12 Pertanyaan yang Perlu Terjawab Dalam Desain Pemasaran

Desain memiliki peran penting untuk dalam bisnis terutama untuk pemasaran era digital ini. Sebuah desain harus bisa memberikan informasi yang efektif pada audiensnya agar efektif dalam menyampaikan pesan. Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan ketika menyusun desain untuk pemasaran, desai pemasaran harus bisa menjawab setiap pertanyaan penting agar desain efektif.

Desain pemasaran tidak hanya bertujuan untuk memberikan informasi tetapi bagian dari cara untuk membangun identitas merek yang kuat. Ini karena desain pemasaran dapat memengaruhi pandangan audiens pada merek. Ada beberapa aspek yang harus terpenuhi dalam sebuah desain untuk pemasaran mulai dari target pasar hingga fleksibilitas desain.

Sebuah desain pemasaran harus bisa menjawab berbagai pertanyaan dasar yang bisa memengaruhi kualitas informasi. Desain yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen akan efektif menyampaikan informasi dan pesan.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Berikut ini beberapa pertanyaan yang harus terjawab dalam sebuah desain pemasaran agar tercipta desain yang efektif yang melibatkan pertanyaan apa, siapa, mengapa, bagaimana, dimana dan kapan. Memberikan jawaban dari pertanyaan ini pada desain akan menyampaikan semua informasi dengan efektif.

Siapa Target Pasar Anda?

Sebuah desain pemasaran harus bisa menjawab siapa yang ditargetkan dalam pemasaran ini, ini akan memudahkan desain untuk menjangkau target pasar tersebut. Biasanya ini dapat diterapkan pada kalimat ajakan pada target pasar tersebut.

Kalimat ajakan dalam desain pemasaran akan menarik perhatian audiens yang ditargetkan, karena mereka merasa terpanggil. Target pasar ini biasanya orang dengan minat dan kebutuhan yang sama, atau orang yang memiliki ketertarikan pada tren terkini. Untuk menggaet perhatian mereka gunakan kalimat yang menarik dan unik sehingga bisa mudah dipahami oleh audiens.

Siapa audiens target produk atau layanan Anda?

Menentukan target pasar sesuai dengan produk atau layanan akan membantu menciptakan desain yang efektif. Misalnya produk layanan khusus untuk anak sekolah, harus bisa memberikan desain yang menjangkau mereka.

Tampilkan produk atau layanan yang mereka butuhkan dalam desain, soroti hal penting yang bisa menarik perhatian anak sekolah. Misalkan diskon hari libur, diskon back to school, atau promo layanan untuk anak sekolah. Menonjolkan produk sesuai target pasar akan membantu produk menjangkau mereka dengan cepat.

Apa yang dipromosikan?

Dalam membuat desain pemasaran yang menarik sangat penting untuk membuat desain yang menonjolkan sesuatu yang dipromosikan. Produk atau layanan harus menjadi poin utama, ini bisa dilakukan dengan penggunaan foto produk, ilustrasi layanan, atau tulisan nama produk yang besar dan mencolok.

Pemilihan warna desain pemasaran penting agar apa yang dipromosikan bisa mencolok dari elemen lainnya. Sehingga bisa menjadi hal yang pertama dilihat sebelum atau tulisan lainnya.

Apa Kelebihan Dipromosikan?

Desain untuk kebutuhan pemasaran harus bisa menonjolkan kelebihan produk atau layanan dibandingkan dengan pesaing. Ini bisa dilakukan dengan memberikan deskripsi keunggulan produk pada desain, deskripsi harus singkat, jelas namun berdampak.

Seringkali untuk menyoroti keunggulan produk dengan menggunakan slogan yang unik dan yang bisa mendeskripsikan keunggulan dengan baik. Biasanya juga dengan menunjukkan keunggulan produk dengan video atau foto yang berkualitas tinggi.

Apa Pesan Utama yang Ingin Disampaikan?

Dalam setiap desain pemasaran biasanya ada pesan yang ingin disampaikan apakah tentang keunggulan produk, penawaran khusus, paket bundle, atau kampanye terkait produk. Pesan harus tersampaikan dengan baik agar bisa mencapai audiens dengan tepat.

