Dengan menciptakan desain menarik, desain akan efektif dalam menyampaikan informasi pesan merek. Desain untuk pemasaran biasanya melibatkan beberapa elemen visual yang penting. Dalam desain pemasaran penting untuk mempertahankan kesederhanaan, sehingga audiens bisa fokus pada pesan utama.
Sebuah desain yang memuat elemen yang kompleks seperti desain pemasaran, perlu diatur dan disusun dengan bijak. Salah satu aspek penting dalam menyusun desain kompleks adalah kesederhanaannya. Desain yang sederhana akan fokus pada pesan utama karena lebih mudah untuk dibaca.
Jika desain terlalu penuh dengan elemen, pesan bisa sulit dibaca. Audiens bisa kebingungan dalam membaca informasikan. Untuk itu menjaga kesederhanaan dalam desain pemasaran, agar informasi dan pesan efektif, desain pemasaran yang memu
PENTINGNYA KESEDERHANAAN DESAIN PEMASARAN
Dalam menciptakan desain yang efektif untuk pemasaran, perhatikan tujuan, topik hingga kesederhanaan tampilannya. Berikut beberapa alasan mengapa kesederhanaan desain pemasaran itu penting:
Keterbacaan yang Lebih Baik
Membuat desain pemasaran yang sederhana akan memudahkan keterbacaan pesan dan informasi. Jika desain terlalu penuh teks yang penting bisa sulit terbaca. Desain yang penuh biasanya juga memiliki jarak antar elemen yang terlalu dekat, terkadang bahkan bertumpuk.
Pada desain yang kompleks seperti pemasaran penting untuk mengutamakan penggunaan elemen utama. Elemen yang berisi pesan utama seperti judul atau isi pesan pemasaran harus menonjol dan menjadi fokus utama. Dengan mengurangi penggunaan elemen yang kurang penting, ini akan membantu pesan utama dapat terbaca jelas dan mudah dipahami oleh audiens.
Biasanya teks dalam desain pemasaran tidak terlalu panjang hanya berupa judul, sub judul, paragraf singkat, serta call-to-action. Dengan memberi ruang yang cukup disekitar teks dan antar elemen, maka bisa meningkatkan keterbacaan.
Memperkuat Fokus
Desain yang sederhana berfokus menggunakan elemen yang membawa pesan penting, tanpa dekorasi berlebihan yang kurang penting. Dengan mengutamakan elemen penting, audiens bisa langsung fokus pada pesan utama. Terkadang dekorasi yang mencolok bisa menciptakan distraksi pada audiens ketika melihat desain.
Desain yang terlalu rumit dan penuh elemen mungkin kesulitan dalam memiliki fokus utama. Elemen yang terlalu padat bisa membuat elemen sulit terlihat dengan jelas. Untuk itu sebisanya mungkin mengurangi penggunaan elemen yang kurang penting. Hindari menggunakan dekorasi yang berlebihan agar tidak menghilangkan fokus pada pesan yang ingin disampaikan.
Baca juga: Hal Penting yang Diperhatikan dalam Desain Pemasaran Digital
Membuat Desain Mudah Diingat
Jika menggunakan tampilan sederhana dan hanya berfokus pada pesan utama, ini memungkinkan desain untuk mudah diingat. Desain yang menarik dan sederhana cenderung bisa meninggalkan kesan yang kuat. Fokuskan penggunaan elemen yang sesuai tujuan pemasaran dan target audiens.
Berbeda dengan desain yang padat dengan elemen, audiens tidak hanya kesulitan membaca tetapi juga sulit mengingat pesannya. Terlalu banyak pesan dan informasi dalam sebuah desain pemasaran tidak akan diingat oleh audiens. Desain dengan tampilan yang sederhana akan lebih mencolok dan mudah untuk diidentifikasi.
Tampilan sederhana, pesan yang kuat serta desain yang unik akan mampu membuat desain pemasaran efektif diingat audiens. Merek bisa membangun kesadaran merek melalui desain pemasaran sederhana dan berkesan.
Tampilan yang Bersih dan Profesional
Desain pemasaran yang sederhana akan memiliki tampilan bersih karena menggunakan elemen yang minimal. Desain akan memiliki ruang negatif yang luas dan membuat tampilan berkesan profesional. Ketika desain pemasaran tampil sederhana, bersih dan profesional ini bisa meningkatkan kepercayaan audiens pada merek.
Tampilan elemen-elemen desain bisa disusun dengan teratur dan rapi. Berbeda jika menggunakan terlalu banyak elemen bisa membuat tampilan desain berantakan. Desain yang mempertahankan kesederhanaan dapat memberikan kesan positif dan membangun citra merek yang profesional.
Baca juga: 12 Pertanyaan yang Perlu Terjawab Dalam Desain Pemasaran
Fleksibilitas dalam Berbagai Media
Desain pemasaran yang sederhana juga memungkinkan untuk fleksibel pada berbagai media. Tampilan yang sederhana memungkinkan desain tetap terbaca dengan jelas pada media cetak maupun digital. Selain desain juga masih tetap terlihat jelas pada berbagai ukuran, termasuk ukuran kecil pada postingan media sosial.
Desain yang sederhana juga memungkinkan bisa mudah beradaptasi untuk berbagai platform yang berbeda. Biasanya desain akan dibuat dalam berbagai format agar bisa tampil konsisten pada semua platform digital. Kesederhanaan pada desain juga memungkinkan merek bisa terlihat konsisten dan pesan tersampaikan dengan baik pada semua platform.
Mengurangi Kebingungan
Pada desain yang rumit audiens bisa kebingungan dalam membaca dan memahami pesan pemasaran. Untuk itu penting menciptakan kesederhanaan pada desain pemasaran agar mengurangi kebingungan. Pada desain yang terlalu padat biasanya akan sulit membuat elemen penting terlihat mencolok dan menarik perhatian.
Penting untuk menciptakan hirarki pada desain yang kompleks, namun jika desain sudah terlalu penuh akan sulit mengaturnya. Hirarki visual ini memiliki peran dalam memudahkan urutan pembacaan dari informasi penting terlebih dahulu.
Dengan menciptakan kesederhanaan pada pemilihan dan penggunaan elemen desain, ini akan mengurangi kebingungan audiens dalam memahami pesan. Desain yang sederhana memungkinkan pesan tersampaikan dengan jelas.
Baca juga: Desain Pemasaran: Perbedaan Brosur, pamflet dan Leaflet
Memudahkan Tindakan Konsumen
Dalam menciptakan desain pemasaran, salah satu tujuan utamanya adalah untuk memasarkan produk. Sehingga desain harus sederhana dan fokus pada pesan seperti mengenalkan produk atau penawaran khusus. Desain yang sederhana memungkinkan untuk bisa fokus pada tujuan tersebut, sehingga bisa meningkatkan keinginan audiens untuk berpartisipasi.
Desain pemasaran umumnya akan berfokus membuat audiens melakukan tindakan seperti pembelian atau mendaftar layanan. Untuk itu desain sederhana bisa membuat tombol call to action terlihat jelas karena desain yang sederhana. Audiens yang tertarik bisa langsung berfokus pada call to action yang diarahkan pada situs web atau e-commerce.
KESIMPULAN
Desain grafis yang digunakan untuk kebutuhan pemasaran seperti banner, poster, postingan, atau brosur dibuat untuk menarik perhatian konsumen. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar desain pemasaran efektif yaitu kesederhanaan tampilannya. Desain pemasaran yang sederhana akan berfokus pada pesan utama, sehingga memungkinkan kampanye pemasaran tersampaikan dengan baik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.