Manfaat dari Penggunaan Pola dan Motif dalam Desain Grafis

Pola dan motif dalam desain grafis merupakan susunan berulang dari bentuk atau garis yang menciptakan pola tertentu. Biasanya dalam dunia desain pola dan motif sering digunakan dalam beragam konteks dan kebutuhan. Penggunaan pola dan motif dalam desain grafis dapat memberikan beragam manfaat dan tampilan menarik.

Manfaat dari Penggunaan Pola dan Motif dalam Desain Grafis

Pola yang disusun berulang menggunakan elemen bentuk, garis dan warna ini dapat menciptakan tampilan yang konsisten dan unik. Ada banyak sekali jenis pola dan motif dari berbagai budaya, era dan daerah. Penggunaan juga disesuaikan dengan kebutuhan, karena motif atau pola tertentu dapat menciptakan kesan yang berbeda-beda.

Ketika menggunakan pola dan motif dalam desain ini akan membantu untuk menciptakan estetika, menghidupkan karya  dan mengkomunikasikan pesan melalui susunan motif yang menarik. Pola dan motif dalam dunia desain grafis bisa digunakan untuk latar belakang, desain kemasan hingga memberikan tekstur pada teks. Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja manfaat dari penggunaan pola dan motif dalam desain grafis. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

MANFAAT DARI PENGGUNAAN POLA DAN MOTIF DALAM DESAIN

Untuk memperindah tampilan desain ada banyak elemen dekorasi yang bisa dimanfaatkan seperti penggunaan pola dan motif dalam desain. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan pola dan motif dalam desain grafis:  

Meningkatkan Estetika Visual

Manfaat dari Penggunaan Pola dan Motif dalam Desain Grafis

Dengan menggunakan elemen pola dan motif ke dalam desain sebagai dekorasi tambahan ini akan menciptakan estetika visual. Tampilan desain grafis akan semakin menarik dan unik, pola tertentu dapat menciptakan dimensi visual yang unik. Penggunaan yang tepat dan bijak bisa memberikan desain tampilan menarik dan unik, ini akan membantu desain membedakan diri. 

Penggunaan motif sebagai latar belakang atau dekorasi pada sudut atau area tertentu dalam desain akan menciptakan dimensi visual yang unik. Pola dan motif akan memberikan dimensi visual dan kedalaman pada karya. Penggunaan pola dan motif pada eeme teks juga bisa meningkatkan daya tarik visual. 

Menciptakan Identitas Merek yang Kuat

Terkadang ada merek yang memiliki pola atau motif untuk dijadikan sebagai elemen identitas merek. Penggunaan dari motif tersebut untuk menciptakan desain yang menarik akan efektif dalam membangun identitas merek yang kuat. Merek yang merancang sendiri pola atau motif untuk kebutuhan desain akan berguna untuk membedakan merek dengan yang lain.

Biasanya motif yang mencerminkan identitas merek ini dibuat dari ikon logo, karakter merek atau simbol yang mencerminkan merek. Ini banyak dilakukan oleh merek terkenal dunia untuk membangun identitas merek yang kuat dalam desain produk mereka. Sebagai contoh pola logo Louis Vuitton atau Channel pada desain produk mereka. Penggunaan pola tersebut akan memudahkan audiens mengidentifikasi merek dan menciptakan konsistensi visual merek.  

Baca juga: Jenis-jenis Motif dalam Dunia Desain yang Terkenal

Menyampaikan Pesan atau Cerita

Pola dan motif yang menarik bisa digunakan untuk menyampaikan pesan atau cerita. Terkadang motif tertentu disusun untuk menyampaikan cerita yang menarik seperti dalam motif tradisional. Penyampaian cerita melalui motif bisa menarik perhatian dan membuat desain berkesan unik. 

Terkadang pola atau motif merepresentasikan simbolis dari nilai, identitas atau cerita melalui gambar atau simbol tertentu. Simbol yang digunakan harus terkait dengan merek agar bisa menggambarkan merek dengan baik. Penggunaan pola yang disusun untuk menyampaikan cerita atau pesan yang simbolis dapat membuat desain unik dan menarik perhatian. 

Menyembunyikan atau Membingkai Informasi

Manfaat dari Penggunaan Pola dan Motif dalam Desain Grafis

Penggunaan pola atau motif tertentu dapat digunakan untuk membingkai informasi dengan visual yang menarik. Pola dalam desain juga bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan informasi penting dalam pola atau motif yang menarik. Desain akan berkesan unik karena audiens harus melihat detail untuk memahami informasi atau makna yang tersembunyi. 

Pola seperti ini dapat dimanfaatkan untuk desain latar belakang desain teks atau gambar. Sebagai latar belakang pola atau motif akan mendukung tampilan teks dan gambar dan desain. Pola yang digunakan sebagai latar belakang bisa menyorot informasi utama dan menciptakan tata letak yang lebih berdimensi dan menarik. 

Baca juga: Panduan Menentukan Warna yang Tepat untuk Desain Logo Efektif

Menciptakan Kesinambungan Visual

Penggunaan pola dan motif dengan bijak bisa menciptakan keseimbangan visual. Biasanya pola atau motif disusun dengan memerhatikan keseimbangan visual. Pemanfaatan pola yang berulang dapat menciptakan tampilan visual yang seimbang. 

Pola atau motif berulang cenderung menggunakan bentuk atau garis yang sama sehingga bisa menciptakan tampilan yang harmonis. Desain akan memiliki keseimbangan visual dan aliran komposisi yang runtut. Penggunaan motif yang sesuai kebutuhan akan membuat desain lebih menarik dan mudah dipahami oleh audiens. 

Menambah Dimensi dan Kedalaman

Manfaat dari Penggunaan Pola dan Motif dalam Desain Grafis

Pola tertentu dapat menciptakan dimensi visual yang menarik. Penerapan pola dan motif dapat memberikan tampilan desain yang memiliki kedalaman visual. Beberapa pola dapat menciptakan ilusi ruang atau gerakan yang dinamis. 

Ketika akan menggunakan pola dan motif sebagai dekorasi desain, sesuaikan dengan kebutuhan atau penggunaannya. Pastikan tampilan atau efek yang dihasilkan dari pola dan motif menyampaikan tujuan pesan. Penggunaan motif dan pola juga memberikan desain tingkat kompleksitas dan keberagaman visual yang besar. 

Baca juga: Tips Menyusun Pola yang Menarik untuk Berbagai Penggunaan

Menciptakan Asosiasi Positif

Pola dan motif tidak hanya memperindah tampilan tetapi juga memiliki manfaat untuk memberikan kesan positif. Beberapa pola memiliki kesan positif dan menggambarkan emosional kuat. Pola dan motif yang menggunakan elemen simbol atau gambar tertentu bisa menciptakan emosi atau perasaan tertentu. Penting untuk menggunakan pola dengan simbol atau gambar yang familiar agar mudah dikenali oleh audiens dan meninggalkan kesan positif. 

KESIMPULAN

Manfaatkan pola dan motif untuk menciptakan tampilan yang semakin menarik perhatian. Terdapat banyak jenis pola atau motif dalam dunia desain yang bisa dimanfaatkan dalam desain grafis. Biasanya motif bisa digunakan untuk dekorasi poster atau konten, latar belakang desain, hingga desain kemasan dan produk. Dalam menggunakan pola dan motif pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini agar bisa memperkuat merek atau memperindah tampilan desain. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts