Jenis-jenis Motif dalam Dunia Desain yang Terkenal

Dalam dunia desain banyak jenis motif yang kerap ditemui pada berbagai kebutuhan, mulai dari fashion, interior, hingga grafis. Penggunaan motif pada desain dapat memberikan kesan unik dan dimensi yang berbeda. Ada banyak jenis-jenis motif yang biasa digunakan dalam berbagai kebutuhan desain.

Jenis-jenis Motif dalam Dunia Desain yang Terkenal

Setiap jenis motif memiliki karakter yang unik terkadang terdapat sejarah dibalik motif tersebut. Penggunaan jenis motif bergantung pada kebutuhan desain hal ini karena setiap motif dapat memberikan Kesan tertentu. Terkadang setiap jenis motif memiliki makna yang terkait dengan kebudayaan tertentu.

Motif pada desain kebanyakan digunakan untuk kebutuhan tekstil atau untuk menghias desain interior. Setiap detaiI menggambarkan sesuatu . misal floral mencerminkan
alam, sementara motif batik menggambarkan kebudayaan orang jawa termasuk juga filosofis yang mendalam.

Read More

Dari sekian banyak motif yang ada, ada beberapa motif yang cukup terkenal dan banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Artikel ini akan membahas beberapa jenis-jenis motif yang terkenal dan terkadang sudah familiar namun tidak ada yang tahu jenis namanya.

BEBERAPA JENIS-JENIS MOTIF DALAM DUNIA DESAIN

Dalam dunia desain, ada jenis-jenis motif yang sudah terkenal dan sering digunakan karena memberikan kesan estetika dan simbolis. Beberapa motif terkenal termasuk:

Chevron

Motif yang memiliki bentuk zig zag ini memberikan kesan modern dan bersih. Bentuknya yang terkesan minimalis cocok digunakan untuk desain modern pada grafis, interior hingga fashion.

Pola dalam motif ini memiliki bentuk geometri yang identik dengan era modern. Motif ini banyak ditemui pada sprei dan baju.

Ada juga yang digunakan dalam desain grafis yang bertema modern atau futuristik. Bentuk geometri zigzag ini sering menarik perhatian dan memberikan kesan yang unik.

Polka Dot

Motif ini adalah salah satu motif yang terkenal terutama dalam penggunaan pada desain fashion. Pola dalam motif ini berbentuk lingkaran yang tersebar dalam satu ruang atau latar belakang dalam desain. Umumnya lingkaran berwarna hitam tetapi banyak digunakan juga berwarna-warni sesuai kebutuhan.

Motif ini memberikan kesan klasik yang nyentrik cocok pada pakaian atau untuk dekorasi interior. Salah satu karakteristik dalam motif ini adalah keseragaman ukuran lingkaran yang membentuk pola berulang.

Pola polkadot ini banyak digunakan pada pakaian untuk memberikan gaya desain yang unik. Dapat kesan formal atau santai bergantung pada ukuran lingkaran dan penempatan warna lingkarannya. Motif ini terkadang juga dapat memberikan kesan retro hingga vintage pada desain.

Houndstooth

Motif ini juga berupa bentuk geometri kotak-kotak kecil yang ditempatkan membentuk dua pola warna yang kontras. Untuk motif ini juga umum digunakan untuk kebutuhan pada tekstil, namun bukan tidak mungkin untuk terlihat cocok pada desain grafis dan interior.

Hal ini karena pada awalnya motif ini digunakan pada kebutuhan tekstil seperti rok, jas atau syal. Namun seiring waktu berjalan motif ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan desain termasuk grafis, interior hingga aksesoris.

Floral

Ada juga motif floral yang polanya berbentuk bunga-bunga, daun dan batangnya. Motif ini berkesan bunga dan alam yang menyegarkan dan indah. Penggunaan motif floral ini dapat memberikan kesan feminim dan alami.

Motif ini banyak digunakan untuk kebutuhan tekstil dan dekorasi. Banyak motif floral digunakan pada kain batik, dress, sprei dan lainnya. Meskipun begitu penerapan motif bunga untuk desain grafis juga dapat digunakan.

Motif floral pada desain grafis dapat digunakan untuk kebutuhan desain kemasan atau latar belakang konten. Ini akan memberikan sentuhan visual menarik dan unik.

Geometris Abstrak

Motif ini mencampurkan beberapa bentuk geometri dalam satu desain motif, penggunaan motif ini dapat memberi kesan modern. Seni dalam membentuk pola geometri abstrak ini dapat memfokuskan pada penataan pola.

Bentuk geometri abstain ini terkadang bentuk tidak sama dengan bentuk geometri pada umumnya. Polanya cenderung simetris yang unik, sehingga penerapan akan menciptakan pola yang unik pula.

Meskipun tidak simetri dengan penataan yang tepat pola ini akan menghasilkan motif yang menarik. Motif ini cocok untuk kebutuhan pakaian dan desain interior.

Batik

Motif batik sendiri adalah salah satu motif dari Indonesia yang terkenal karena proses pembuatan yang rumit dan menghasilkan desain yang indah. Dalam batik ada banyak sekali jenis motif yang biasanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Desain motif pada batik terkadang mencerminkan suatu budaya atau nilai tertentu. Terkadang juga mencerminkan suatu makna filosofi yang mendalam.

Paisley

Untuk motif paisley ini cukup terkenal pada era modern ini meskipun bentuknya unik. Motifnya yang unik memungkinkan untuk digunakan pada berbagai gaya desain. Meskipun pola terkadang dianggap pola klasik, namun desain motif yang disesuaikan dengan era ini dapat memberikan kesan modern.

Dengan penempatan pola dan kombinasi warna yang tepat akan memberikan sentuhan modern. Selain itu motif ini juga sering menyimbolkan kekayaan dan keanggunan. Sering dipakai untuk kebutuhan tekstil dan dekorasi interior untuk memberikan kesan artistik atau eksotis.

Tribal

Motif tribal ini seringkali mencerminkan suatu kebudayaan dari daerah atau suku tertentu. Karena melambangkan kebudayaan tertentu motifnya dapat memberikan kesan etnik dan eksotis. Motif memiliki banyak variasi yang bergantung pada setiap kebudayaan dan daerahnya.

Pola dalam motif ini umumnya berbentuk geometri, garis-garis, hingga simbol awan dan hewan. Terkadang motif ini menyimbolkan kebudayaan atau mitos tertentu. Sering juga menyimbolkan legenda atau kisah dari suatu suku atau budaya.

Namun permudahkan diingat penggunaan motif ini harus mempertimbangkan budaya mereka. Agar tidak menyinggung atau dianggap tidak menghormati budaya tersebut. Pastikan penggunaannya dapat digunakan untuk umum.

Leopard Print

Sesuai dengan namanya motif ini terinspirasi dari motif kulit leopard atau macan. Motif macan yang bercorak kuning dan hitam ini dapat memberikan kesan yang unik dan nyentrik. Penggunaan motif ini pada kebutuhan fashion akan memberikan kesan mewah dan eksotis.

Stripes (Garis-Garis)

Motif satu ini juga cukup terkenal dan sering digunakan untuk fashion dan interior. Pola garis-garis pada motif ini memberikan kesan sederhana, minimalis dan modern. Penggunaan pada pakaian dapat memberikan efek ilusi tertentu. Ini bergantung pada arah dan lebar garisnya.

Pada desain grafis motif ini bisa juga memberikan ilusi optik yang menarik. Seperti memperpanjang ruang, menambah dimensi dan memberikan fokus pada area tertentu. Pada desain grafis motif ini kerap digunakan pada desain konsep futuristik.

Checkered

Motif kotak-kotak kecil yang ditata rapi ini memberikan kesan teratur. Contohnya pada motif kotak pada papan catur. Biasanya motif kotak-kotak ini banyak digunakan untuk fashion dan desain interior.

Penggunaan motif ini juga memberikan kesan rapi dan modern. Pola ini memberikan kesan yang berbeda pada warna, ukuran dan konteks penggunaan yang berbeda. Pada warna hitam putih motif ini memberikan kesan klasik dan formal, sementara penggunaan motif yang warna-warni memberikan kesan yang ceria dan ramah.

Toile de Jouy

Motif satu ini cukup ini karena memiliki motif seperti lukisan sketsa yang menggambarkan kisah kehidupan. Latar belakang pada motif ini adalah warna putih untuk bisa menonjolkan motif dengan jelas. Motif yang berasal prancis ini sering digunakan untuk desain wallpaper dan fashion.

Gambar-gambar pada motif ini menggambarkan adegan kisah di pedesaan, kehidupan sehari-hari, hingga pemandangan alam. Desainnya yang unik memberikan kesan klasik dan vintage.

KESIMPULAN

Dalam dunia desain penggunaan jenis-jenis motif ini berguna untuk memberikan kesan tertentu. Motif-motif ini digunakan pada berbagai konteks, mulai dari fashion, interior, grafis hingga untuk dekorasi. Terkadang motif-motif tersebut juga memiliki makna tertentu yang terkait pada suatu budaya.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.