Agar pesan pemasaran tersampaikan dengan baik harus memperhatikan penggunaan warna, topografi yang jelas, foto berkualitas tinggi, dan elemen visual lainnya. Perpaduan komposisi elemen yang pas akan membantu menciptakan kemudahan audiens memahami pesan merek.

Apa tujuan pemasaran utama yang ingin dicapai dengan desain ini?

Desain pemasaran juga harus bisa mencapai tujuan dari pemasaran ini, penting untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai. Apakah desainnya untuk meningkatkan penjualan, membangun citra positif, atau menyampaikan pesan promosi.

Penting untuk mempertimbangkan apakah desain yang dibuat dapat menyampaikan pesan tersebut dengan baik. Gunakan elemen desain yang bisa membuat desain efektif mencapai tujuan pemasaran.

Apa pesan kunci yang harus disampaikan kepada pelanggan?

Biasanya [ada desain pemasaran harus memiliki pesan kunci yang mencerminkan merek dan tujuan pemasaran. Pesan kunci ini harus ditonjolkan dengan elemen visual yang menonjol misalkan penggunaan bentuk-bentuk geometris atau warna kontras.

Gunakan tipografi yang jelas, tegas dan berukuran besar agar pesan kunci tersebut menjadi pusat perhatian dan terlihat paling mencolok dalam desain. Gunakan warna elemen yang membawa pesan kunci dengan warna yang mencolok dan kontras dengan elemen lain.

Kapan Promosi Berlangsung?

Biasanya desain untuk pemasaran digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan dalam jangka waktu tertentu. Penting memastikan dalam desain tertera jelas batas waktu atau periode promosi tersebut.

Jika desain untuk keperluan memasarkan perkikisan produk baru, maka penting untuk menunjukkan tanggal perilisan produk pada desainnya.

Dimana Promosi Berlangsung?

Penting juga untuk memberikan informasi perihal dimana promo berlangsung, untuk memudahkan audiens ikut serta dalam promo. Biasanya pada desain pemasaran aka diberi keterangan promo berlangsung misalkan di toko fisik dan berbagai toko online.

Ini akan memudahkan pelanggan melakukan tindakan langsung. Biasanya desain promosi juga terdapat CTA atau tombol yang mengarahkan langsung pelanggan pada produk atau layanan yang dipromosikan.

Bagaimana Desain Ini Mencerminkan Identitas Merek?

Desain untuk promosi harus mencerminkan identitas dengan baik sehingga dapat membangun branding yang kuat. Ini termasuk penataan logo, warna dan tipografi yang mencerminkan merek.

Untuk meningkatkan kesadaran merek, desain pemasaran harus memiliki elemen-elemen identitas. Dengan menggunakan elemen yang mencerminkan identitas dapat menjaga konsistensi desain dan merek.

Apakah Desain Ini Responsif?

Desain pemasaran pada era ini harus responsif pada semua perangkat dan media. Ini karena pemasaran akan semakin efektif jika ditempatkan pada semua platform dan media.

Untuk desainnya harus mudah diakses pada semua ukuran layar, penting menyediakan berbagai ukuran dari satu desain yang sama. Ini akan memudahkan proses pendistribusian desain pemasaran. Desain yang jelas dan berkualitas tinggi pada semua media, akan menyampaikan pesan dan tujuan pemasaran dengan baik.

Bagaimana Desain Memudahkan Pemahaman Informasi?

Desain yang sederhana dan memiliki ruang negatif akan mudah dipahami. Ini juga memudahkan agar audiens bisa fokus dan mengarahkan pembacaan. Penggunaan warna dan mengatur komposisi yang seimbang akan membuat informasi pada desain mudah dipahami.

Mengatur tata letak juga penting untuk menciptakan hirarki informasi. Sehingga informasi penting lebih menonjol.

KESIMPULAN

Menjawab setiap pertanyaan ini akan memudahkan dalam proses perancangan desain pemasaran. Sehingga dapat menghasilkan desain yang efektif menyampaikan pesan pemasaran dan mencapai tujuan utama desain pemasaran.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts