Penggunaan Elemen Desain Grafis yang Efektif Untuk Branding

Desain grafis memiliki banyak hasil karya desain yang digunakan untuk membangun branding yang efektif. Untuk membangun branding sebuah desain grafis perlu memiliki beberapa elemen-elemen penting. Dalam membangun branding efektif menggunakan desain grafis ada beberapa elemen-elemen desain yang harus ada dalam desain.

Penggunaan Elemen Desain Grafis yang Efektif Untuk Branding

Penggunaan elemen desain grafis yang tepat dan konsisten akan membantu membangun identitas merek yang kuat. Desain grafis yang digunakan untuk branding biasanya seperti kemasan, logo merek, konten media sosial, dan desain pemasaran. Desain-desain untuk kebutuhan tersebut harus memiliki elemen-elemen yang konsisten dengan merek agar efektif untuk branding.

Untuk membangun branding yang baik gunakan elemen desain yang efektif dan familiar untuk dipahami oleh audiens. Misalnya desain logo harus sederhana dan fleksibel agar ketika digunakan pada desain kemasan atau konten tetap terbaca jelas. Bijaklah dalam memilih dan menggunakan elemen desain grafis yang digunakan untuk branding agar efektif. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

ELEMEN DESAIN YANG EFEKTIF UNTUK BRANDING MEREK

Terdapat beberapa elemen branding yang sering kali digunakan dan harus ada dalam berbagai jenis desain terkait merek agar efektif mmebangun branding. Penggunaan dan penempatan elemen branding juga harus bijak agar desain grafis efektif untuk branding. Berikut beberapa elemen penting yang efektif untuk membangun branding dalam desain grafis:

Terdapat Desain Logo yang Jelas

Desain grafis yang digunakan untuk membangun merek atau branding yang kuat perlu menggunakan desain logo. Biasanya desain yang perlu memiliki logo seperti desain produk, kemasan, media sosial, website dan desain materi pemasaran. Adanya desain logo akan memudahkan audiens mengenali merek dari produk atau layanan tersebut. 

Ini juga akan membantu konsumen menemukan produk dari merek yang mereka cari dengan mudah. Penggunaan desain logo yang jelas akan mudah terbaca dan dikenali oleh audiens sehingga efektif juga embangun kesadaran merek yang kuat. Agar mudah terlihat desain logo harus ditempatkan pada area strategis, seperti sudut atau bagian bawah area desain. 

Pada Desain kemasan terkadang diletakkan pada bagian belakang, usahakan logo memiliki ukuran yang pas dna tidak terlalu kecil. Bentuk dan warna logo juga harus fleksibel agar tetap memiliki bentuk yang jelas dan mudah dibaca pada berbagai ukuran dan media. 

Baca juga: Tips Membangun Desain Branding yang Efektif

Menggunakan Warna Logo atau Identitas Merek

Penggunaan Elemen Desain Grafis yang Efektif Untuk Branding

Desain grafis juga perlu menggunakan elemen-elemen identitas merek yang dijadikan elemen branding. Biasanya elemen-elemen branding akan terdapat dalam branding guideline yang bisa dijadikan panduan. Gunakan elemen seperti warna dalam brand guideline sebagai warna utama desain untuk bisa efektif membangun branding yang konsisten. 

Warna yang dijadikan identitas merek biasanya merupakan warna dari desain logo, bisa terdiri dari satu atau dua warna sesuai keinginan. Warna ini biasanya akan memiliki makna psikologi yang sudah sesuai dengan pesan dan nilai merek, sehingga bisa merepresentasikan merek dengan baik. Penggunaan warna identitas merek akan efektif untuk audiens bisa mengidentifikasi desain materi pemasaran, kemasan atau lainnya milik merek tertentu.

Tipografi Mudah Dibaca dan Sesuai Identitas Merek

Untuk tipografi ynag digunakan dalam berbgai desian grafis terkait merek juga perlu konsisten dan tidak boleh berubah-ubah. Gunakan tipografi pada elemen dari branding elemen branding pada pesan utama, sementara itu pada subjudul atau teks lainnya bisa menggunakan tipografi yang lebih sederhana. Pilih kombinais gaya tipografi ynag tepat namun masih sesuai dengan identitas merek agar efektif membangun merek yang kuat.

Gaya tipografi yang idgunakan secara konsisten pada semua jenis desain grafi terkait merek akan efektif digunakan dalam menciptakan kesan profesional. Jika setiap desain konten atau desain grafis yang berbedamemiliki jenis huruf berbeda, ini akan mmebuat merrek tidak profesional. Pastikan juga gaya tipografi dari ientitas merek memiliki tipografi yang mudah dibaca, jika menggunakan tipografi yang rumit usahakan identitas merekk menggunakan dua jenis tipografi. 

Baca juga: Alasan Rebranding Desain Logo Perlu Dilakukan

Memiliki Informasi Label Jelas

Penggunaan Elemen Desain Grafis yang Efektif Untuk Branding

Pada desain kemasan, desain pemasaran, dan desain untuk keebutuhan website, gunakan juga informasi penting dan label yang jelas. Beberapa merek mungkin menggunkan informasi pentig seperti label halal, oorganik, informasi BPOM dan gizi. Tidak hanya untuk digunakan dalam desain kemasan tetapi juga untuk desain konten media sosial.

Penggunaan label dan informasi penting yangjeas akan efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada merek. Ketika desain konten untuk promosi perlu menempatkan label halal, bpom dan lainnya untuk membuat merek terlihat profesional dan terpercaya. Pastikan label atau informasi penting dapat terbaca dengan jelas dan mudah ditemukan oleh audiens atau konsumen. 

Bahasa Teks yang Tertata dan Profesional

Tidak hanya desain yang harus terlihat profesional, desain grafis untuk branding juga harus menggunakan bahasa teks yang profesional dan tertata. Penggunaan bahasa yang resmi dan tertata akan memberikan kesan profesonal. Merek akan memiliki kesan profesional dan dapat dipercaya dengan menggunakan tatanan bahsa yang rapi.

Terkadang bahasa yang digunakan dalam desain grafis untuk promosi dan lainnya harus memiliki bahasa yang sesuai dengan kepribadian merek. Jika merek memiliki citra formal, maka dapat menggunakan bahasa resmi, sementara merek yang memiliki santai gunakan bahasa yang menyenangkan. 

Baca juga: Branding Era Modern: Elemen Utama yang Berperan Penting

Gaya Desain yang Konsisten

Gaya desain yang digunakan dalam desain grafis juga perlu digunakan secara konsisten untuk membangun branding. Dalam elemen branding biasnaya gaya desain juga bagian dari identitas merek. Sehingga penting untuk menerapkan gaya desain dengan konsisten agar bisa membangun branding. Gaya desain yang digunakan bisa berupa gaya desain modern, klasik atau futuristik. 

Simbol yang Mencerminkan Nilai Merek

Terkadang merrek juga memiliiki elemn simbol sebagai identitas merek, beberapa simbol yang digunakan akan mewakili nilai dan karakter merek. Penggunaan simbol bisa digunakan sebagai dekorasi atau pola untuk latar belakang pada desain grafis. Ini akan semakin membuat desain grafis mencerminkan identitas merke dengan baik.  

KESIMPULAN

Desain grafis akan efektif untuk membangun branding dengan menggunakan elemen-elemen identitas merek. Pastikan elemen merek digunakan dengan konsisten pada semua jenis desain grafis, gunakan elemen seperti warna, tipografi dan gambar yang sesuai dengan identitas merek. Elemen branding tersebu akan efektif untuk membangun branding pada berbagai desain seperti materi pemasaran, konten media sosial, dan kemasan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini

Related posts