Dalam menciptakan identitas merek yang kuat, elemen yang dipilih untuk identitas merek harus sesuai dengan karakter merek yang ingin diciptakan. Salah satu elemen penting dalam identitas merek adalah jenis font atau gaya huruf. Pilih kombinasi font yang bisa sesuai untuk mencerminkan karakter brand dengan baik agar membangun elemen identitas yang kuat.
Jenis font bisa memiliki makna psikologi yang berbeda-beda, bergantung pada penggunaan dan kombinasinya. Dalam memilih font pertimbangkan kesan yang diciptakan dari jenis font tersebut. Pilih yang bisa mendukung karakter dan nilai yang ingin diciptakan brand.
Identitas merek harus dipilih berdasarkan banyak pertimbangan hal ini agar bisa merepresentasikan pesan dengan baik. Memilih font sebagai identitas merek tidak hanya harus mudah dibaca tetapi juga menciptakan kesan atau mood yang sesuai. Pilih kombinasi font yang disesuaikan dengan karakter merek agar efektif menciptakan citra yang positif.
Terkadang dalam sebuah brand, merek akan membutuhkan lebih dari satu jenis font untuk membangun identitas yang kuat. Ini akan membantu memilih jenis font yang sesuai dengan konteks. Mengkombinasikan font untuk merepresentasikan merek akan membantu menciptakan dimensi visual yang menarik.
BEBERAPA KOMBINASI FONT BERDASARKAN KARAKTER BRAND
Dalam mencerminkan karakter brand dengan tepat penting untuk memilih kombinasi font yang sesuai. Berikut beberapa kombinasi font yang sesuai dengan pesan brand tertentu berdasarkan karakter yang ingin diciptakan:
Berani : Bold Sans-serif dan Display Font

Untuk identitas merek yang ingin menciptakan kesan berani dalam desain akan membutuhkan kombinasi font yang tepat. Kesan berani bisa didapatkan dengan memilih font yang tebal, bersih dan memiliki aksen yang tajam.
Selain kesan berani juga dapat diberikan oleh font yang nyentrik dan unik. Ini tinggal menyesuaikan kesan berani seperti apa yang ingin diciptakan oleh brand. Font yang tegas dan tebal akan cocok untuk brand perusahaan besar. Sementara kesan berani dari font nyentrik cocok untuk merepresentasikan merek karya seni.
Font yang cocok untuk mencitrakan kesan berani dalam identitas merek seperti bold Sans-serif. Penggunaan font ini akan memberikan kesan berani yang tegas dan jelas. Sementara kombinasi lain bisa mengambil font display yang memiliki variasi font yang unik. Karakteristik yang unik akan menciptakan kesan berani dan menonjol untuk merek. Kombinasi lain yang bisa digunakan seperti font rubik dan overpass.
Baca juga: Menggali Kelebihan Font Sans Serif dalam Desain Grafis
Ramah: Font Script dan Soft Sans-serif

Desain identitas merek yang ingin menciptakan brand yang memiliki kesan ramah, font yang dipilih harus merepresentasikan karakter ramah dan menyenangkan. Biasanya kesan ramah ini banyak digunakan untuk brand anak-anak, tempat wisata hingga makanan. Font yang berkesan ramah akan memiliki aksen font tebal dengan ujung yang lembut atau bulat.
Selain gaya font yang memiliki ujung lembut, biasanya font yang memberikan kesan ramah memiliki sentuhan personal. Font dengan gaya tulisan tangan bisa menciptakan kesan ramah pada audiens. Memvariasikan font yang lembut dengan ketebalan berbeda akan menciptakan brand dengan citra ramah.
Penggunaan font script dan soft Sans-serif akan menciptakan kombinasi yang ramah dan menyenangkan. Gaya tulisan tangan yang alami memberikan sentuhan ramah untuk identitas merek. Sementara font sans serif bisa memiliki ujung sudut yang lembut atau melengkung memberikan kesan ramah.
Menarik Perhatian: Font Decorative dan Display

Suatu brand juga terkadang memilih jenis font yang bisa menarik perhatian audiens pada brand mereka. Dengan menggunakan font menarik perhatian ini memungkinkan merek bisa tampak menonjol dan berbeda dari yang lain. Ditambah lagi font yang menarik perhatian akan membuat merek terlihat unik dimata audiens.
Biasanya font yang bisa menarik perhatian jika memiliki gaya huruf yang unik. Dekorasi tambahan pada ujung setiap huruf dan ornamen-ornamen yang unik pada huruf akan meningkatkan daya tarik. Selain dekorasi tambahan, huruf yang menarik perhatian terkadang memiliki efek dan tekstur yang unik.
Font decorative dan display merupakan kombinasi font yang bisa menarik perhatian karena memiliki variasi gaya font yang unik. Pada font decorative terdapat banyak variasi dekorasi tambahan seperti serif yang panjang atau ornamen daun. Sementara font display memiliki gaya yang nyentrik yang bisa menarik perhatian, terkadang beberapa font memiliki efek distorsi atau tekstur.
Baca juga: Menggali Kelebihan Font Sans Serif dalam Desain Grafis
Ceria: Playful dan Handwritten

Beberapa brand tidak hanya ingin memberikan kesan ramah yang merangkul semua audiens, tetapi juga ingin mencitrakan kesan yang ceria atau bahagia. Untuk mencitrakan kesan merek yang ceria penting memilih jenis font yang playful dan memberikan kesan ramah. Dengan mengkombinasikan font ceria dan ramah ini akan mendukung identitas merek yang ceria.
Font yang bisa memberikan kesan playful seperti handwritten dan round sans serif. Variasi handwritten yang memiliki tekstur krayon, pensil atau brush akan memberikan kesan ramah dan ceria. Sementara font round sans serif yang memiliki bentuk bulat dan lembut pada gaya huruf akan memberikan kesan yang ceria. Kombinasi kedua font tersebut dapat mencitrakan keceriaan dan keramahan merek.
Aneh atau Misterius: Eksperimental dan Grunge

Terkadang ada beberapa merek yang ingin mencitrakan kesan aneh atau misterius pada identitas merek. Font yang dipilih harus memiliki ciri-ciri yang unik dan aneh atau berbeda dari yang lain. Pemilihan kombinasi font yang memiliki gaya aneh atau efek visual tertentu dapat menciptakan kesan aneh dan misterius.
Jenis font yang mendukung gaya aneh dan misterius biasanya font yang eksperimental dan grunge. Efek grunge yang digunakan pada gaya huruf akan memberikan kesan tidak teratur dan aneh. Salah contoh kombinasi yang bisa digunakan adalah font Elsie dan Karla.
Baca juga: Memahami Font Display: Karakteristik, Kelebihan, dan Penggunaan
Atletis: Slab Serif dan Varsity
Beberapa brand yang terkait kesehatan atau kebugaran jasmani seperti olahraga akan membutuhkan identitas merek yang terlihat estetis. Jenis font tertentu bisa mendukung kesan atletis brand. Font yang memiliki ciri garis-garis bersih, ujung huruf yang tajam hingga kesan yang tegas akan cocok.
Identitas merek untuk gym, klub bola, hingga fashion bola akan membutuhkan jenis font yang atletis. Kombinasi font yang atletis bisa menggabungkan font slab serif dan varsity. Slab serif memiliki tampilan tegas dan bersih bisa mendukung kesan atletis merek. Untuk font varsity ini memiliki gaya huruf yang terinspirasi dari desain huruf di seragam olahraga. Salah satu contoh kombinasi fontnya adalah Zilla Slab dan Chivo font.
KESIMPULAN
Dalam memilih jenis font dan kombinasi untuk merepresentasikan karakter harus sesuai dengan citra yang ingin dibangun brand. Kombinasikan font yang bisa mendukung pesan, nilai dan karakter merek yang tepat. Terkadang brand akan membutuhkan dia jenis font untuk identitas merek agar bisa memberikan dimensi visual yang unik. Penting untuk memilih dengan memerhatikan konteks penggunaan dan karakter brand.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.












