatkan prinsip-prinsip tersebut untuk merancang desain logo efektif, menarik dan mencerminkan merek dengan baik. Hal ini akan berguna membangun logo yang merepresentasikan bisnis dan organisasi dengan baik. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts